Rekomendasi Robot Vacuum Cleaner Terbaik

Daftar 7 Rekomendasi Robot Vacuum Cleaner Terbaik

FAQ.co.id – Robot vacuum cleaner adalah alat yang dapat membantu kalian membersihkan lantai rumah secara otomatis. Robot vacuum cleaner dapat menghisap debu, kotoran, rambut, dan partikel lainnya yang menempel di lantai. Beberapa robot vacuum cleaner juga dapat mengepel lantai dengan menggunakan air atau cairan pembersih. Robot vacuum cleaner dapat dioperasikan dengan menggunakan remote control, aplikasi smartphone, atau asisten suara.

Robot vacuum cleaner memiliki berbagai keunggulan, seperti hemat waktu, hemat tenaga, hemat biaya, dan praktis. Kalian tidak perlu repot-repot menyapu atau mengepel lantai secara manual, karena robot vacuum cleaner akan melakukannya untuk kalian. Kalian juga bisa mengatur jadwal, mode, dan area pembersihan sesuai dengan kebutuhan kalian. Robot vacuum cleaner juga dapat membersihkan lantai dengan lebih efisien dan efektif, karena dilengkapi dengan sensor, kamera, atau peta yang dapat mendeteksi kotoran dan rintangan.

Namun, robot vacuum cleaner juga memiliki beberapa kelemahan, seperti membutuhkan daya listrik, membutuhkan perawatan, membutuhkan ruang penyimpanan, dan memiliki keterbatasan. Kalian harus memastikan robot vacuum cleaner memiliki daya baterai yang cukup untuk melakukan pembersihan. Kalian juga harus membersihkan filter, tangki, dan sikat robot vacuum cleaner secara berkala agar tidak tersumbat atau rusak. Kalian juga harus menyediakan tempat untuk menaruh robot vacuum cleaner dan dock pengisian dayanya. Robot vacuum cleaner juga tidak bisa membersihkan lantai yang terlalu kotor, basah, atau berminyak.

Dengan demikian, kalian harus memilih robot vacuum cleaner yang sesuai dengan kebutuhan dan budget kalian. Di pasaran, ada banyak merek dan model robot vacuum cleaner yang ditawarkan dengan harga dan spesifikasi yang berbeda-beda. Untuk membantu kalian menentukan pilihan, kami akan memberikan daftar 7 rekomendasi robot vacuum cleaner terbaik yang bisa kalian pertimbangkan. Kami juga akan memberikan tips memilih robot vacuum cleaner, frequently asked questions, dan kesimpulan dan saran produk terbaik. Simak terus artikel ini sampai selesai, ya!

Tips Memilih Robot Vacuum Cleaner

Tips Memilih Robot Vacuum Cleaner

Sebelum kalian membeli robot vacuum cleaner, ada beberapa hal yang harus kalian perhatikan, seperti :

  • Daya isap

Daya isap adalah kemampuan robot vacuum cleaner untuk menghisap debu dan kotoran dari lantai. Daya isap biasanya diukur dengan satuan Pascal (Pa). Semakin besar daya isap, semakin kuat robot vacuum cleaner menghisap kotoran. Pilihlah robot vacuum cleaner yang memiliki daya isap sesuai dengan jenis lantai dan tingkat kekotoran yang kalian miliki. Misalnya, jika lantai kalian berkarpet atau sering kotor, pilihlah robot vacuum cleaner yang memiliki daya isap tinggi, sekitar 2.000 Pa ke atas. Jika lantai kalian halus atau jarang kotor, pilihlah robot vacuum cleaner yang memiliki daya isap rendah, sekitar 600 Pa ke bawah.

  • Mode pembersihan

Mode pembersihan adalah pilihan cara kerja robot vacuum cleaner untuk membersihkan lantai. Mode pembersihan biasanya terdiri dari mode vakum, mode pel, mode auto, mode spot, mode edge, dan mode max. Mode vakum adalah mode yang digunakan untuk menghisap debu dan kotoran dari lantai. Mode pel adalah mode yang digunakan untuk mengepel lantai dengan menggunakan air atau cairan pembersih. Mode auto adalah mode yang digunakan untuk membersihkan lantai secara otomatis dengan mengikuti peta atau jalur tertentu.

