Tuliskan namasenyawa berikut ini.

kalau kita melihat pertanyaan ini sering tidak menemukan jawaban dan cara penyelesaianya. kita sudah mencarinya kesana sini diinternet. Untuk menyelesaikan pertanyaan yang sulit tersebut, faq.co.id telah menyiapkan soal beserta caranya. Mulai dari kelas 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 juga tersedia secara gratis.

diharapkan dengan adanya jawaban soal ini dapat mempermudah kamu dalam belajar di rumah maupun disekolah saat diberikan tugas oleh bapak/ ibu guru. materi yang disediakan sangat lengkap mulai matematika, ipa, ips, penjaskes, kimia, fisika, ekonomi, dan materi pelajaran lainya. oke teman teman jangan berlama lagi mari simak pertanyaan dan penjelasan lengkapnya dibawah ini ya.

PERTANYAAN :

Tuliskan nama senyawa berikut ini.

Cu subscript 2 O

Table of Contents

Jawaban

nama dari senyawa dengan rumus kimia Cu subscript bold 2 O adalah tembaga(I) oksida.


Pembahasan

Senyawa biner dapat terbentuk dari unsur logam dan unsur nonlogam, atau terbentuk dari unsur-unsur nonlogam. Penamaan senyawa biner yang terbentuk dari unsur logam dan unsur nonlogam berhubungan dengan atom-atom yang menyusunnya. Nama logam ditulis lebih dahulu diikuti dengan nama nonlogam dan diberi akhiran -ida. Penamaan senyawa biner yang terbentuk dari unsur-unsur nonlogam berhubungan dengan jenis unsur yang menyusunnya dan jumlah atomnya. Penulisan rumus kimia senyawa biner didahului oleh unsur yang lebih elektro positif dan diikuti oleh unsur yang lebih elektronegatif. 

Penamaan senyawa biner dari unsur logam dan nonlogam mengikuti aturan berikut.

  1. Unsur yang berada di depan (unsur logam) sebagai kation diberi nama sesuai dengan nama unsur tersebut.
  2. Unsur yang berada di belakang (unsur nonlogam) sebagai anion diberi nama sesuai dengan nama unsur tersebut dengan mengganti akhiran unsur menjadi akhiran -ida. 
  3. Penyebutan senyawa dari unsur logam yang mempunyai lebih dari satu bilangan oksidasi disertai muatan kationnya dalam angka Romawi, lalu diikuti nama unsur anion. Kation (ion positif) merupakan unsur logam, sedangkan anion (ion negatif) merupakan unsur nonlogam. Angka Romawi ditulis dalam tanda kurung.

Senyawa dengan rumus kimia Cu subscript 2 O merupakan senyawa biner logam-nonlogam, kationnya adalah ion tembaga dengan muatan +1 atau Cu to the power of plus sign dan anionnya adalah ion oksida atau oksigen dengan muatan -2  open parentheses O to the power of 2 minus sign close parentheses.

2 Cu to the power of plus sign and O to the power of 2 minus sign yields Cu subscript 2 O

Tata nama senyawa tersebut diawali dengan nama tembaga diikuti bilangan oksidasi atau muatannya yaitu tembaga(I) kemudian ditambahkan kata anion oksigen dengan akhiran ida, menjadi oksida. Sehingga, namanya menjadi tembaga(I) oksida.

Jadi, nama dari senyawa dengan rumus kimia Cu subscript bold 2 O adalah tembaga(I) oksida.


itulah kunci jawaban dan rangkuman mengenai pertanyaan dan pembahasan soal nya. semoga bermanfaat untuk adik dan teman teman semua. nantikan jawaban yang berkualitas lainya hanya di situs faq.co.id ini. Terimakasih semoga dapat nilai yang bagus dan dapat juara kelas ya.

>>>DISCLAIMER <<<

Orangtua dapat mengoreksi kembali jawaban diatas. kunci jawaban ini sebagai bahan referensi dan panduan belajar siswa di rumah. untuk itu siswa dapat memeriksanya kembali apabila ada kesalahan atau penulisan isi jawaban.

Tinggalkan komentar