7 Rekomendasi Laptop 3 Jutaan Terbaik

7 Rekomendasi Laptop 3 Jutaan Terbaik

FAQ.co.id-Di dunia teknologi saat ini, memiliki laptop yang dapat diandalkan tanpa harus menguras isi dompet adalah kebutuhan yang sangat dicari. Bagi banyak dari kita, laptop menjadi alat yang tidak hanya untuk pekerjaan dan studi, tetapi juga untuk hiburan, komunikasi, dan koneksi dengan dunia luar. Dengan budget sekitar 3 jutaan, kalian dapat menemukan laptop yang sesuai dengan kebutuhan kalian tanpa perlu mengorbankan kualitas atau performa.

Di bawah ini, kami telah merangkum 7 rekomendasi laptop terbaik dalam kategori harga 3 jutaan. Setiap laptop dalam daftar ini telah dipilih berdasarkan kombinasi faktor kinerja, keandalan, desain, dan nilai tambah seperti layar yang nyaman, portabilitas, dan fitur tambahan yang berguna.

Sebelum memilih laptop, pastikan untuk mempertimbangkan kegiatan sehari-hari kalian. Apakah kalian memerlukan laptop untuk menyelesaikan tugas-tugas kantor, presentasi, menonton film, atau bahkan sedang mencari yang cocok untuk gaming ringan. Dengan pemahaman ini, kalian dapat memilih laptop yang tidak hanya memenuhi kebutuhan kalian sekarang, tetapi juga dapat bertahan untuk beberapa tahun ke depan.

Dalam daftar ini, kami menyajikan informasi yang mendetail tentang spesifikasi masing-masing laptop, kelebihan yang dimiliki, serta beberapa pertimbangan mengenai kekurangan yang mungkin perlu kalian pertimbangkan. Dengan demikian, artikel ini dirancang untuk membantu kalian membuat keputusan yang cerdas dan sesuai dengan anggaran kalian.

Semoga artikel ini memberikan panduan yang bermanfaat dan mempermudah proses pencarian laptop yang tepat untuk kalian. Mari kita mulai menjelajahi pilihan-pilihan terbaik dalam daftar berikut.

Tips Memilih Laptop 3 Jutaan yang Tepat

Tips Memilih Laptop 3 Jutaan yang Tepat

Memilih laptop dengan harga sekitar 3 juta rupiah membutuhkan pertimbangan yang matang agar kalian mendapatkan nilai terbaik untuk uang yang diinvestasikan. Meskipun budget terbatas, kalian masih bisa menemukan laptop dengan performa yang memadai untuk berbagai keperluan, mulai dari tugas kantor hingga penggunaan sehari-hari.

Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu kalian dalam memilih laptop dengan harga terjangkau:

  • Pastikan Spesifikasi Memadai:

Periksa prosesor, RAM, dan jenis penyimpanan yang ditawarkan. Pilihlah laptop dengan prosesor yang cukup untuk tugas-tugas sehari-hari seperti browsing web, menulis, dan multitasking ringan.

  • Pilih Jenis Layar yang Cocok:

Layar adalah salah satu komponen penting dalam pengalaman penggunaan laptop. Pilihlah layar dengan resolusi yang memadai dan teknologi yang nyaman dipandang, seperti layar IPS untuk sudut pandang yang luas atau layar anti-glare untuk penggunaan di luar ruangan.

  • Perhatikan Kapasitas Penyimpanan:

Laptop dengan kapasitas penyimpanan yang cukup memungkinkan kalian untuk menyimpan file-file besar tanpa perlu tambahan hard disk eksternal. Pilihlah laptop dengan SSD untuk kecepatan akses data yang lebih baik.

  • Pertimbangkan Portabilitas dan Desain:

Jika kalian sering bepergian atau membutuhkan laptop yang ringan, pilihlah yang memiliki desain ringkas dan bobot yang tidak terlalu berat.

  • Cek Ketersediaan Fitur Tambahan:

Beberapa laptop dalam harga ini mungkin menawarkan fitur tambahan seperti keyboard backlit, sensor sidik jari, atau layar sentuh. Sesuaikan dengan kebutuhan dan preferensi kalian.

Dengan mempertimbangkan tips-tips di atas, kalian dapat lebih mudah menemukan laptop yang sesuai dengan kebutuhan sehari-hari dan budget kalian. Selanjutnya, mari kita jelajahi daftar rekomendasi laptop 3 jutaan terbaik yang dapat menjadi pilihan kalian.