Mode spot adalah mode yang digunakan untuk membersihkan lantai secara intensif di area tertentu. Mode edge adalah mode yang digunakan untuk membersihkan lantai di sepanjang tepi atau sudut ruangan. Mode max adalah mode yang digunakan untuk membersihkan lantai dengan daya isap maksimal. Pilihlah robot vacuum cleaner yang memiliki mode pembersihan yang sesuai dengan kebutuhan kalian. Misalnya, jika kalian ingin robot vacuum cleaner yang bisa mengepel lantai, pilihlah yang memiliki mode pel. Jika kalian ingin robot vacuum cleaner yang bisa membersihkan lantai secara optimal, pilihlah yang memiliki mode max.

  • Kapasitas tangki

Kapasitas tangki adalah ukuran volume tangki yang digunakan untuk menampung debu, kotoran, air, atau cairan pembersih yang dihasilkan oleh robot vacuum cleaner. Kapasitas tangki biasanya diukur dengan satuan mililiter (ml) atau liter (L). Semakin besar kapasitas tangki, semakin banyak robot vacuum cleaner dapat menampung debu, kotoran, air, atau cairan pembersih.

Pilihlah robot vacuum cleaner yang memiliki kapasitas tangki yang sesuai dengan luas lantai dan frekuensi pembersihan yang kalian lakukan. Misalnya, jika lantai kalian luas atau kalian sering membersihkan lantai, pilihlah robot vacuum cleaner yang memiliki kapasitas tangki besar, sekitar 500 ml ke atas. Jika lantai kalian sempit atau kalian jarang membersihkan lantai, pilihlah robot vacuum cleaner yang memiliki kapasitas tangki kecil, sekitar 300 ml ke bawah.

  • Daya baterai

Daya baterai adalah kemampuan robot vacuum cleaner untuk bekerja dengan menggunakan sumber energi listrik. Daya baterai biasanya diukur dengan satuan miliamper jam (mAh) atau watt jam (Wh). Semakin besar daya baterai, semakin lama robot vacuum cleaner dapat bekerja tanpa harus diisi ulang. Pilihlah robot vacuum cleaner yang memiliki daya baterai yang sesuai dengan luas lantai dan durasi pembersihan yang kalian inginkan.

Misalnya, jika lantai kalian luas atau kalian ingin membersihkan lantai dalam waktu lama, pilihlah robot vacuum cleaner yang memiliki daya baterai besar, sekitar 3.000 mAh ke atas. Jika lantai kalian sempit atau kalian ingin membersihkan lantai dalam waktu singkat, pilihlah robot vacuum cleaner yang memiliki daya baterai kecil, sekitar 2.000 mAh ke bawah.

  • Fitur tambahan

Fitur tambahan adalah fitur-fitur yang ditawarkan oleh robot vacuum cleaner untuk meningkatkan kinerja, kemudahan, dan keamanan pembersihan. Fitur tambahan biasanya terdiri dari sensor, kamera, peta, aplikasi, asisten suara, lampu, mikrofon, speaker, child lock, boundary strip, dan lain-lain. Sensor adalah fitur yang digunakan untuk mendeteksi kotoran, rintangan, atau jurang yang ada di lantai. Kamera adalah fitur yang digunakan untuk merekam kondisi ruangan saat dibersihkan. Peta adalah fitur yang digunakan untuk membuat atau menampilkan peta ruangan yang dibersihkan.

Aplikasi adalah fitur yang digunakan untuk mengoperasikan robot vacuum cleaner melalui smartphone. Asisten suara adalah fitur yang digunakan untuk mengoperasikan robot vacuum cleaner melalui perintah suara. Lampu adalah fitur yang digunakan untuk menerangi ruangan yang gelap. Mikrofon adalah fitur yang digunakan untuk berkomunikasi dengan orang rumah melalui robot vacuum cleaner.

