Volume otak , lebih besar daripada , . Perbedaan volume otak tersebut menunjukan bahwa …

kalau kita melihat pertanyaan ini sering tidak menemukan jawaban dan cara penyelesaianya. kita sudah mencarinya kesana sini diinternet. Untuk menyelesaikan pertanyaan yang sulit tersebut, faq.co.id telah menyiapkan soal beserta caranya. Mulai dari kelas 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 juga tersedia secara gratis.

diharapkan dengan adanya jawaban soal ini dapat mempermudah kamu dalam belajar di rumah maupun disekolah saat diberikan tugas oleh bapak/ ibu guru. materi yang disediakan sangat lengkap mulai matematika, ipa, ips, penjaskes, kimia, fisika, ekonomi, dan materi pelajaran lainya. oke teman teman jangan berlama lagi mari simak pertanyaan dan penjelasan lengkapnya dibawah ini ya.

PERTANYAAN :


Volume otak Homo soloensis lebih besar daripada Pithecanthropus mojokertensis. Perbedaan volume  otak tersebut menunjukan bahwa …

  1. Homo soloensis mengalami penyakit microcephalia

  2. Pithecanthropus mojokertensis hidup secara primitif 

  3. Homo soloensis memiliki bentuk kepala besar

  4. Homo soloensis memiliki kecerdasan lebih tinggi

  5. Volume otak Homo soloensis tidak berkembang

Indonesia merupakan salah satu wilayah episentrum penemuan bagi fosil-fosil manusia purba yang hidup pada Masa Praaksara (masa sebelum mengenal tulisan). Di antara beberapa tempat penemuan tersebut terletak di Sangiran, Ngandong, serta Mojokerto. Di daerah-daerah tersebut ditemukan dua jenis manusia purba, yakni Homo soloensis dan Pithecanthropus mojokertensis.

Homo soloensis ditemukan di dua lokasi, tepatnya di Ngandong dan Sangiran, oleh Ter Haar, dan Oppenoorth. Homo soloensis hidup sekitar 900.000-300.000 tahun silam. Adapun beberapa karakteristik fisik dari manusia purba ini:

  1. rangka tengkorak berbentuk lonjong dan tebal,
  2.  gigi geraham besar dan kuat,
  3. tinggi badan 165-180 cm, dan
  4. volume otak 1000-1300 cc.

Sementara Pithecanthropus mojokertensis ditemukan pada tahun 1936 oleh von Koenigswald di Desa Perning, Mojokerto. Adapun beberapa karakteristik fisik manusia purba ini:

  1. bagian kening terlihat menonjol,
  2. memiliki badan yang hampir tegak dengan tinggi 165-180 cm, dan
  3. kapasitas otak berukuran 750-1300 cc.

Dari pengenalan terhadap kedua jenis manusia purba Homo soloensis dan Pithecanthropus mojokertensis, diketahui bahwa terdapat perbedaan yang mencolok, yakni ukuran volume otak. Homo soloensis memiliki volume yang lebih besar sehingga menegaskan bahwa kecerdasan Homo soloensis lebih berkembang. Meski bukan satu-satunya alasan, tetapi salah satu tanda perkembangan hidup manusia purba terkait dengan volume otak. Semakin besar volume otak, kecerdasan dalam memandang persoalan hidup akan semakin berkembang. 

Jadi, opsi jawaban benar adalah D.
 



itulah kunci jawaban dan rangkuman mengenai pertanyaan dan pembahasan soal nya. semoga bermanfaat untuk adik dan teman teman semua. nantikan jawaban yang berkualitas lainya hanya di situs faq.co.id ini. Terimakasih semoga dapat nilai yang bagus dan dapat juara kelas ya.

>>>DISCLAIMER <<<

Orangtua dapat mengoreksi kembali jawaban diatas. kunci jawaban ini sebagai bahan referensi dan panduan belajar siswa di rumah. untuk itu siswa dapat memeriksanya kembali apabila ada kesalahan atau penulisan isi jawaban.

Baca Juga :  Sebutkan ciri-ciri drama!,

Tinggalkan komentar

Faq App

Aplikasi ringan dan simple untuk mencari kunci jawaban pertanyaan yang beredar diinternet. mulai kunci jawaban tingkat sd smp dan sma sederajat. dilengkap dengan pembahasan lengkap dan terbaru. 99% isian jawaban akurat dan mudah dimengerti.

Services

Tentang

Kerjasama

Kebijakan Privasi

Hubungi Kami

faqcoid@gmail.com

Jakarta, Indonesia.