Daftar Nama Rekomendasi Laptop 3 Jutaan Terbaik

Daftar Nama Rekomendasi Laptop 3 Jutaan Terbaik

Apakah kalian sedang mencari laptop dengan harga sekitar 3 juta rupiah yang menawarkan kombinasi ideal antara performa, kualitas layar, dan fitur yang berguna? Artikel ini hadir untuk membantu kalian dalam memilih laptop yang tepat untuk kebutuhan sehari-hari, baik untuk pekerjaan, belajar, atau hiburan.

Kami telah merangkum daftar 7 laptop terbaik dalam kisaran harga ini, masing-masing dengan keunggulannya sendiri. Mulai dari laptop yang ringkas dan portabel hingga yang menawarkan kapasitas penyimpanan besar atau performa multitasking yang tangguh, setiap produk dipilih berdasarkan kombinasi antara harga yang terjangkau dan spesifikasi yang memadai.

Jadi, jika kalian sedang mencari laptop yang tidak hanya hemat di kantong tetapi juga berkualitas, simak dengan seksama rekomendasi kami berikut ini. Mari temukan laptop yang paling sesuai dengan kebutuhan kalian!

Axioo Slimbook 13 S1

Axioo Slimbook 13 S1

Axioo Slimbook 13 S1 adalah pilihan tepat untuk kalian yang mencari laptop ringkas dengan performa yang dapat diandalkan, semua dengan harga sekitar 3 juta rupiah. Ditenagai oleh prosesor Intel Celeron N4020 dan dilengkapi dengan layar IPS 2.5K yang tajam, laptop ini cocok untuk kebutuhan pekerjaan sehari-hari dan multimedia ringan.

Baca Juga  Daftar 7 Rekomendasi Robot Vacuum Cleaner Terbaik
Prosesor Intel Celeron N4020
RAM DDR4
Storage SSD 256 GB/512 GB
GPU Integrated Intel UHD Graphics 600
Layar IPS 2.5K
Harga Rp3.099.000

Kelebihan:

  • Layar IPS 2.5K yang tajam dengan sudut pandang luas.
  • Prosesor Intel Celeron N4020 cukup untuk multitasking ringan.
  • SSD dengan kapasitas 256 GB/512 GB untuk kecepatan akses data yang baik.
  • Sistem operasi Windows 10 Professional yang stabil dan dapat diandalkan.

Kekurangan:

  • Tidak dilengkapi dengan port USB-C.
  • Bobot yang ringan mungkin tidak memberikan kesan kokoh.
  • Kapasitas RAM dan SSD tidak dapat di-upgrade.

Axioo Slimbook 13 S1 adalah pilihan yang solid untuk kalian yang membutuhkan laptop dengan kualitas layar tinggi dan performa yang memadai untuk tugas-tugas sehari-hari. Meskipun ada beberapa kekurangan seperti ketidakmampuan untuk meng-upgrade RAM dan SSD, laptop ini tetap menjadi pilihan yang baik dalam kisaran harga 3 jutaan.

ASUS Chromebook CX1 CX1400

ASUS Chromebook CX1 CX1400

ASUS Chromebook CX1 CX1400 adalah pilihan terbaik untuk kalian yang membutuhkan laptop yang ringkas dan handal untuk kegiatan sehari-hari, dengan harga sekitar 3 juta rupiah. Laptop ini didesain khusus untuk mobilitas tinggi dan tahan lama, cocok untuk para profesional atau pelajar yang sering bepergian.

Prosesor Intel Celeron N3350
RAM LPDDR4
Storage eMMC
GPU Integrated Intel HD Graphics 500
Layar 14 inci
Harga Rp2.949.000

Kelebihan:

  • Desain yang ringkas dan tahan lama cocok untuk mobilitas tinggi.
  • Prosesor Intel Celeron N3350 yang cukup untuk multitasking ringan.
  • Baterai tahan hingga 12 jam, ideal untuk penggunaan sehari-hari.
  • Layar 14 inci dengan kualitas visual yang baik.
  • Keyboard ergonomis yang nyaman untuk mengetik.

Kekurangan:

  • RAM dan penyimpanan eMMC mungkin terbatas untuk beberapa pengguna.
  • Layar menggunakan panel TN, sehingga sudut pandang terbatas.
  • Tidak dilengkapi dengan port USB-C.