Speaker adalah fitur yang digunakan untuk memutar suara atau musik melalui robot vacuum cleaner. Child lock adalah fitur yang digunakan untuk mengunci robot vacuum cleaner agar tidak bisa dioperasikan oleh anak-anak. Boundary strip adalah fitur yang digunakan untuk membatasi area yang ingin dibersihkan oleh robot vacuum cleaner.

Baca Juga  Daftar 7 Rekomendasi Setrika Low Watt Terbaik

Pilihlah robot vacuum cleaner yang memiliki fitur tambahan yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi kalian. Misalnya, jika kalian ingin robot vacuum cleaner yang bisa dioperasikan dari jarak jauh, pilihlah yang memiliki aplikasi atau asisten suara. Jika kalian ingin robot vacuum cleaner yang bisa membersihkan ruangan yang gelap, pilihlah yang memiliki lampu.

Daftar 7 Rekomendasi Robot Vacuum Cleaner Terbaik

Berikut ini adalah daftar 7 rekomendasi robot vacuum cleaner terbaik yang bisa kalian pertimbangkan :

Oxone Robot Vacuum Cleaner OX-889

Oxone Robot Vacuum Cleaner OX-889

Produk pertama yang kami rekomendasikan adalah Oxone Robot Vacuum Cleaner OX-889. Produk ini adalah robot vacuum cleaner yang dilengkapi dengan enam wipers yang dapat digunakan untuk membersihkan karpet secara optimal. Produk ini cocok untuk kalian yang memiliki lantai rumah yang didominasi dengan penggunaan karpet.

Kelebihan produk ini adalah dapat membersihkan karpet dengan lebih bersih dan rapi, karena wipers-nya dapat mengangkat debu, kotoran, dan rambut yang menempel di karpet. Produk ini juga memiliki desain yang elegan dan modern, sehingga dapat menambah estetika ruangan kalian. Produk ini juga mudah dioperasikan dengan menggunakan remote control yang disertakan.

Kekurangan produk ini adalah pergerakannya masih dikontrol secara manual dengan menggunakan remote control, sehingga kalian harus memantau pergerakannya. Produk ini juga tidak memiliki fitur tambahan seperti sensor, kamera, peta, aplikasi, atau asisten suara yang dapat meningkatkan kinerja dan kemudahan pembersihan. Produk ini juga tidak memiliki mode pel yang dapat mengepel lantai dengan menggunakan air atau cairan pembersih.

Berikut ini adalah spesifikasi dari produk ini:

Spesifikasi Keterangan
Harga Rp3.290.000,00
Daya isap Tidak diketahui
Mode pembersihan Mode vakum
Kapasitas tangki Tidak diketahui
Daya baterai Tidak diketahui
Fitur tambahan Wipers, remote control

Produk ini bisa kalian beli di toko online atau offline yang menjual alat-alat rumah tangga. Produk ini cocok untuk kalian yang mencari robot vacuum cleaner yang dapat membersihkan karpet dengan baik.

Dreame F9 Robot Vacuum

Dreame F9 Robot Vacuum

Produk kedua yang kami rekomendasikan adalah Dreame F9 Robot Vacuum. Produk ini adalah robot vacuum cleaner yang dilengkapi dengan kain pel mikrofiber yang antibakteri. Produk ini cocok untuk kalian yang memiliki kegiatan yang cukup padat dan lebih sering berada di rumah pada malam hari.

Kelebihan produk ini adalah dapat membersihkan lantai dengan lebih higienis, karena kain pel-nya dapat membunuh bakteri dan virus yang ada di lantai. Produk ini juga memiliki lampu pada konstruksi bodi-nya yang dapat digunakan untuk mendeteksi ruangan yang kotor. Produk ini juga dapat dioperasikan dengan menggunakan aplikasi smartphone, Google Assistant, atau Alexa, sehingga kalian bisa mengatur jadwal, mode, dan area pembersihan dari jarak jauh.

