Rekomendasi Mesin Cuci Front Loading Terbaik

Daftar 7 Rekomendasi Mesin Cuci Front Loading Terbaik

FAQ.co.id – Mesin cuci front loading adalah jenis mesin cuci yang memiliki pintu bukaan di bagian depan. Mesin cuci ini memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan mesin cuci top loading, seperti hemat air, hemat listrik, hemat detergen, dan mampu mencuci pakaian dengan lebih lembut dan bersih. Mesin cuci front loading juga cocok untuk mencuci pakaian berbahan halus, seperti sutra, wol, dan katun.

Namun, mesin cuci front loading juga memiliki beberapa kekurangan, seperti harga yang lebih mahal, kapasitas yang lebih kecil, dan membutuhkan ruang yang lebih luas. Selain itu, mesin cuci front loading juga rentan terhadap masalah bau, jamur, dan karat jika tidak dirawat dengan baik. Oleh karena itu, kalian perlu memilih mesin cuci front loading yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan kalian.

Tips Trik Cara Memilih Mesin Cuci Front Loading

Tips Trik Cara Memilih Mesin Cuci Front Loading

Sebelum kalian membeli mesin cuci front loading, ada beberapa hal yang perlu kalian perhatikan, seperti:

  • Kapasitas

Sesuaikan kapasitas mesin cuci dengan jumlah anggota keluarga dan frekuensi mencuci. Biasanya, mesin cuci front loading memiliki kapasitas antara 6-12 kg. Jika kalian tinggal sendiri atau berdua, kapasitas 6-7 kg sudah cukup. Jika kalian memiliki keluarga besar atau sering mencuci pakaian berat, seperti selimut atau sprei, pilihlah kapasitas 8 kg ke atas.

  • Spin speed

Spin speed adalah kecepatan putaran mesin cuci saat mengeringkan pakaian. Semakin tinggi spin speed, semakin kering pakaian yang dihasilkan. Namun, spin speed yang terlalu tinggi juga bisa merusak serat pakaian. Biasanya, mesin cuci front loading memiliki spin speed antara 800-1600 rpm. Pilihlah spin speed yang sesuai dengan jenis pakaian yang kalian cuci. Misalnya, untuk pakaian berbahan halus, pilihlah spin speed rendah, seperti 800-1000 rpm. Untuk pakaian berbahan tebal, pilihlah spin speed tinggi, seperti 1200-1600 rpm.

  • Fitur dan teknologi

Mesin cuci front loading memiliki berbagai fitur dan teknologi yang bisa memudahkan dan meningkatkan kualitas pencucian. Beberapa fitur dan teknologi yang bisa kalian pertimbangkan adalah:

    • Inverter. Fitur ini bisa mengatur kecepatan motor sesuai dengan beban cucian, sehingga bisa menghemat listrik dan mengurangi getaran dan suara.
    • Steam. Fitur ini bisa mengeluarkan uap panas yang bisa membunuh kuman, bakteri, dan alergen pada pakaian, sehingga lebih higienis dan menghilangkan bau.
    • Delay start. Fitur ini bisa mengatur waktu mulai pencucian sesuai dengan keinginan kalian, sehingga kalian bisa mencuci pakaian saat listrik murah atau saat kalian senggang.
    • Child lock. Fitur ini bisa mengunci tombol dan pintu mesin cuci, sehingga bisa mencegah anak-anak bermain dengan mesin cuci atau membuka pintu saat mesin cuci sedang beroperasi.
    • Program pencucian. Mesin cuci front loading biasanya memiliki berbagai program pencucian yang bisa kalian pilih sesuai dengan jenis dan kotoran pakaian, seperti cotton, wool, delicate, quick, eco, dan lain-lain. Beberapa mesin cuci juga memiliki program pencucian khusus, seperti untuk hijab, batik, atau pakaian bayi.
Baca Juga  Daftar 7 Rekomendasi Vacuum Cleaner Stick Terbaik

Daftar Nama Rekomendasi Produk

Berikut adalah daftar 7 rekomendasi mesin cuci front loading terbaik yang bisa kalian pertimbangkan :

LG Mesin Cuci Front Loading

LG Mesin Cuci Front Loading FM1208N3W

Produk ini menggunakan teknologi 6 Motion DD (Direct Drive). Teknologi ini memiliki enam jenis gerakan yang akan menyesuaikan dengan jenis kain yang dicuci. Terlebih, teknologi ini diklaim dapat menghasilkan cucian yang bersih seperti mencuci manual dengan tangan.

Cukup pilih jenis gerakan yang kalian inginkan dan mesin pun akan bekerja optimal. Selain itu, teknologi Inverter Direct Drive menghasilkan sedikit getaran dan tidak berisik sehingga lebih nyaman digunakan. Jika kalian membutuhkan mesin cuci dengan hasil cucian yang bersih layaknya mencuci dengan tangan, pilih saja produk ini.