ASUS Chromebook CX1 CX1400 adalah pilihan yang solid untuk kalian yang membutuhkan laptop ringkas dengan daya tahan baterai yang lama. Meskipun terdapat beberapa kekurangan seperti keterbatasan RAM dan penyimpanan serta layar dengan panel TN, laptop ini masih menawarkan nilai yang baik dalam kisaran harga 3 jutaan.

ASUS Laptop L410 L410MA

ASUS Laptop L410 L410MA

ASUS Laptop L410 L410MA adalah pilihan yang cocok untuk kalian yang membutuhkan laptop ringkas dengan performa yang memadai untuk berbagai keperluan sehari-hari, dengan harga sekitar 3 juta rupiah. Laptop ini menawarkan kombinasi antara portabilitas yang baik dan fitur yang mendukung produktivitas tanpa suara yang mengganggu.

Prosesor Intel Celeron N4020
RAM DDR4
Storage eMMC
GPU Integrated Intel UHD Graphics 600
Layar 14 inci
Harga Rp3.399.000

Kelebihan:

  • Desain ringkas dan tanpa kipas, menjadikannya sangat tenang dalam penggunaan sehari-hari.
  • Keyboard backlit yang nyaman untuk mengetik dalam kondisi minim cahaya.
  • Layar 14 inci dengan panel TN yang cukup tajam.
  • Prosesor Intel Celeron N4020 yang cukup untuk multitasking ringan.
  • Dukungan teknologi palm-rejection pada touchpad untuk presisi yang lebih baik.

Kekurangan:

  • Kapasitas penyimpanan eMMC mungkin terbatas untuk beberapa pengguna.
  • Layar menggunakan panel TN, sehingga sudut pandang terbatas.
  • Tidak dilengkapi dengan port USB-C.

ASUS Laptop L410 L410MA merupakan pilihan yang solid untuk kalian yang mencari laptop dengan desain yang tenang dan nyaman digunakan dalam situasi kerja atau hiburan ringan. Meskipun terdapat beberapa kekurangan seperti kapasitas penyimpanan yang mungkin terbatas dan layar dengan panel TN, laptop ini menawarkan nilai yang baik dalam kisaran harga 3 jutaan.

Lenovo Ideapad 330

Lenovo Ideapad 330

Lenovo Ideapad 330 adalah laptop yang cocok untuk kalian yang membutuhkan kapasitas penyimpanan besar dan performa yang stabil untuk menangani berbagai tugas, dengan harga sekitar 3,6 juta rupiah. Dengan memori HDD 1 TB dan layar anti-glare, laptop ini memberikan kenyamanan ekstra bagi pengguna yang sering berinteraksi dengan banyak file.

Prosesor Dual-core
RAM DDR4
Storage HDD 1 TB
GPU Integrated Intel UHD Graphics 600
Layar TN
Harga Rp3.599.000

Kelebihan:

  • Kapasitas penyimpanan HDD 1 TB yang besar untuk menyimpan banyak file.
  • Layar dengan teknologi anti-glare untuk kenyamanan mata dalam penggunaan jangka panjang.
  • Sudah dilengkapi dengan slot DVD untuk keperluan membakar atau menonton DVD.
  • Perlindungan keamanan lengkap dengan password power-on dan untuk hard-disk.

Kekurangan:

  • Bobot laptop cukup berat, yaitu 2,1 kg.
  • Layar menggunakan panel TN dengan sudut pandang terbatas.
  • Tidak dilengkapi dengan port USB-C.

Lenovo Ideapad 330 adalah pilihan yang baik untuk kalian yang membutuhkan laptop dengan kapasitas penyimpanan besar dan performa yang stabil untuk berbagai tugas sehari-hari. Meskipun memiliki beberapa kekurangan seperti bobot yang cukup berat dan layar dengan panel TN, laptop ini masih menawarkan nilai yang solid dalam kisaran harga 3 jutaan.