Kekurangan produk ini adalah berdasarkan ulasan, after sales-nya terasa kurang responsif, sehingga kalian mungkin akan kesulitan jika mengalami masalah atau kerusakan pada produk. Produk ini juga tidak memiliki sensor atau kamera yang dapat mendeteksi rintangan atau jurang yang ada di lantai, sehingga kalian harus memastikan lantai kalian bebas dari halangan atau lubang.

Berikut ini adalah spesifikasi dari produk ini:

Spesifikasi Keterangan
Harga Rp4.886.000,00
Daya isap 2.500 Pa
Mode pembersihan Mode vakum, mode pel, mode auto, mode spot, mode edge, mode max
Kapasitas tangki 600 ml (debu), 200 ml (air)
Daya baterai 5.200 mAh
Fitur tambahan Kain pel mikrofiber, lampu, aplikasi, Google Assistant, Alexa

Produk ini bisa kalian beli di toko online atau offline yang menjual alat-alat rumah tangga. Produk ini cocok untuk kalian yang mencari robot vacuum cleaner yang dapat membersihkan lantai dengan lebih higienis dan terang.

AVARO X1 +UVC Robotic Home Assistant

AVARO X1 +UVC Robotic Home Assistant

Produk ketiga yang kami rekomendasikan adalah AVARO X1 +UVC Robotic Home Assistant. Produk ini adalah robot vacuum cleaner yang dilengkapi dengan cahaya ultraviolet C yang dapat membasmi bakteri dan virus hingga 99,9%. Produk ini cocok untuk kalian yang memiliki buah hati yang sedang aktif merangkak.

Kelebihan produk ini adalah dapat membersihkan lantai dengan lebih sehat dan aman, karena cahaya ultraviolet C-nya dapat menghilangkan bakteri dan virus yang berbahaya bagi kesehatan kalian dan buah hati kalian. Produk ini juga memiliki desain yang ramping sehingga dapat membersihkan hingga ke sudut ruangan. Produk ini juga dibekali dengan sensor AI yang dapat memandu robot vacuum cleaner untuk menghindari furnitur dan menjaga agar tidak terjatuh dari tangga.

Kekurangan produk ini adalah bobot produk cukup berat, mencapai 15 kg, sehingga kalian harus berhati-hati agar tidak jatuh dan rusak. Produk ini juga tidak memiliki mode pel yang dapat mengepel lantai dengan menggunakan air atau cairan pembersih. Produk ini juga tidak memiliki aplikasi, asisten suara, atau fitur tambahan lainnya yang dapat meningkatkan kinerja dan kemudahan pembersihan.

Berikut ini adalah spesifikasi dari produk ini:

Spesifikasi Keterangan
Harga Rp5.999.000,00
Daya isap Tidak diketahui
Mode pembersihan Mode vakum, mode auto, mode spot, mode edge
Kapasitas tangki Tidak diketahui
Daya baterai Tidak diketahui
Fitur tambahan Cahaya ultraviolet C, sensor AI

Produk ini bisa kalian beli di toko online atau offline yang menjual alat-alat rumah tangga. Produk ini cocok untuk kalian yang mencari robot vacuum cleaner yang dapat membersihkan lantai dengan lebih sehat dan aman.

Umedalife Tomo R2

Umedalife Tomo R2

Produk keempat yang kami rekomendasikan adalah Umedalife Tomo R2. Produk ini adalah robot vacuum cleaner yang dilengkapi dengan empat mode vakum yang dapat membersihkan partikel halus hingga kasar. Produk ini cocok untuk kalian yang memiliki tingkat aktivitas yang padat dan sering meninggalkan rumah.