Tipe Front loading
Kapasitas 8 kg
Spin speed 1.200 rpm
Tinggi 85 cm
Lebar 60 cm
Kedalaman 55 cm
Konsumsi daya 200–400 watt
Garansi 1 tahun (spare part), 10 tahun (motor)
Material Stainless steel (tabung)

Samsung Mesin Cuci Front Loading

Samsung Mesin Cuci Front Loading WW3000TM 8 kg WW80T3040BWSE

Kegiatan mencuci dan menjemur pakaian membutuhkan waktu yang lumayan panjang. Bila kalian memiliki banyak kegiatan, pertimbangkan mesin cuci satu tabung yang satu ini. Pasalnya, produk ini dibekali dengan fitur delay end. Fitur ini memungkinkan kalian mencuci pakaian dan mengatur waktu selesai saat kalian senggang hingga 24 jam ke depan. Pakaian pun tetap wangi dan bebas apak.

Tipe Front loading
Kapasitas 8 kg
Spin speed 1.400 rpm
Tinggi 85 cm
Lebar 59,5 cm
Kedalaman 46,5 cm
Konsumsi daya 500 watt

AQUA Japan ECO Wash Series

AQUA Japan ECO Wash Series 7 Kg FQW-700829QD

Tanpa disadari, mesin cuci bisa menjadi sarang bakteri. Namun, dengan mesin cuci ini, baju kalian dijamin bersih dan jauh dari bakteri. Mesin cuci ini cocok untuk kalian yang concern terhadap kebersihan pakaian dan mesin cuci.

Produk ini juga dilengkapi dengan ABT Technology pada bagian karet gasket, serta laci detergen. Fitur ini dapat mencegah timbulnya bakteri sehingga mesin cuci terjaga tetap higienis.

Tipe Front loading
Kapasitas 7 kg
Spin speed 1.000 rpm
Tinggi 84,5 cm
Lebar 59,5 cm
Kedalaman 46 cm
Konsumsi daya 150 watt (wash), 400 watt (spin)

Electrolux Mesin Cuci Front Load UltimateCare 500

Electrolux Mesin Cuci Front Load UltimateCare 500 7.5kg EWF7555EQWA

Pakaian kalian didominasi oleh hijab dan batik? Jika iya, kini kalian dapat lebih nyaman mencuci kedua jenis pakaian itu menggunakan mesin cuci ini. Alasannya karena mesin cuci satu tabung ini dibekali dengan program pencucian eksklusif yang khusus untuk mencuci hijab atau batik. Meskipun daya pencuciannya kuat, kedua program ini diklaim tak akan memudarkan warna hijab dan batik kalian.

Tipe Front loading
Kapasitas 7,5 kg
Spin speed 400 rpm
Tinggi 85 cm
Lebar 60 cm
Kedalaman 57 cm
Konsumsi daya 350 watt

SHARP Front Loading Series

SHARP Front Loading Series 7 Kg ES-FL1073W

Apabila kalian concern dengan kebersihan pakaian serta kesehatan kulit, kalian dapat mempertimbangkan mesin cuci front loading SHARP ini. Dilengkapi fitur super clean rinse, kalian bisa memberikan tambahan proses pembilasan hingga empat kali sehingga cucian makin bersih. Jadi, kalian pun tak perlu khawatir residu detergen akan tersisa dan menempel di serat pakaian.

Baca Juga  Daftar 7 Rekomendasi Monitor LG Terbaik
Tipe Front loading
Kapasitas 7 kg
Tinggi 86 cm
Lebar 67 cm
Kedalaman 53 cm
Konsumsi daya 120 watt,1.800 watt (hot water), 280 watt(dry)

Polytron Mesin Cuci Front Loading Wonderwash

Polytron Mesin Cuci Front Loading Wonderwash Series 7 Kg PFL 7051

Seperti yang diketahui, cucian basah yang tidak segera dijemur dapat menyebabkan bau apak. Untuk kalian yang sibuk dan biasa menunda menjemur cucian, sebaiknya memilih produk ini. Mesin cuci Polytron satu tabung ini dilengkapi fitur time delay.

Kalian bisa menyetel produk ini untuk secara otomatis menghentikan proses pencucian dan melanjutkannya lagi sesuai kebutuhan. Program pencuciannya juga bisa diatur sesuai kebiasaan kalian melalui fitur favorite setting recall. Dengan fitur tersebut, kalian tidak perlu repot mengatur ulang program saat akan mencuci.

