Suatu senyawa organik X bermassa 3 gram dilarutkan dalam 100 mL air dengan suhu , . Jika pada kondisi tersebut tekanan osmotik larutan 2,46 atm, Tentukan massa molekul relatif dari senyawa X tersebut! (Tetapan gas =, )

kalau kita melihat pertanyaan ini sering tidak menemukan jawaban dan cara penyelesaianya. kita sudah mencarinya kesana sini diinternet. Untuk menyelesaikan pertanyaan yang sulit tersebut, faq.co.id telah menyiapkan soal beserta caranya. Mulai dari kelas 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 juga tersedia secara gratis.

diharapkan dengan adanya jawaban soal ini dapat mempermudah kamu dalam belajar di rumah maupun disekolah saat diberikan tugas oleh bapak/ ibu guru. materi yang disediakan sangat lengkap mulai matematika, ipa, ips, penjaskes, kimia, fisika, ekonomi, dan materi pelajaran lainya. oke teman teman jangan berlama lagi mari simak pertanyaan dan penjelasan lengkapnya dibawah ini ya.

Baca Juga :  Apa sih yang dimaksud azas pembuatan undang-undang??

PERTANYAAN:


Suatu senyawa organik X bermassa 3 gram dilarutkan dalam 100 mL air dengan suhu 27 space degree C.  Jika pada kondisi tersebut tekanan osmotik larutan 2,46 atm, Tentukan massa molekul relatif dari senyawa X tersebut! (Tetapan gas = 0 comma 082 space atm forward slash M space degree Cspace

Jawaban

massa molekul relatif dari senyawa X tersebut adalah 300 space


Pembahasan

Proses perpindahan molekul pelarut dari larutan encer ke larutan yang lebih pekat atau dari pelarut murni ke suatu larutan melalui selaput semipermeabel disebut peristiwa osmosis. Peristiwa osmosis akan berlangsung hingga dicapai suatu kesetimbangan atau hingga kedua larutan isotonis. Hal ini ditandai dengan berhentinya perubahan volume larutan. Perbedaan volume dua larutan pada kesetimbangan menghasilkan suatu tekanan yang disebut tekanan osmosis. Tekanan osmosis dapat juga diartikan sebagai tekanan yang diberikan untuk mencegah terjadinya peristiwa osmosis. 

Baca Juga :  Diketahui reaksi H2 + I2menghasilkan 2HI, rumus laju reaksi berdasarkan hasil percobaan ditetapkan v= k(H2)(I2). jika diketahui laju reaksinya=8,12 * 10pangkat minus 4 M/S, (H2)=0,27M dan (I2)=0,35M tetapan laju reaksinya sebesar..................., tolong bantu y

Persamaan tekanan osmosis: 

pi double bond MRT space left parenthesis untuk space larutan space non space elektrolit right parenthesis pi double bond MRT cross times i thin space left parenthesis untuk space larutan space elektrolit right parenthesis 

Keterangan, 

pi = Tekanan osmosis
M = Molaritas
T  = Suhu (Kelvin)
i   = Faktor van hoff.

Karena senyawa tersebut senyawa organik maka tergolong ke dalam larutan non elektrolit sehingga tidak mempunyai faktor van hoff

pi space space space space equals gr over Mr cross times fraction numerator 1000 over denominator mL space end fraction cross times R cross times T 2 comma 46 equals 3 over Mr cross times 1000 over 100 cross times 0 comma 082 cross times left parenthesis 27 plus 273 right parenthesis 2 comma 46 equals 738 over Mr Mr space equals 300 

Jadi massa molekul relatif dari senyawa X tersebut adalah 300 space


itulah kunci jawaban dan rangkuman mengenai pertanyaan dan pembahasan soal bahasa inggris. semoga bermanfaat untuk adik dan teman teman semua. nantikan jawaban yang berkualitas lainya hanya di situs faq.co.id ini. Terimakasih semoga dapat nilai yang bagus dan dapat juara kelas ya.

Baca Juga :  Buah kelapa yang massanya 5kg jatuh dari tangkainnya dengan energi potensial gravitasi 400j ,setelah menempuh jrk 4m dr tangkainya dan g=10m/s2 maka energi potensial gravitasi buah kelapa?

>>>DISCLAIMER <<

Orangtua dapat mengoreksi kembali jawaban diatas. kunci jawaban ini sebagai bahan referensi dan panduan belajar siswa di rumah. untuk itu siswa dapat memeriksanya kembali apabila ada kesalahan atau penulisan isi jawaban.

Tinggalkan komentar

Faq App

Aplikasi ringan dan simple untuk mencari kunci jawaban pertanyaan yang beredar diinternet. mulai kunci jawaban tingkat sd smp dan sma sederajat. dilengkap dengan pembahasan lengkap dan terbaru. 99% isian jawaban akurat dan mudah dimengerti.

Services

Tentang

Kerjasama

Kebijakan Privasi

Hubungi Kami

faqcoid@gmail.com

Jakarta, Indonesia.