Rekomendasi Air Purifier Terbaik

Daftar 7 Rekomendasi Air Purifier Terbaik

FAQ.co.id – Air purifier adalah alat yang dapat membersihkan udara di dalam ruangan dari berbagai polutan, seperti debu, asap, bakteri, virus, jamur, dan lain-lain. Air purifier dapat meningkatkan kualitas udara dan kesehatan pernapasan bagi penggunanya. Air purifier juga dapat mengurangi bau tidak sedap dan alergi yang disebabkan oleh polutan udara.

Namun, tidak semua air purifier memiliki kualitas dan fitur yang sama. Ada beberapa hal yang perlu kalian perhatikan sebelum membeli air purifier, seperti jenis filter, daya listrik, ukuran ruangan, fitur tambahan, dan harga. Untuk membantu kalian menentukan pilihan yang tepat, kami telah merangkum 7 rekomendasi air purifier terbaik yang dapat kalian pertimbangkan. Simak terus artikel ini sampai habis!

Tips dan Trik Cara Memilih Air Purifier

Tips dan Trik Cara Memilih Air Purifier

Sebelum kalian membeli air purifier, ada beberapa tips dan trik yang dapat kalian ikuti untuk mendapatkan produk yang sesuai dengan kebutuhan dan budget kalian. Berikut adalah beberapa tips dan trik yang dapat kalian coba:

  • Pilih jenis filter yang sesuai dengan kondisi udara di ruangan kalian.

Ada beberapa jenis filter yang umum digunakan pada air purifier, seperti HEPA filter, pre-filter, ion generator, UV sterilizer, dan lain-lain. HEPA filter adalah filter yang dapat menangkap partikel halus hingga 0,3 mikron dengan efisiensi 99,97%. Pre-filter adalah filter yang dapat menangkap partikel kasar seperti rambut dan bulu hewan. Ion generator adalah alat yang dapat menghasilkan ion negatif yang dapat menarik partikel positif di udara dan membuatnya jatuh ke tanah. UV sterilizer adalah alat yang dapat membunuh mikroorganisme seperti bakteri dan virus dengan sinar ultraviolet.

  • Pilih daya listrik yang sesuai dengan kapasitas listrik di rumah kalian.

Air purifier adalah alat yang membutuhkan listrik untuk beroperasi. Oleh karena itu, kalian perlu memperhatikan berapa watt daya listrik yang dibutuhkan oleh air purifier yang kalian pilih. Jika daya listriknya terlalu besar, kalian mungkin akan mengalami masalah seperti listrik mati atau tagihan listrik membengkak. Sebaiknya, pilihlah air purifier yang hemat energi dan memiliki fitur seperti sleep mode atau auto mode yang dapat mengatur kecepatan kipas sesuai dengan kondisi udara.

  • Pilih ukuran ruangan yang sesuai dengan kapasitas air purifier yang kalian pilih.

Air purifier memiliki kapasitas yang berbeda-beda untuk membersihkan udara di dalam ruangan. Kapasitas ini biasanya diukur dengan satuan meter persegi (m²) atau kaki persegi (ft²). Jika kalian memilih air purifier yang kapasitasnya terlalu kecil untuk ruangan kalian, maka kalian tidak akan mendapatkan hasil yang optimal. Sebaliknya, jika kalian memilih air purifier yang kapasitasnya terlalu besar untuk ruangan kalian, maka kalian akan membuang-buang energi dan uang. Sebaiknya, pilihlah air purifier yang kapasitasnya sesuai dengan ukuran ruangan kalian.

  • Pilih fitur tambahan yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi kalian.

Air purifier memiliki berbagai fitur tambahan yang dapat meningkatkan fungsi dan kenyamanan penggunaannya. Beberapa fitur tambahan yang dapat kalian pertimbangkan adalah LED display, indikator penggantian filter, sensor udara, sensor PM2.5, sensor bau, fitur smart, timer, child lock, handle, dan lain-lain. LED display adalah layar yang dapat menampilkan informasi seperti kualitas udara, kecepatan kipas, waktu, dan lain-lain.

