Tahun-tahun akhir ini bukanlah lagi rahasia umum bahwa Adipati Pragola banyak meninggalkan puri untuk latihan-latihan perang bersama pasukannya yang setia. Soalnya beliau bukan pribadi yang begitu saja lunak mengakui kedaulatan Mataram atas wilayah Kadipaten Pati. Manusia halus budiman Adipati Pragola. Bahkan barangkali kepala bagian negara Bumi-Ageng yang tergolong paling halus, pelindung para ulama pantai yang dalam masa pancaroba kala seperti ini tidak terlalu disenangi oleh kalangan istana Mataram. Akan tetapi jiwanya teguh seperti pohon-pohon sana aji yang galih kayunya dianggap keras namun mulia sebagai bahan sayap warangka keris-keris para ksatria.

kalau kita melihat pertanyaan ini sering tidak menemukan jawaban dan cara penyelesaianya. kita sudah mencarinya kesana sini diinternet. Untuk menyelesaikan pertanyaan yang sulit tersebut, faq.co.id telah menyiapkan soal beserta caranya. Mulai dari kelas 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 juga tersedia secara gratis.

diharapkan dengan adanya jawaban soal ini dapat mempermudah kamu dalam belajar di rumah maupun disekolah saat diberikan tugas oleh bapak/ ibu guru. materi yang disediakan sangat lengkap mulai matematika, ipa, ips, penjaskes, kimia, fisika, ekonomi, dan materi pelajaran lainya. oke teman teman jangan berlama lagi mari simak pertanyaan dan penjelasan lengkapnya dibawah ini ya.

PERTANYAAN :

Perhatikan penggalan cerita sejarah berikut!

    Tahun-tahun akhir ini bukanlah lagi rahasia umum bahwa Adipati Pragola banyak me­ninggalkan puri untuk latihan-latihan perang bersama pasukannya yang setia. Soalnya beliau bukan pribadi yang begitu saja lunak mengakui kedaulatan Mataram atas wilayah Kadipaten Pati. Manusia halus budiman Adipati Pragola. Bahkan barangkali kepala bagian negara Bumi-Ageng yang tergolong paling halus, pelindung para ulama pantai yang dalam masa pancaroba kala seperti ini tidak terlalu disenangi oleh kalangan istana Mataram. Akan tetapi jiwanya teguh seperti pohon-pohon sana aji yang galih kayunya dianggap keras namun mulia sebagai bahan sayap warangka keris-keris para ksatria.

(Rara Mendut: Sebuah Trilogi, Y.B. Mangunwijaya)space 

Table of Contents

Jawaban

jawaban yang benar adalah A.space


Pembahasan

Gagasan utama paragraf tersebut membahas tentang Adipati Pragola. Hal tersebut diketahui pada kalimat yang mengandung gagasan utama paragraf berikut:

  • “Tahun-tahun akhir ini bukanlah lagi rahasia umum bahwa Adipati Pragola banyak me­ninggalkan puri untuk latihan-latihan perang bersama pasukannya yang setia.”

Berdasarkan kutipan tersebut, maka secara keseluruhan kutipan novel menceritakan tentang Adipati Pragola.

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah A.space


itulah kunci jawaban dan rangkuman mengenai pertanyaan dan pembahasan soal bahasa inggris. semoga bermanfaat untuk adik dan teman teman semua. nantikan jawaban yang berkualitas lainya hanya di situs faq.co.id ini. Terimakasih semoga dapat nilai yang bagus dan dapat juara kelas ya.

>>>DISCLAIMER <<

Orangtua dapat mengoreksi kembali jawaban diatas. kunci jawaban ini sebagai bahan referensi dan panduan belajar siswa di rumah. untuk itu siswa dapat memeriksanya kembali apabila ada kesalahan atau penulisan isi jawaban.

Tinggalkan komentar