Kelebihan produk ini adalah dapat membersihkan lantai dengan lebih efisien dan efektif, karena mode vakum-nya dapat disesuaikan dengan jenis dan ukuran kotoran yang ada di lantai. Produk ini juga dapat menyesuaikan tingkat air yang digunakan saat mode pel, sehingga kalian bisa mengepel lantai sesuai dengan jenis lantai dan tingkat kekotorannya. Produk ini juga dibekali dengan fitur pengaturan jadwal pembersihan yang dapat diakses melalui TUYA, Google Assistant, atau Alexa, sehingga kalian bisa mengoperasikan produk kapan saja dan di mana saja. Produk ini juga memiliki desain yang minimalis dan elegan, sehingga dapat menambah keindahan ruangan kalian. Produk ini juga memiliki sensor yang dapat mendeteksi rintangan, jurang, dan kotoran yang ada di lantai, sehingga dapat membersihkan lantai dengan lebih akurat dan aman.

Kekurangan produk ini adalah berdasarkan ulasan pengguna, suaranya cukup kencang saat mode vakum, sehingga mungkin akan mengganggu kenyamanan kalian atau orang lain yang berada di rumah. Produk ini juga tidak memiliki lampu, mikrofon, speaker, child lock, atau fitur tambahan lainnya yang dapat meningkatkan kinerja dan kemudahan pembersihan. Produk ini juga tidak memiliki mode pel yang dapat mengepel lantai dengan menggunakan air atau cairan pembersih.

Baca Juga  Daftar 7 Rekomendasi Air Purifier Terbaik

Berikut ini adalah spesifikasi dari produk ini:

Spesifikasi Keterangan
Harga Rp4.790.000,00
Daya isap 2.000 Pa
Mode pembersihan Mode vakum, mode auto, mode spot, mode edge, mode max
Kapasitas tangki 600 ml (debu)
Daya baterai 2.600 mAh
Fitur tambahan Empat mode vakum, pengaturan tingkat air, pengaturan jadwal pembersihan, TUYA, Google Assistant, Alexa

Produk ini bisa kalian beli di toko online atau offline yang menjual alat-alat rumah tangga. Produk ini cocok untuk kalian yang mencari robot vacuum cleaner yang dapat membersihkan lantai dengan lebih efisien dan efektif.

Yeedi K650 With Boundary Strip

Yeedi K650 With Boundary Strip

Produk kelima yang kami rekomendasikan adalah Yeedi K650 With Boundary Strip. Produk ini adalah robot vacuum cleaner yang kompatibel dengan Boundary Strips yang dapat kalian gunakan untuk mengunci area yang ingin dibersihkan. Produk ini cocok untuk kalian yang ingin lebih fleksibel dalam menentukan area pembersihan.

Kelebihan produk ini adalah dapat membersihkan lantai dengan lebih fokus dan terarah, karena Boundary Strips-nya dapat membatasi area yang ingin dibersihkan oleh robot vacuum cleaner. Produk ini juga memiliki tiga pilihan daya sedot mulai dari 600 Pa, 1.200 Pa, hingga 2.000 Pa, sehingga kalian bisa menyesuaikan daya sedotnya dengan kondisi permukaan lantai kalian. Produk ini juga memiliki kapasitas dustbin yang cukup besar, yaitu dapat menampung hingga 800 ml.

Kekurangan produk ini adalah ada ulasan yang menyebutkan robot vacuum cleaner tidak kembali ke dock pengisian daya secara otomatis, sehingga kalian harus mengawasinya agar tidak kehabisan daya baterai. Produk ini juga tidak memiliki mode pel yang dapat mengepel lantai dengan menggunakan air atau cairan pembersih. Produk ini juga tidak memiliki aplikasi, asisten suara, atau fitur tambahan lainnya yang dapat meningkatkan kinerja dan kemudahan pembersihan.

Berikut ini adalah spesifikasi dari produk ini:

Spesifikasi Keterangan
Harga Rp3.999.000,00
Daya isap 600 Pa, 1.200 Pa, 2.000 Pa
Mode pembersihan Mode vakum, mode auto, mode spot, mode edge, mode max
Kapasitas tangki 800 ml (debu)
Daya baterai 2.600 mAh
Fitur tambahan Boundary Strips, remote control

Produk ini bisa kalian beli di toko online atau offline yang menjual alat-alat rumah tangga. Produk ini cocok untuk kalian yang mencari robot vacuum cleaner yang dapat membersihkan lantai dengan lebih fokus dan terarah.

