Tentukan persamaan reaksi di bawah ini termasuk reaksi oksidasi atau reduksi!,

kalau kita melihat pertanyaan ini sering tidak menemukan jawaban dan cara penyelesaianya. kita sudah mencarinya kesana sini diinternet. Untuk menyelesaikan pertanyaan yang sulit tersebut, faq.co.id telah menyiapkan soal beserta caranya. Mulai dari kelas 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 juga tersedia secara gratis.

diharapkan dengan adanya jawaban soal ini dapat mempermudah kamu dalam belajar di rumah maupun disekolah saat diberikan tugas oleh bapak/ ibu guru. materi yang disediakan sangat lengkap mulai matematika, ipa, ips, penjaskes, kimia, fisika, ekonomi, dan materi pelajaran lainya. oke teman teman jangan berlama lagi mari simak pertanyaan dan penjelasan lengkapnya dibawah ini ya.

Baca Juga :  Masa pergerakan nasional juga ditandai dengan munculnya organsasi-organisasi perempuan. Organisasi perempuan yang muncul pada masa pergerakan nasional memiliki tujuan...

PERTANYAAN:


Tentukan persamaan reaksi di bawah ini termasuk reaksi oksidasi atau reduksi!

begin mathsize 14px style Mn O subscript 4 to the power of minus sign yields Mn to the power of 2 plus sign end style 

Jawaban

reaksi tersebut merupakan reaksi reduksi.


Pembahasan

Tentukan bilangan oksidasi masing-masing unsur terlebih dahulu berdasarkan aturan penentuan bilangan oksidasi.

Dalam begin mathsize 14px style Mn O subscript 4 to the power of minus sign end style, bilangan oksidasi oksigen sebesar -2 sehingga bilangan oksidasi Mn, yaitu:

begin mathsize 14px style table attributes columnalign right center left columnspacing 0px end attributes row cell left parenthesis 1 cross times bo space Mn right parenthesis plus left parenthesis 4 cross times bo space O right parenthesis end cell equals cell negative sign 1 end cell row cell bo space Mn plus left parenthesis 4 cross times minus sign 2 right parenthesis end cell equals cell negative sign 1 end cell row cell bo space Mn minus sign 8 end cell equals cell negative sign 1 end cell row cell bo space Mn end cell equals cell negative sign 1 plus 8 end cell row cell bo space Mn end cell equals cell plus 7 end cell end table end style 

Dalam begin mathsize 14px style Mn to the power of 2 plus sign end style, bilangan oksidasi Mn sama dengan muatannya, yaitu +2.

Dengan demikian, bilangan oksidasi Mn mengalami penurunan dari +7 menjadi +2. Reaksi yang melibatkan penurunan bilangan oksidasi merupakan reaksi reduksi.

Baca Juga :  ( 1 ) "Dalam keadaan hampir tenggelam seperti kucing itu, dia jelas tidak dapat mendengar ucapan kalian, apalagi dia seorang pejabat tinggi. (2) Tentu dia tidak biasa dengan kata-kata \berikan\,tetapi \terimalah\,(3) Lihat bagaimana aku bisa menyelamatkan nya dengan cepat."(4) Nasrudin maju sambil mengulurkan tangan. (5) Dia pun berkata, "Ayo, Anda terima tanganku.", ,

Jadi, reaksi tersebut merupakan reaksi reduksi.


itulah kunci jawaban dan rangkuman mengenai pertanyaan dan pembahasan soal bahasa inggris. semoga bermanfaat untuk adik dan teman teman semua. nantikan jawaban yang berkualitas lainya hanya di situs faq.co.id ini. Terimakasih semoga dapat nilai yang bagus dan dapat juara kelas ya.

>>>DISCLAIMER <<

Orangtua dapat mengoreksi kembali jawaban diatas. kunci jawaban ini sebagai bahan referensi dan panduan belajar siswa di rumah. untuk itu siswa dapat memeriksanya kembali apabila ada kesalahan atau penulisan isi jawaban.

Baca Juga :  jelaskan mengapa antara pemuda dan Ir. soekarno terjadi ketegangan sebelum pelaksanaan proklamasi kemerdekaan ?

Tinggalkan komentar

Faq App

Aplikasi ringan dan simple untuk mencari kunci jawaban pertanyaan yang beredar diinternet. mulai kunci jawaban tingkat sd smp dan sma sederajat. dilengkap dengan pembahasan lengkap dan terbaru. 99% isian jawaban akurat dan mudah dimengerti.

Services

Tentang

Kerjasama

Kebijakan Privasi

Hubungi Kami

faqcoid@gmail.com

Jakarta, Indonesia.