Indikator penggantian filter adalah lampu yang dapat memberitahu kalian kapan saatnya mengganti filter. Sensor udara adalah alat yang dapat mendeteksi tingkat polusi udara di ruangan. Sensor PM2.5 adalah alat yang dapat mendeteksi jumlah partikel halus berukuran 2,5 mikron di udara. Sensor bau adalah alat yang dapat mendeteksi keberadaan bau tidak sedap di udara.

Baca Juga  Daftar 7 Rekomendasi Radio Portable Terbaik

Fitur smart adalah fitur yang dapat menghubungkan air purifier dengan smartphone atau perangkat pintar lainnya melalui aplikasi atau wifi. Timer adalah fitur yang dapat mengatur waktu nyala dan mati air purifier. Child lock adalah fitur yang dapat mengunci tombol-tombol pada air purifier agar tidak disentuh oleh anak-anak. Handle adalah pegangan yang dapat memudahkan kalian untuk memindahkan air purifier.

  • Pilih harga yang sesuai dengan budget kalian.

Air purifier memiliki rentang harga yang bervariasi, tergantung dari merek, kualitas, fitur, dan kapasitasnya. Jika kalian memiliki budget yang terbatas, kalian dapat memilih air purifier yang murah namun tetap memiliki fungsi yang baik. Jika kalian memiliki budget yang lebih besar, kalian dapat memilih air purifier yang mahal namun memiliki kualitas dan fitur yang lebih baik. Namun, jangan tergiur oleh harga yang terlalu murah atau terlalu mahal, karena kalian mungkin akan mendapatkan produk yang tidak sesuai dengan harapan kalian. Sebaiknya, bandingkan harga dan spesifikasi air purifier dari berbagai sumber sebelum membeli.

Daftar 7 Rekomendasi Air Purifier Terbaik

Setelah kalian mengetahui tips dan trik cara memilih air purifier, kini saatnya kalian melihat daftar 7 rekomendasi air purifier terbaik yang kami pilih berdasarkan kriteria di atas. Berikut adalah daftar 7 rekomendasi air purifier terbaik yang dapat kalian pertimbangkan :

Winix Zero Compact Air Purifier AAPU600-JLE

Winix Zero Compact Air Purifier AAPU600-JLE

Winix Zero Compact Air Purifier AAPU600-JLE adalah air purifier yang cocok untuk kalian yang baru pertama kali mencoba air purifier. Produk ini memiliki mode auto yang membuatnya otomatis menyesuaikan kecepatan kipas dengan kondisi udara begitu dinyalakan. Selain itu, produk ini juga dilengkapi dengan smart sensor untuk mendeteksi keberadaan kotoran atau debu di udara. Produk ini juga memiliki filter HEPA yang dapat menangkap partikel halus hingga 0,3 mikron dengan efisiensi 99,97%. Produk ini dapat membersihkan udara di ruangan dengan luas hingga 49 m².

Tabel Spesifikasi:

Jenis Filter Daya Listrik Ukuran Ruangan Fitur Tambahan Harga
HEPA Filter Adaptor AC 49 m² Indikator penggantian filter, Pre-filter, LED display, Sleep mode, Auto mode, Sensor udara, Fitur smart, Ion generator, UV sterilizer, Timer, Child lock, Handle Rp2.699.000

Xiaomi Smart Air Purifier 4 Lite

Xiaomi Smart Air Purifier 4 Lite

Xiaomi Smart Air Purifier 4 Lite adalah air purifier yang cocok untuk kalian yang mencari produk berkualitas dengan harga yang ramah di kantong. Produk ini mampu memberikan perlindungan dengan cakupan area hingga 43 m². Namun, pada output maksimumnya pun penggunaan dayanya hanya sebesar 33 watt saja. Produk ini juga memiliki filter HEPA yang dapat menangkap partikel halus hingga 0,3 mikron dengan efisiensi 99,97%. Produk ini juga memiliki fitur smart yang dapat menghubungkan produk ini dengan smartphone kalian melalui aplikasi Mi Home.