Acer Aspire 3 A314

Acer Aspire 3 A314

Acer Aspire 3 A314 adalah pilihan yang solid dalam kategori laptop dengan harga sekitar 3 jutaan. Dengan layar TFT LCD berukuran 14 inci, laptop ini menawarkan visual yang cerah dan jernih, cocok untuk kegiatan multimedia sehari-hari. Berikut adalah ulasan lengkapnya:

Harga Rp3.599.000
Prosesor Dual-core Intel UHD Graphics 600
RAM 4 GB DDR4 (upgradeable hingga 8 GB)
Storage SSD 256 GB
Bobot 1,65 kg
Panel TFT LCD
Port USB-A (2.0), USB-A (3.0), Ethernet/LAN, HDMI, Wi-Fi, Bluetooth

Kelebihan:

  • Layar TFT LCD memberikan visual yang cerah dan jernih.
  • Desain ringkas dan bobot yang cukup ringan, cocok untuk mobilitas.
  • SSD 256 GB untuk kecepatan baca/tulis data yang lebih baik.
  • TrueHarmony speaker memberikan output audio yang realistis.
Baca Juga  Daftar 6 Rekomendasi Mesin Cuci Denpoo Terbaik

Kekurangan:

  • RAM bawaan hanya 4 GB, mungkin perlu di-upgrade untuk performa lebih baik.
  • Panel layar TFT LCD memiliki sudut pandang yang terbatas dibandingkan IPS.

Acer Aspire 3 A314 adalah pilihan tepat untuk pengguna yang mencari laptop dengan performa cukup untuk kegiatan sehari-hari seperti browsing, menulis dokumen, atau menonton video. Dengan harga yang terjangkau, laptop ini menawarkan kombinasi yang baik antara kehandalan dan fitur yang cukup untuk kebutuhan umum.

Zyrex Sky 232 New Generation

Zyrex Sky 232 New Generation

Zyrex Sky 232 New Generation adalah laptop dengan desain ringkas namun tangguh, cocok untuk pengguna yang membutuhkan performa untuk multitasking dalam pekerjaan sehari-hari. Berikut adalah ulasan lengkapnya:

Harga Rp3.699.000
Prosesor Dual-core Intel UHD Graphics 600
RAM DDR4 (jumlah tidak spesifik)
Storage SSD (kapasitas tidak spesifik)
Bobot Tidak diketahui
Panel IPS
Port USB-A (2.0), USB-A (3.0), HDMI, SD card reader

Kelebihan:

  • Desain ringkas dan portabel, cocok untuk mobilitas tinggi.
  • Layar IPS memberikan visual yang tajam dan sudut pandang luas.
  • Performa multitasking yang baik untuk penggunaan sehari-hari.
  • Keyboard ergonomis dengan tombol responsif untuk kenyamanan mengetik.

Kekurangan:

  • Spesifikasi RAM dan storage tidak terlalu spesifik.
  • Detail mengenai bobot laptop tidak tersedia.

Zyrex Sky 232 New Generation adalah pilihan tepat untuk pengguna yang menginginkan laptop dengan desain ringkas namun memiliki performa yang cukup untuk multitasking dalam kegiatan sehari-hari. Dengan layar IPS yang memberikan visual yang tajam, laptop ini cocok digunakan untuk pekerjaan kreatif dan kegiatan multimedia lainnya.

Axioo MyBook 11G

Axioo MyBook 11G

Axioo MyBook 11G adalah pilihan laptop ringan dan portabel dengan bodi hanya 1,15 kg, ideal untuk mobilitas tinggi. Dengan layar 11,6 inci dan pilihan kapasitas penyimpanan SSD 128 GB atau 256 GB, laptop ini cocok untuk kebutuhan pengguna yang sering bepergian.

Tabel Spesifikasi Axioo MyBook 11G:

Spesifikasi Detail
Prosesor Intel Celeron (seri tidak spesifik)
RAM DDR4 (jumlah tidak spesifik)
Storage SSD 128 GB / 256 GB
Layar 11,6 inci IPS
Bobot 1,15 kg
Dimensi 27,52 cm x 19,1 cm x 12,8 mm
Port USB-A (2.0), USB-A (3.0), HDMI, SD card reader, 3,5 mm stereo phone jack, DC-in jack port

Harga:

Rp3.725.000 (harga dapat berubah)

Kelebihan Axioo MyBook 11G:

  • Bodi ringan dan portabel, cocok untuk mobilitas tinggi.
  • Tersedia pilihan kapasitas SSD yang cukup untuk kebutuhan penyimpanan dasar.
  • Layar IPS memberikan tampilan yang jernih dan tajam.
  • Desain yang ringkas memudahkan untuk dibawa bepergian.