Roborock S7 MaxV Ultra Robot Vacuum with Empty Wash Fill Dock

Roborock S7 MaxV Ultra Robot Vacuum with Empty Wash Fill Dock

Produk keenam yang kami rekomendasikan adalah Roborock S7 MaxV Ultra Robot Vacuum with Empty Wash Fill Dock. Produk ini adalah robot vacuum cleaner yang dilengkapi dengan dock pengisian daya yang juga berfungsi sebagai tempat untuk mengosongkan, mencuci, dan mengisi tangki debu dan air. Produk ini cocok untuk kalian yang ingin lebih praktis dalam merawat robot vacuum cleaner.

Kelebihan produk ini adalah dapat membersihkan lantai dengan lebih mudah dan nyaman, karena dock-nya dapat mengurus tangki debu dan air secara otomatis. Produk ini juga memiliki daya isap yang sangat kuat, yaitu 5.200 Pa, sehingga dapat membersihkan debu hingga tuntas. Produk ini juga memiliki kamera yang dapat memantau kondisi ruangan saat dibersihkan, sehingga kalian bisa melihat hasil pembersihan secara langsung.

Kekurangan produk ini adalah harganya paling mahal dibandingkan robot vacuum cleaner lainnya dalam rekomendasi ini, sehingga kalian harus menyiapkan budget yang cukup besar. Produk ini juga memiliki bobot yang cukup berat, yaitu 13 kg, sehingga kalian harus berhati-hati agar tidak jatuh dan rusak. Produk ini juga tidak memiliki mikrofon, speaker, child lock, atau fitur tambahan lainnya yang dapat meningkatkan kinerja dan kemudahan pembersihan.

Berikut ini adalah spesifikasi dari produk ini:

Spesifikasi Keterangan
Harga Rp15.780.000,00
Daya isap 5.200 Pa
Mode pembersihan Mode vakum, mode pel, mode auto, mode spot, mode edge, mode max
Kapasitas tangki 460 ml (debu), 300 ml (air)
Daya baterai 5.200 mAh
Fitur tambahan Kamera, aplikasi, Google Assistant, Alexa, dock pengisian daya, empty wash fill dock

Produk ini bisa kalian beli di toko online atau offline yang menjual alat-alat rumah tangga. Produk ini cocok untuk kalian yang mencari robot vacuum cleaner yang dapat membersihkan lantai dengan lebih mudah dan nyaman.

Xiaomi Mi Robot Vacuum-Mop 2 Lite

Xiaomi Mi Robot Vacuum-Mop 2 Lite

Produk ketujuh dan terakhir yang kami rekomendasikan adalah Xiaomi Mi Robot Vacuum-Mop 2 Lite. Produk ini adalah robot vacuum cleaner yang dilengkapi dengan filter yang mudah dibersihkan. Produk ini cocok untuk kalian yang ingin lebih hemat dalam merawat robot vacuum cleaner.

Kelebihan produk ini adalah dapat membersihkan lantai dengan lebih bersih dan sehat, karena filter-nya dapat menangkap debu, alergen, dan partikel halus lainnya yang ada di lantai. Produk ini juga memiliki tangki air yang bisa dikontrol hingga tiga level pengaturan, sehingga kalian bisa mengepel lantai sesuai dengan jenis lantai dan tingkat kekotorannya. Produk ini juga memiliki sensor yang dapat mendeteksi rintangan, jurang, dan kotoran yang ada di lantai, sehingga dapat membersihkan lantai dengan lebih akurat dan aman.