Tabel Spesifikasi:

Jenis Filter Daya Listrik Ukuran Ruangan Fitur Tambahan Harga
HEPA Filter Adaptor AC 43 m² LED display, Sleep mode, Auto mode, Sensor udara, Sensor PM2.5, Sensor bau, Fitur smart Rp1.499.000

Levoit Desk Air Purifier Dual HEPA Filter LV-H128

Levoit Desk Air Purifier Dual HEPA Filter LV-H128

Levoit Desk Air Purifier Dual HEPA Filter LV-H128 adalah air purifier yang cocok untuk kalian yang ingin menikmati udara yang sehat dan harum. Produk ini memiliki aroma pad sebagai tempat untuk meneteskan essential oil. Kalian dapat memilih aroma favorit kalian untuk menciptakan suasana yang menyegarkan di ruangan kalian. Produk ini juga memiliki filter HEPA yang dapat menangkap partikel halus hingga 0,3 mikron dengan efisiensi 99,97%. Produk ini dapat membersihkan udara di ruangan dengan luas hingga 15 m².

Tabel Spesifikasi:

Jenis Filter Daya Listrik Ukuran Ruangan Fitur Tambahan Harga
HEPA Filter Adaptor AC 15 m² Indikator penggantian filter, Pre-filter, LED display, Sleep mode, Aroma pad Rp1.049.000

Tissor LEKA Rechargeable Air Purifier AP7809

Tissor LEKA Rechargeable Air Purifier AP7809

Tissor LEKA Rechargeable Air Purifier AP7809 adalah air purifier yang dapat diisi ulang yang menyediakan udara segar dan bersih di dalam ruangan kalian. Produk ini memiliki desain kompak dan teknologi canggih yang efektif menghilangkan partikel-partikel kecil, alergen, dan bau tidak sedap dari udara. Produk ini juga memiliki filter HEPA yang dapat menangkap partikel halus hingga 0,3 mikron dengan efisiensi 99,97%. Produk ini dapat membersihkan udara di ruangan dengan luas hingga 20 m².

Baca Juga  Daftar 7 Rekomendasi Exhaust Fan Plafon Murah Terbaik

Tabel Spesifikasi:

Jenis Filter Daya Listrik Ukuran Ruangan Fitur Tambahan Harga
HEPA Filter Tidak diketahui 20 m² Indikator penggantian filter, Sensor udara, Sensor bau, Ion generator, UV sterilizer, Timer Rp1.809.800

Ormo Air Purifier Lite

Ormo Air Purifier Lite

Ormo Air Purifier Lite adalah air purifier yang cocok untuk kalian yang mencari produk yang murah namun tetap memiliki fungsi yang baik. Produk ini mampu mengeliminasi partikel halus 0,3 mikron hingga 99,7%. Produk ini juga memiliki touch screen panel yang mewah yang dapat mempercantik ruangan kalian. Produk ini juga memiliki tiga mode kecepatan yang dapat kalian atur sesuai kebutuhan kalian. Produk ini dapat membersihkan udara di ruangan dengan luas hingga 30 m².

Tabel Spesifikasi:

Jenis Filter Daya Listrik Ukuran Ruangan Fitur Tambahan Harga
HEPA Filter Adaptor AC 30 m² LED display, Sensor udara, Sensor PM2.5 Rp389.000

Dyson Pure Cool Air Purifier Tower Fan TP00

Dyson Pure Cool Air Purifier Tower Fan TP00

Dyson Pure Cool Air Purifier Tower Fan TP00 adalah air purifier yang cocok untuk kalian yang mementingkan estetika interior ruangan. Produk ini memiliki desain yang unik dan futuristik yang dapat menarik perhatian siapa saja yang melihatnya. Produk ini juga mampu mengatasi 99,95% partikel kotor di udara dengan filter HEPA nya. Produk ini juga dapat mengeluarkan angin sejuk yang bersih dengan teknologi Air Multiplier nya. Produk ini dapat membersihkan udara di ruangan dengan luas hingga 27 m².