Kekurangan Axioo MyBook 11G:

  • Prosesor Intel Celeron mungkin terbatas untuk tugas-tugas berat.
  • Opsi RAM dan GPU yang terbatas dapat membatasi kemampuan multitasking dan penggunaan aplikasi berat.

Frequently Asked Questions

Sebagai panduan lengkap untuk memilih laptop dengan budget sekitar 3 jutaan, berikut adalah beberapa pertanyaan umum yang sering muncul:

Apa yang harus dipertimbangkan saat membeli laptop dengan harga 3 jutaan?

Saat memilih laptop dengan budget 3 jutaan, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan. Pertama, pastikan spesifikasi seperti prosesor, RAM, dan jenis storage sesuai dengan kebutuhan kalian sehari-hari. Misalnya, jika kalian banyak bekerja dengan dokumen atau browsing internet, laptop dengan prosesor yang cukup dan RAM yang memadai akan lebih baik. Kedua, perhatikan kualitas layar dan baterai. Layar dengan resolusi yang baik dan kemampuan baterai yang tahan lama akan meningkatkan pengalaman penggunaan sehari-hari.

Apakah laptop 3 jutaan cocok untuk gaming?

Secara umum, laptop dengan budget 3 jutaan cenderung tidak cocok untuk gaming berat. Meskipun beberapa laptop dalam kategori ini mungkin memiliki kemampuan grafis yang cukup untuk game ringan atau sedang, namun untuk game dengan grafis tinggi atau yang membutuhkan prosesor yang kuat, kalian mungkin perlu mempertimbangkan budget yang lebih besar.

Bagaimana cara memilih layar yang tepat untuk laptop dengan harga 3 jutaan?

Pemilihan layar sangat penting dalam pengalaman penggunaan laptop. Pastikan untuk memilih layar dengan resolusi yang cukup tinggi untuk tampilan yang jernih dan detail yang tajam. Selain itu, teknologi panel layar juga perlu dipertimbangkan, misalnya IPS untuk sudut pandang yang luas atau TN untuk respons yang cepat. Jangan lupa untuk memeriksa kecerahan layar agar sesuai dengan kebutuhan penggunaan dalam berbagai kondisi cahaya.

Bisakah laptop 3 jutaan digunakan untuk editing foto atau video?

Untuk editing foto atau video yang sederhana, beberapa laptop dengan budget 3 jutaan mungkin sudah cukup. Namun, untuk editing yang lebih kompleks atau memerlukan rendering yang cepat, kalian mungkin perlu mempertimbangkan laptop dengan prosesor dan kartu grafis yang lebih kuat, yang mungkin berada di luar kategori harga ini.

Apakah laptop 3 jutaan sudah termasuk sistem operasi?

Sebagian besar laptop dalam range harga 3 jutaan sudah termasuk sistem operasi seperti Windows 10 atau Chrome OS. Namun, pastikan untuk memeriksa dengan teliti apakah sistem operasi yang disertakan sudah termasuk atau harus dibeli terpisah.

Bagaimana cara memperpanjang umur baterai laptop 3 jutaan?

Untuk memperpanjang umur baterai laptop, ada beberapa tips yang bisa kalian lakukan. Pertama, hindari overcharging dengan melepas charger saat baterai sudah penuh. Kedua, matikan atau keluarkan aplikasi yang tidak digunakan agar tidak menguras daya baterai secara berlebihan. Terakhir, atur brightness layar sesuai kebutuhan dan aktifkan mode hemat daya jika diperlukan.

Baca Juga  7 Rekomendasi Microwave Low Watt Terbaik

Apakah ada jaminan untuk laptop 3 jutaan?

Sebagian besar produsen laptop menyediakan garansi untuk produk mereka. Pastikan untuk memeriksa syarat dan ketentuan garansi yang diberikan oleh produsen sebelum membeli. Garansi dapat mencakup perbaikan gratis atau penggantian komponen tertentu dalam jangka waktu tertentu, tergantung pada kebijakan produsen.

Dengan mempertimbangkan pertanyaan-pertanyaan di atas, kalian dapat membuat keputusan yang lebih baik dalam memilih laptop dengan budget sekitar 3 jutaan. Pertimbangkan kebutuhan dan preferensi kalian dengan teliti sebelum memutuskan untuk membeli, sehingga kalian dapat menemukan laptop yang sesuai dengan kebutuhan harian kalian.

