Tegangan pada kumparan sekunder dan kuat arus listrik pada penghambat, sebesar ….

kalau kita melihat pertanyaan ini sering tidak menemukan jawaban dan cara penyelesaianya. kita sudah mencarinya kesana sini diinternet. Untuk menyelesaikan pertanyaan yang sulit tersebut, faq.co.id telah menyiapkan soal beserta caranya. Mulai dari kelas 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 juga tersedia secara gratis.

diharapkan dengan adanya jawaban soal ini dapat mempermudah kamu dalam belajar di rumah maupun disekolah saat diberikan tugas oleh bapak/ ibu guru. materi yang disediakan sangat lengkap mulai matematika, ipa, ips, penjaskes, kimia, fisika, ekonomi, dan materi pelajaran lainya. oke teman teman jangan berlama lagi mari simak pertanyaan dan penjelasan lengkapnya dibawah ini ya.

PERTANYAAN :

Perhatikan gambar berikut!space 

Tegangan pada kumparan sekunder dan kuat arus listrik pada penghambat R sebesar …. space 

Table of Contents

Jawaban

tegangan pada kumparan sekunder dan kuat arus listrik pada penghambat R sebesar 200 Volt dan 4 Ampere.space 


Pembahasan

Transformator atau trafo merupakan suatu alat yang digunakan untuk memindahkan tenaga listrik antara dua buah rangkaian atau lebih lewat induksi elektromagnetik. Trafo bekerja mengikuti prinsip induksi elektromagnet dan hanya dapat bekerja pada tegangan arus bolak-balik (AC). Trafo juga berfungsi untuk menaikkan atau menurunkan tegangan listrik dari pembangkit listrik PLN ke setiap rumah atau perkantoran.

Di dalam transformator dibuat suatu persamaan atau rumus transformator sebagai berikut:

V subscript p over V subscript s equals N subscript p over N subscript s 

Vp = tegangan pada kumparan primer

Vs = tegangan pada kumparan sekunder

Np = jumlah lilitan pada kumparan primer

Ns = jumlah lilitan pada kumparan sekunder

Pada soal diketahui, Vp = 40 V, Np = 200 lilitan, Ns = 1000 lilitan, Rs = 50 Ohm, maka:

tegangan pada kumparan sekunder

V subscript p over V subscript s equals N subscript p over N subscript s 40 over V subscript s equals 200 over 1000 V subscript s equals fraction numerator 40.000 over denominator 200 end fraction equals 200 space Volt 

kuat arus listrik sekunder

V subscript s equals I subscript s times R subscript s 200 equals I subscript s open parentheses 50 close parentheses I subscript s equals 200 over 50 equals 4 space straight A 

Jadi, tegangan pada kumparan sekunder dan kuat arus listrik pada penghambat R sebesar 200 Volt dan 4 Ampere.space 


itulah kunci jawaban dan rangkuman mengenai pertanyaan dan pembahasan soal nya. semoga bermanfaat untuk adik dan teman teman semua. nantikan jawaban yang berkualitas lainya hanya di situs faq.co.id ini. Terimakasih semoga dapat nilai yang bagus dan dapat juara kelas ya.

>>>DISCLAIMER <<<

Orangtua dapat mengoreksi kembali jawaban diatas. kunci jawaban ini sebagai bahan referensi dan panduan belajar siswa di rumah. untuk itu siswa dapat memeriksanya kembali apabila ada kesalahan atau penulisan isi jawaban.

Tinggalkan komentar