Tabel Spesifikasi:

Jenis Filter Daya Listrik Ukuran Ruangan Fitur Tambahan Harga
HEPA Filter Adaptor AC 27 m² LED display, Sleep mode, Timer, Air Multiplier Rp6.599.000

Samsung AX60R Air Purifier with 3 Way Airflow AX60R5080WD/SE

Samsung AX60R Air Purifier with 3 Way Airflow AX60R5080WD SE

Samsung AX60R Air Purifier with 3 Way Airflow AX60R5080WD/SE adalah air purifier yang cocok untuk kalian yang ingin menjaga kualitas udara di dalam rumah, kantor, atau ruangan lainnya. Produk ini memiliki laser PM sensor yang dapat mendeteksi debu dan polusi dengan lebih akurat. Produk ini juga memiliki filter HEPA yang dapat menangkap partikel halus hingga 0,3 mikron dengan efisiensi 99,97%. Produk ini juga memiliki 3 way airflow yang dapat menyebarkan udara bersih ke seluruh ruangan. Produk ini dapat membersihkan udara di ruangan dengan luas hingga 60 m².

Tabel Spesifikasi :

Jenis Filter Daya Listrik Ukuran Ruangan Fitur Tambahan Harga
HEPA Filter Adaptor AC 60 m² Indikator penggantian filter, Sensor udara, Sensor PM2.5, Sensor bau, Fitur smart, 3 way airflow Rp3.659.900

Frequently Asked Questions

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang air purifier dan jawabannya :

Apa itu HEPA filter?

HEPA filter adalah singkatan dari High Efficiency Particulate Air filter, yaitu filter yang dapat menangkap partikel halus hingga 0,3 mikron dengan efisiensi 99,97%. HEPA filter dapat menghilangkan berbagai polutan udara, seperti debu, asap, bakteri, virus, jamur, dan lain-lain. HEPA filter biasanya terbuat dari serat kaca yang disusun secara acak dan rapat.

Apa itu ion generator?

Ion generator adalah alat yang dapat menghasilkan ion negatif yang dapat menarik partikel positif di udara dan membuatnya jatuh ke tanah. Ion generator dapat mengurangi jumlah partikel kotor di udara, seperti debu, asap, serbuk sari, dan lain-lain. Ion generator juga dapat memberikan efek menyegarkan dan menenangkan bagi penggunanya.

Apa itu UV sterilizer?

UV sterilizer adalah alat yang dapat membunuh mikroorganisme seperti bakteri dan virus dengan sinar ultraviolet. UV sterilizer dapat menghilangkan sumber penyakit dan infeksi yang mungkin ada di udara. UV sterilizer biasanya digunakan bersamaan dengan filter lain untuk meningkatkan efektivitas pembersihan udara.

Apa itu fitur smart?

Fitur smart adalah fitur yang dapat menghubungkan air purifier dengan smartphone atau perangkat pintar lainnya melalui aplikasi atau wifi. Fitur smart dapat memudahkan kalian untuk mengontrol dan memantau kondisi udara dan status air purifier dari jarak jauh. Fitur smart juga dapat memberikan notifikasi, saran, dan laporan tentang kualitas udara dan penggunaan air purifier.

Baca Juga  Daftar 7 Rekomendasi Proyektor Mini Terbaik

Bagaimana cara membersihkan dan mengganti filter air purifier?

