, Tiba di stasiun kereta, aku langsung cari ojek., Entah nasib baik, entah nasib buruk, aku mendapat, tukang ojek yang, astaga, adalah guru sejarahku dulu., “Wah, juragan dari Jakarta pulang kampung,”, beliau menyapa. Aku jadi malu dan salah tingkah., “Bapak tidak keberatan mengantar saya ke rumah?”, Nyaman sekali rasanya diantar pulang Pak Guru, sampai tak terasa ojek sudah berhenti di depan rumah., Ah, aku ingin kasih bayaran yang mengejutkan., Dasar sial. Belum sempat kubuka dompet, beliau, sudah lebih dulu permisi lantas melesat begitu saja., Di teras rumah Ayah sedang tekun membaca koran., Koran tampak capek dibaca Ayah sampai huruf-hurufnya, Berguguran ke lantai, berhamburan ke halaman., Tak ada angin tak ada hujan, Ayah tiba-tiba, bangkit berdiri dan berseru padaku: “Dengan kata lain,, kamu tak akan pernah bisa membayar gurumu.”, (2004),

kalau kita melihat pertanyaan ini sering tidak menemukan jawaban dan cara penyelesaianya. kita sudah mencarinya kesana sini diinternet. Untuk menyelesaikan pertanyaan yang sulit tersebut, faq.co.id telah menyiapkan soal beserta caranya. Mulai dari kelas 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 juga tersedia secara gratis.

diharapkan dengan adanya jawaban soal ini dapat mempermudah kamu dalam belajar di rumah maupun disekolah saat diberikan tugas oleh bapak/ ibu guru. materi yang disediakan sangat lengkap mulai matematika, ipa, ips, penjaskes, kimia, fisika, ekonomi, dan materi pelajaran lainya. oke teman teman jangan berlama lagi mari simak pertanyaan dan penjelasan lengkapnya dibawah ini ya.

PERTANYAAN :


Dengan Kata Lain
Karya: Joko Pinurbo

Tiba di stasiun kereta, aku langsung cari ojek.blank to the power of blank
Entah nasib baik, entah nasib buruk, aku mendapat
tukang ojek yang, astaga, adalah guru sejarahku dulu.
“Wah, juragan dari Jakarta pulang kampung,”
beliau menyapa. Aku jadi malu dan salah tingkah.
“Bapak tidak keberatan mengantar saya ke rumah?”
Nyaman sekali rasanya diantar pulang Pak Guru
sampai tak terasa ojek sudah berhenti di depan rumah.
Ah, aku ingin kasih bayaran yang mengejutkan.
Dasar sial. Belum sempat kubuka dompet, beliau 
sudah lebih dulu permisi lantas melesat begitu saja.
Di teras rumah Ayah sedang tekun membaca koran.
Koran tampak capek dibaca Ayah sampai huruf-hurufnya
Berguguran ke lantai, berhamburan ke halaman.
Tak ada angin tak ada hujan, Ayah tiba-tiba
bangkit berdiri dan berseru padaku: “Dengan kata lain,
kamu tak akan pernah bisa membayar gurumu.”
(2004)space  

Baca Juga :  Jika , dan , adalah konstanta, dan , menyatakan suku , , buktikan bahwa barisan , adalah barisan aritmetika dengan , .

Apakah pesan yang hendak disampaikan dengan puisi tersebut?space  

Pembahasan

Puisi memiliki dua unsur pembangun, yaitu unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik. Unsur intrinsik puisi terdiri atas tema, rasa, nada, amanat/tujuan/maksud, gaya bahasa, rima, tipografi, serta imaji. Adapun, unsur ekstrinsik puisi terdiri atas unsur biografi, nilai, dan sosial. 

Pesan atau amanat puisi adalah sebuah gagasan, refleksi, atau pemaknaan serorang pengarang atas suatu permasalahan yang telah dideskripsikan dan diidentifikasi dalam karyanya.

Baca Juga :  Kawat ABCD dialiri arus listrik 2 ampere, panjang , =10 cm dan berjarak 20 cm dari kawat AB. Hitung gayayang bekerja pada kawat , (anggap kawat , panjangsekali)!, , ,

Pada puisi di atas, pesan yang ingin disampaikan oleh pengarang terlihat jelas pada kutipan:

“Dengan kata lain, kamu tak akan pernah bisa membayar gurumu.”

Melalui kutipan tersebut, dapat disimpulkan bahwa puisi di atas menyampaikan pesan bahwa jasa seorang guru sangatlah besar sehingga murid tidak akan pernah bisa membayar lunas jasa tersebut.   



itulah kunci jawaban dan rangkuman mengenai pertanyaan dan pembahasan soal nya. semoga bermanfaat untuk adik dan teman teman semua. nantikan jawaban yang berkualitas lainya hanya di situs faq.co.id ini. Terimakasih semoga dapat nilai yang bagus dan dapat juara kelas ya.

Baca Juga :  Peran sebagai produsen, konsumen, dan pengatur kegiatan ekonomi dilakukan oleh .... ,

DISCLAIMER

Orangtua dapat mengoreksi kembali jawaban diatas. kunci jawaban ini sebagai bahan referensi dan panduan belajar siswa di rumah. untuk itu siswa dapat memeriksanya kembali apabila ada kesalahan atau penulisan isi jawaban.

Tinggalkan komentar

Faq App

Aplikasi ringan dan simple untuk mencari kunci jawaban pertanyaan yang beredar diinternet. mulai kunci jawaban tingkat sd smp dan sma sederajat. dilengkap dengan pembahasan lengkap dan terbaru. 99% isian jawaban akurat dan mudah dimengerti.

Services

Tentang

Kerjasama

Kebijakan Privasi

Hubungi Kami

faqcoid@gmail.com

Jakarta, Indonesia.