, , WAJAH bulan menyembul separuh di atas surau. Separuhnya lagi seperti sedang bersembunyi di balik dedaunan pohon karet. Daun-daun pohon karet yang meninggi di belakang surau itu bagai sedang salingberangkulan. Sedang di dalam surau, gema takbir berkumandang dengan merdunya. Sejak sehabis sembahyang magrib, gema takbir itu tak henti-hentinya dikumandangkan para jemaah, tua maupun muda, baik lelaki maupun perempuan., Aku sedang berdiri di depan surau memandang wajah bulan yang tersembul separuh di balik dedaunan karet, seraya mendengarkan gema takbir yang berkumandang merdu dari dalam surau itu. Kucoba mengingat-ingat, kalau-kalau ada di antara para jemaahpelantun takbir itu yang kukenal suaranya. Ah, ternyata tidak. Tak ada satu pun yang kukenal. Semua terasa asing di telingaku.,

kalau kita melihat pertanyaan ini sering tidak menemukan jawaban dan cara penyelesaianya. kita sudah mencarinya kesana sini diinternet. Untuk menyelesaikan pertanyaan yang sulit tersebut, faq.co.id telah menyiapkan soal beserta caranya. Mulai dari kelas 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 juga tersedia secara gratis.

diharapkan dengan adanya jawaban soal ini dapat mempermudah kamu dalam belajar di rumah maupun disekolah saat diberikan tugas oleh bapak/ ibu guru. materi yang disediakan sangat lengkap mulai matematika, ipa, ips, penjaskes, kimia, fisika, ekonomi, dan materi pelajaran lainya. oke teman teman jangan berlama lagi mari simak pertanyaan dan penjelasan lengkapnya dibawah ini ya.

PERTANYAAN :


Bacalah kutipan cerpen berikut untuk menjawab soal nomor 5- 7.

Bulan di Atas Surau
Oleh: Sutirman Eka Ardhana

    WAJAH bulan menyembul separuh di atas surau. Separuhnya lagi seperti sedang bersembunyi di balik dedaunan pohon karet. Daun-daun pohon karet yang meninggi di belakang surau itu bagai sedang saling  berangkulan. Sedang di dalam surau, gema takbir berkumandang dengan merdunya. Sejak sehabis sembahyang magrib, gema takbir itu tak henti-hentinya dikumandangkan para jemaah, tua maupun muda, baik lelaki maupun perempuan.

Baca Juga :  "Tenang. Selamat ulang tahun," sahut Liamengagetkan. Ia mengulurkan sebuah buku mungil yang sama persis dengan miliknya."Untuk mencatat resep-resep barumu.Resep-resep itu perlu dipatenkan, lho.", Nini garuk-garuk kepala sambil menatap Lia. Lalu, "Kamu serba penuh kejutan sih?Tahu dari mana tanggal lahirku? Aku sendiri malah lupa kalau hari ini ulang tahun.",

    Aku sedang berdiri di depan surau memandang wajah bulan yang tersembul separuh di balik dedaunan karet, seraya mendengarkan gema takbir yang berkumandang merdu dari dalam surau itu. Kucoba mengingat-ingat, kalau-kalau ada di antara para jemaah pelantun takbir itu yang kukenal suaranya. Ah, ternyata tidak. Tak ada satu pun yang kukenal. Semua terasa asing di telingaku.space 

Ditilik dari elemen-elemen alam yang disebutkan dalam cerita di atas, suasana yang hendak dibangun adalah latar lingkungan ….space 

Jawaban

jawaban yang tepat adalah A.space 


Cerpen adalah karya prosa fiksi dengan cerita yang padat. Cerpen dapat dibaca dengan sekali duduk. Salah satu unsur yang dapat membangun teks cerpen adalah unsur intrinsik. Unsur intrinsik yaitu unsur-unsur yang terdapat dalam cerita. Salah satu unsur intrinsik dalam cerpen adalah latar. Latar merupakan tempat, waktu, suasana, dan lingkungan sosial yang digunakan dalam suatu cerita.

Baca Juga :  , b.Sisi-sisi pada bangun ruang tersebut adalah ... ,... , ... , ... , ... , dan ....,

Berdasarkan penjelasan di atas, suasana yang hendak dibangun adalah latar lingkungan pedesaan. Hal ini dapat dibuktikkan dengan kutipan berikut.
1. Wajah bulan menyembul di atas surau.
2. Aku sedang berdiri di depan surau ….
3. Daun-daun pohon karet yang meninggi di belakang surau ….
4. Separuhnya lagi seperti sedang bersembunyi di balik dedaunan pohon karet.

“surau” merupakan penyebutan masjid oleh masyarakat pedesaan. “pohon karet” menunjukkan perkebunan.
Kutipan kalimat “… gema takbir itu tak henti-hentinya dikumandangkan para jemaah, tua maupun muda, baik lelaki maupun perempuan.” menunjukkan kebersamaan masyarakat di desa. Oleh karena itu, suasana yang hendak dibangun adalah latar lingkungan pedesaan.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.space 

Baca Juga :  Contoh besaran turunan.....


itulah kunci jawaban dan rangkuman mengenai pertanyaan dan pembahasan soal nya. semoga bermanfaat untuk adik dan teman teman semua. nantikan jawaban yang berkualitas lainya hanya di situs faq.co.id ini. Terimakasih semoga dapat nilai yang bagus dan dapat juara kelas ya.

DISCLAIMER

Orangtua dapat mengoreksi kembali jawaban diatas. kunci jawaban ini sebagai bahan referensi dan panduan belajar siswa di rumah. untuk itu siswa dapat memeriksanya kembali apabila ada kesalahan atau penulisan isi jawaban.

Tinggalkan komentar

Faq App

Aplikasi ringan dan simple untuk mencari kunci jawaban pertanyaan yang beredar diinternet. mulai kunci jawaban tingkat sd smp dan sma sederajat. dilengkap dengan pembahasan lengkap dan terbaru. 99% isian jawaban akurat dan mudah dimengerti.

Services

Tentang

Kerjasama

Kebijakan Privasi

Hubungi Kami

faqcoid@gmail.com

Jakarta, Indonesia.