Kesimpulan dan Rekomendasi

Dari berbagai pilihan laptop dengan harga sekitar 3 jutaan yang telah kami tinjau, setiap produk menawarkan keunggulan dan fitur yang menarik sesuai dengan kebutuhan pengguna. Berikut adalah tinjauan lebih mendalam serta rekomendasi kami berdasarkan analisis yang telah dilakukan:

Acer Aspire 3 A314

Acer Aspire 3 A314 adalah laptop yang menonjol dengan layar TFT LCD yang cerah dan tajam, cocok untuk menikmati konten multimedia dengan kualitas visual yang baik. Dilengkapi dengan speaker TrueHarmony, laptop ini juga memberikan pengalaman audio yang realistis. Meskipun tidak memiliki kemampuan untuk tugas berat seperti editing video, Acer Aspire 3 A314 sangat cocok untuk penggunaan sehari-hari seperti browsing web, menonton video, dan pekerjaan kantor ringan.

Axioo MyBook 11G

Axioo MyBook 11G adalah pilihan terbaik untuk mobilitas tinggi dengan desain yang ringkas dan bobot hanya 1,15 kg. Meskipun memiliki ukuran layar yang lebih kecil, laptop ini tetap menawarkan kualitas visual yang baik berkat layar IPS yang jernih. Pilihan kapasitas penyimpanan hingga 256 GB SSD membuatnya cukup untuk kebutuhan sehari-hari seperti dokumen, presentasi, dan media penyimpanan lainnya. Axioo MyBook 11G juga dilengkapi dengan port yang cukup lengkap untuk koneksi eksternal.

ASUS Chromebook CX1 CX1400

ASUS Chromebook CX1 CX1400 menonjol dengan daya tahan baterai yang luar biasa hingga 12 jam, membuatnya ideal untuk pengguna yang sering beraktivitas di luar ruangan atau berpergian jauh. Dengan desain yang tahan banting dan keyboard ergonomis, laptop ini cocok untuk kebutuhan produktivitas harian seperti mengetik, browsing, dan menggunakan aplikasi perkantoran. Meskipun sistem operasinya terbatas pada Chrome OS, laptop ini memberikan performa yang solid untuk tugas-tugas ringan dan multitasking sederhana.

Lenovo Ideapad 330

Lenovo Ideapad 330 adalah pilihan tepat bagi pengguna yang membutuhkan kapasitas penyimpanan besar dengan HDD 1 TB. Laptop ini dilengkapi dengan perlindungan data yang lengkap seperti password power-on dan password untuk hard-disk, cocok untuk pengguna yang sering menyimpan banyak data penting. Meskipun lebih berat dibandingkan beberapa pilihan lainnya, Lenovo Ideapad 330 menawarkan kinerja yang handal untuk tugas-tugas sehari-hari seperti pengolahan dokumen, presentasi, dan kegiatan multimedia ringan.

Zyrex Sky 232 New Generation

Zyrex Sky 232 New Generation menawarkan kinerja yang tangguh dengan desain ringkas dan layar Full HD yang jernih. Ditenagai oleh prosesor terbaru, laptop ini cocok untuk multitasking lancar dan responsif. Keyboard ergonomis dan tombol yang responsif membuatnya nyaman digunakan untuk pengguna yang sering mengetik atau melakukan pekerjaan kreatif. Meskipun informasi detail seperti dimensi dan berat tidak tersedia, fitur-fitur yang ditawarkan membuat Zyrex Sky 232 New Generation menjadi alternatif menarik dalam kategori ini.

Berdasarkan analisis mendalam kami, salah satu rekomendasi terbaik dari daftar ini adalah Axioo MyBook 11G. Dengan kombinasi desain portabel, bobot ringan, dan kualitas layar IPS yang jernih, Axioo MyBook 11G sangat cocok untuk mobilitas tinggi dan kebutuhan sehari-hari seperti bekerja, belajar, dan hiburan. Meskipun memiliki beberapa keterbatasan seperti prosesor yang mungkin kurang kuat untuk tugas-tugas berat, laptop ini tetap menawarkan nilai terbaik dalam kategori harga 3 jutaan.

Sebelum membeli, pastikan untuk mempertimbangkan dengan cermat kebutuhan dan preferensi kalian sendiri. Pilihlah laptop yang paling sesuai dengan gaya hidup dan kegiatan sehari-hari kalian agar mendukung produktivitas dan kenyamanan dalam penggunaan jangka panjang.