Cara membersihkan dan mengganti filter air purifier berbeda-beda tergantung dari jenis dan merek air purifier yang kalian gunakan. Namun, secara umum, kalian dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Matikan dan cabut kabel listrik air purifier sebelum membersihkan atau mengganti filternya.
  • Buka tutup atau penutup filter air purifier sesuai dengan petunjuk pada buku manual atau panduan pengguna.
  • Keluarkan filter yang ingin kalian bersihkan atau ganti dari air purifier. Jika filternya berdebu, kalian dapat mengibaskannya dengan lembut atau menyedotnya dengan vacuum cleaner. Jika filternya kotor, kalian dapat mencucinya dengan air bersih atau sabun ringan. Jika filternya rusak atau sudah tidak efektif lagi, kalian dapat menggantinya dengan filter baru yang sesuai dengan tipe air purifier kalian.
  • Keringkan filter yang sudah kalian bersihkan dengan lap kering atau angin-anginkan di tempat yang teduh. Pastikan filter benar-benar kering sebelum kalian pasang kembali ke air purifier.
  • Pasang kembali filter yang sudah kalian bersihkan atau ganti ke air purifier dengan cara yang sama seperti saat kalian melepasnya. Pastikan filter terpasang dengan rapat dan benar.
  • Tutup kembali tutup atau penutup filter air purifier dengan cara yang sama seperti saat kalian membukanya. Pastikan tutup atau penutup terkunci dengan baik.
  • Colokkan kembali kabel listrik air purifier dan nyalakan kembali air purifier. Cek apakah air purifier berfungsi dengan normal dan tidak ada masalah.

Sebaiknya, kalian membersihkan filter air purifier secara rutin setiap 2-4 minggu dan mengganti filter air purifier setiap 6-12 bulan, tergantung dari frekuensi dan intensitas penggunaan air purifier kalian.

Apakah air purifier dapat menghilangkan virus dan bakteri?

Air purifier dapat menghilangkan virus dan bakteri dari udara, tetapi tidak dapat menjamin bahwa udara di dalam ruangan menjadi 100% steril dan bebas dari mikroorganisme. Hal ini karena virus dan bakteri dapat menyebar melalui berbagai cara, seperti kontak langsung, droplet, atau permukaan benda. Oleh karena itu, kalian tetap perlu menjaga kebersihan diri dan lingkungan, serta menerapkan protokol kesehatan, seperti mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak, untuk mencegah penularan virus dan bakteri.

Apakah air purifier dapat menghilangkan bau tidak sedap?

Air purifier dapat menghilangkan bau tidak sedap dari udara, tetapi tidak dapat menghilangkan sumber bau tersebut. Hal ini karena bau tidak sedap dapat berasal dari berbagai hal, seperti sampah, makanan, hewan peliharaan, rokok, atau bahan kimia. Oleh karena itu, kalian tetap perlu menghilangkan atau membersihkan sumber bau tersebut, serta menjaga sirkulasi udara yang baik, untuk mencegah bau tidak sedap kembali muncul.

Kesimpulan

Demikianlah artikel kami tentang 7 rekomendasi air purifier terbaik. Semoga artikel ini dapat membantu kalian dalam memilih air purifier yang tepat untuk kalian. Jika kalian memiliki pertanyaan atau saran, silakan tinggalkan komentar di bawah. Terima kasih telah membaca artikel ini sampai habis. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Dari ketujuh air purifier yang kami rekomendasikan, kami menilai bahwa air purifier terbaik adalah Samsung AX60R Air Purifier with 3 Way Airflow AX60R5080WD/SE. Alasan kami memilih produk ini adalah karena produk ini memiliki laser PM sensor yang dapat mendeteksi debu dan polusi dengan lebih akurat. Produk ini juga memiliki filter HEPA yang dapat menangkap partikel halus hingga 0,3 mikron dengan efisiensi 99,97%. Produk ini juga memiliki 3 way airflow yang dapat menyebarkan udara bersih ke seluruh ruangan. Produk ini juga memiliki fitur smart yang dapat menghubungkan produk ini dengan smartphone atau perangkat pintar lainnya melalui aplikasi atau wifi. Meskipun produk ini memiliki harga yang cukup mahal, kami rasa produk ini sebanding dengan kualitas dan fitur yang ditawarkannya.