Kekurangan produk ini adalah ada ulasan yang mengeluhkan bahwa harus dilakukan mapping ulang setiap kali akan digunakan, sehingga kalian harus memastikan robot vacuum cleaner dapat mengenali ruangan kalian dengan baik. Produk ini juga tidak memiliki lampu, mikrofon, speaker, child lock, atau fitur tambahan lainnya yang dapat meningkatkan kinerja dan kemudahan pembersihan. Produk ini juga memiliki daya isap yang cukup rendah, yaitu 1.500 Pa, sehingga mungkin tidak bisa membersihkan debu yang tebal atau kasar.

Berikut ini adalah spesifikasi dari produk ini:

Spesifikasi Keterangan
Harga Rp2.799.000,00
Daya isap 1.500 Pa
Mode pembersihan Mode vakum, mode pel, mode auto, mode spot, mode edge, mode max
Kapasitas tangki 420 ml (debu), 200 ml (air)
Daya baterai 2.400 mAh
Fitur tambahan Filter mudah dibersihkan, pengaturan tingkat air, aplikasi, Google Assistant, Alexa

Produk ini bisa kalian beli di toko online atau offline yang menjual alat-alat rumah tangga. Produk ini cocok untuk kalian yang mencari robot vacuum cleaner yang hemat dan mudah dirawat.

Frequently Asked Questions

Di bagian ini, kami akan menjawab beberapa pertanyaan yang sering diajukan oleh pembaca tentang robot vacuum cleaner. Semoga pertanyaan dan jawaban ini bisa membantu kalian dalam memilih robot vacuum cleaner yang tepat.

Baca Juga  Daftar 7 Rekomendasi Speaker USB Terbaik

Bagaimana Cara Mengoperasikan Robot Vacuum Cleaner?

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mengoperasikan robot vacuum cleaner:

  1. Pastikan robot vacuum cleaner dalam keadaan terisi daya penuh dan dock pengisian dayanya terhubung dengan sumber listrik.
  2. Pastikan lantai dalam keadaan bersih dari benda-benda yang bisa menghalangi atau merusak robot vacuum cleaner, seperti mainan, kabel, karpet, atau lubang.
  3. Pilih mode pembersihan yang sesuai dengan kebutuhan kalian, seperti mode vakum, mode pel, mode auto, mode spot, mode edge, atau mode max.
  4. Operasikan robot vacuum cleaner dengan menggunakan remote control, aplikasi smartphone, atau asisten suara yang disertakan atau kompatibel dengan produk.
  5. Biarkan robot vacuum cleaner bekerja secara otomatis dengan mengikuti sensor, kamera, atau peta yang ada pada produk.
  6. Jika robot vacuum cleaner selesai atau kehabisan daya baterai, kembalikan ke dock pengisian dayanya atau biarkan kembali secara otomatis jika produk memiliki fitur tersebut.
  7. Bersihkan tangki debu, tangki air, filter, dan sikat robot vacuum cleaner secara berkala agar tidak tersumbat atau rusak.

Bagaimana Cara Membersihkan Robot Vacuum Cleaner?

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk membersihkan robot vacuum cleaner:

  1. Matikan robot vacuum cleaner dan lepaskan dari dock pengisian dayanya.
  2. Buka tutup tangki debu dan tangki air yang ada pada produk.
  3. Keluarkan tangki debu dan tangki air dari produk.
  4. Buang debu, kotoran, air, atau cairan pembersih yang ada di dalam tangki.
  5. Cuci tangki debu dan tangki air dengan air bersih dan keringkan dengan lap kering atau kain pel.
  6. Buka filter yang ada pada tangki debu dan bersihkan dengan sikat lembut atau kain kering.
  7. Buka sikat yang ada pada bagian bawah produk dan bersihkan dari debu, rambut, atau kotoran yang menempel.
  8. Pasang kembali filter, tangki debu, tangki air, dan sikat pada tempatnya.
  9. Tutup kembali tutup tangki debu dan tangki air yang ada pada produk.
  10. Nyalakan robot vacuum cleaner dan hubungkan kembali dengan dock pengisian dayanya.

Apa Perbedaan Robot Vacuum Cleaner dengan Vacuum Cleaner Biasa?