Tipe Front loading
Kapasitas 7 kg
Spin speed 1.200 rpm
Level pengeringan 80%
Tinggi 85 cm
Lebar 59,5 cm
Kedalaman 51 cm
Konsumsi daya 300 watt (wash), 500 watt (spin)

BEKO Mesin Cuci WCV 8612X0ST

BEKO Mesin Cuci 8 Kg WCV 8612X0ST

BEKO WCV 8612X0ST adalah mesin cuci front loading berkapasitas 8 kg dan memiliki spin speed yang mumpuni. Mesin ini dirancang untuk menangani beban cucian besar dengan mudah. Fitur utamanya termasuk teknologi SteamCure, kontrol digital, dan desain freestanding yang elegan.

Produk ini cocok untuk keluarga besar atau kalian yang membutuhkan solusi mencuci yang efisien dan efektif. Nikmati kemudahan dan kenyamanan mencuci dengan BEKO WCV 8612X0ST.

Tipe Front loading
Kapasitas 8 kg
Spin speed 1.200 rpm
Tinggi 84 cm
Lebar 60 cm
Kedalaman 55 cm

Frequently Asked Questions

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan seputar mesin cuci front loading dan jawabannya:

Apakah mesin cuci front loading bisa mencuci pakaian dengan air panas?

Tergantung pada model dan fitur mesin cuci. Beberapa mesin cuci front loading memiliki fitur pemanas air yang bisa mencuci pakaian dengan air panas. Air panas bisa membantu membersihkan kotoran dan noda yang lebih sulit, serta membunuh kuman dan bakteri. Namun, kalian harus berhati-hati dalam memilih suhu air panas yang sesuai dengan jenis pakaian yang dicuci, karena air panas juga bisa menyebabkan pakaian menyusut atau luntur.

Bagaimana cara membersihkan mesin cuci front loading?

Mesin cuci front loading perlu dibersihkan secara rutin agar tetap higienis dan awet. Berikut adalah beberapa langkah yang bisa kalian lakukan untuk membersihkan mesin cuci front loading:

  • Buka pintu mesin cuci dan bersihkan karet gasket dengan lap basah. Jika ada jamur atau kotoran yang menempel, gunakan cuka atau pemutih untuk menghilangkannya.
  • Buka laci detergen dan bilas dengan air bersih. Jika ada noda atau sisa detergen yang sulit dibersihkan, rendam laci dengan air panas dan cuka selama beberapa menit, lalu sikat dengan sikat gigi.
  • Bersihkan filter drainase yang berada di bagian bawah mesin cuci. Buka penutupnya dan keluarkan filternya. Buang kotoran atau serpihan yang ada di dalamnya, lalu bilas dengan air bersih.
  • Jalankan program pencucian kosong dengan air panas dan cuka atau pemutih. Ini bisa membantu membersihkan tabung dan saluran air dari kotoran dan bakteri.
  • Keringkan mesin cuci dengan membuka pintu dan laci detergen. Biarkan mesin cuci terbuka selama beberapa jam agar tidak lembap dan berbau.
Baca Juga  Daftar 7 Rekomendasi Rice Warmer Terbaik

Apakah mesin cuci front loading bisa dipasang di atas pengering?

Ya, mesin cuci front loading bisa dipasang di atas pengering asalkan kalian menggunakan alat khusus yang disebut stacking kit. Stacking kit adalah alat yang bisa menghubungkan mesin cuci dan pengering secara aman dan stabil. Stacking kit biasanya tersedia secara terpisah dari mesin cuci atau pengering, jadi kalian harus membelinya secara terpisah juga. Pastikan kalian memilih stacking kit yang sesuai dengan model dan ukuran mesin cuci dan pengering kalian.

Keuntungan dari memasang mesin cuci di atas pengering adalah bisa menghemat ruang dan memudahkan proses pengeringan. Namun, kalian juga harus berhati-hati dalam memasang dan menggunakan mesin cuci dan pengering yang ditumpuk, karena bisa berisiko jatuh atau rusak jika tidak dilakukan dengan benar.

Kesimpulan dan Saran

Itulah daftar 7 rekomendasi mesin cuci front loading terbaik yang bisa kalian pertimbangkan untuk memenuhi kebutuhan mencuci kalian. Mesin cuci front loading memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu kalian ketahui sebelum membeli. Kalian juga perlu memperhatikan kapasitas, spin speed, fitur, dan teknologi yang ditawarkan oleh mesin cuci front loading.

Dari daftar 7 produk di atas, kami merekomendasikan LG Mesin Cuci Front Loading FM1208N3W sebagai produk terbaik. Alasannya adalah produk ini memiliki teknologi 6 Motion DD yang bisa menyesuaikan gerakan pencucian dengan jenis kain, sehingga menghasilkan cucian yang bersih dan lembut. Produk ini juga hemat listrik dan tidak berisik berkat teknologi Inverter Direct Drive. Selain itu, produk ini juga memiliki kapasitas yang cukup besar, yaitu 8 kg, dan spin speed yang cukup tinggi, yaitu 1.200 rpm.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian yang sedang mencari mesin cuci front loading terbaik. Selamat mencuci!