Robot vacuum cleaner dengan vacuum cleaner biasa memiliki perbedaan sebagai berikut:

  • Robot vacuum cleaner adalah alat yang dapat membersihkan lantai secara otomatis dengan menghisap debu, kotoran, rambut, dan partikel lainnya yang menempel di lantai. Vacuum cleaner biasa adalah alat yang harus dioperasikan secara manual dengan menghisap debu, kotoran, rambut, dan partikel lainnya yang menempel di lantai, karpet, sofa, atau permukaan lainnya.
  • Robot vacuum cleaner dapat dioperasikan dengan menggunakan remote control, aplikasi smartphone, atau asisten suara yang disertakan atau kompatibel dengan produk. Vacuum cleaner biasa harus dioperasikan dengan menggunakan tombol atau saklar yang ada pada produk atau tabungnya.
  • Robot vacuum cleaner dapat bekerja secara otomatis dengan mengikuti sensor, kamera, atau peta yang ada pada produk. Vacuum cleaner biasa harus diarahkan secara manual dengan menggunakan tabung atau selang yang ada pada produk.
  • Robot vacuum cleaner memiliki bentuk yang kecil, ringan, dan ramping, sehingga dapat masuk ke bawah furnitur atau sudut ruangan. Vacuum cleaner biasa memiliki bentuk yang besar, berat, dan tinggi, sehingga sulit untuk masuk ke bawah furnitur atau sudut ruangan.
  • Robot vacuum cleaner memiliki kapasitas tangki yang kecil, sehingga harus sering dibersihkan. Vacuum cleaner biasa memiliki kapasitas tangki yang besar, sehingga tidak perlu sering dibersihkan.
  • Robot vacuum cleaner memiliki daya isap yang rendah hingga sedang, sehingga mungkin tidak bisa membersihkan debu yang tebal atau kasar. Vacuum cleaner biasa memiliki daya isap yang tinggi, sehingga bisa membersihkan debu yang tebal atau kasar.
  • Robot vacuum cleaner memiliki daya baterai yang terbatas, sehingga harus sering diisi ulang. Vacuum cleaner biasa memiliki daya listrik yang tidak terbatas, sehingga tidak perlu diisi ulang.

Kesimpulan dan Saran

Demikianlah artikel kami tentang daftar 7 rekomendasi robot vacuum cleaner terbaik. Kami harap artikel ini bisa membantu kalian dalam memilih robot vacuum cleaner yang sesuai dengan kebutuhan dan budget kalian. Robot vacuum cleaner adalah alat yang dapat membantu kalian membersihkan lantai rumah secara otomatis, hemat waktu, hemat tenaga, hemat biaya, dan praktis.

Dari ketujuh produk yang kami rekomendasikan, kami menyarankan kalian untuk memilih Roborock S7 MaxV Ultra Robot Vacuum with Empty Wash Fill Dock. Alasan kami memilih produk ini adalah karena produk ini memiliki dock pengisian daya yang juga berfungsi sebagai tempat untuk mengosongkan, mencuci, dan mengisi tangki debu dan air secara otomatis. Produk ini juga memiliki daya isap yang sangat kuat, yaitu 5.200 Pa, sehingga dapat membersihkan debu hingga tuntas. Produk ini juga memiliki kamera yang dapat memantau kondisi ruangan saat dibersihkan, sehingga kalian bisa melihat hasil pembersihan secara langsung.

Namun, kalian juga bisa memilih produk lain yang sesuai dengan preferensi kalian. Yang terpenting adalah kalian memperhatikan tips memilih robot vacuum cleaner yang telah kami berikan, serta melakukan perawatan dan pemeriksaan secara rutin. Dengan begitu, kalian bisa memasak dengan nyaman dan aman.

Terima kasih telah membaca artikel kami. Jika kalian memiliki pertanyaan, saran, atau kritik, silakan tulis di kolom komentar di bawah. Kami akan senang mendengar pendapat kalian. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!