Sret … srat … bungkus kurobek dengan terburu-buru. Di dalam bungkus ini ada sebuah kardus. Begituaku bukaaroma harum makanan khas Minang meruap. Jakunku naik turun. Bau yang sangat akrab dan sering aku kangeni. Satu plastik besar rendang padang berwarna hitamkecokelatanaku angkat. Di dalamnya, berisi bongkol-bongkoI daging yang menghitam bercampur dengan kentang-kentang seukuran kelereng bercampur dengan serbuk rendang yang telah mengering. Ini dia rendangkapau asli. Dengan tidak sabar, aku benamkan telunjuk ke dalam plastik itu dan menjilatnya. Hmmm… amboi, rasa yang menerbangkanku kembali ke masa kecilku di Maninjau setiap kali Amak memasak rendang buat kami sekeluarga. Teman sekamarku berteriak girang dan mereka segeramerubung dengan piring kosong terulur ke arahku. Satu potong rendang buat satu orang.,

kalau kita melihat pertanyaan ini sering tidak menemukan jawaban dan cara penyelesaianya. kita sudah mencarinya kesana sini diinternet. Untuk menyelesaikan pertanyaan yang sulit tersebut, faq.co.id telah menyiapkan soal beserta caranya. Mulai dari kelas 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 juga tersedia secara gratis.

diharapkan dengan adanya jawaban soal ini dapat mempermudah kamu dalam belajar di rumah maupun disekolah saat diberikan tugas oleh bapak/ ibu guru. materi yang disediakan sangat lengkap mulai matematika, ipa, ips, penjaskes, kimia, fisika, ekonomi, dan materi pelajaran lainya. oke teman teman jangan berlama lagi mari simak pertanyaan dan penjelasan lengkapnya dibawah ini ya.

PERTANYAAN :


Cermati penggalan novel berikut untuk menjawab soal nomor 6—8!

Baca Juga :  Dan ... ternyata semua hanyasebagiankecil dari umbul-umbul adat. Ya, Siti tak pernah duduk di depan pintu rumah karena takut jadi gadis tua. Siti tak pernah keluar magrib karena Hantu Wewe—yang tak pernah ia lihat—sudah menantidi pohon belimbing di sisi kanan kandang rumahnya. Siti selalu mengibaskan kain ke kasurnya karena tak ingin dipeluk hantu ketika tidur. Siti tak pernah menyisir rambut di luar rumah karena takut dipinang duda atau lelaki yang sudah beristri tiga., Siti mempercayainya. Semuanya. Namun, empat tahun yang lalu, ketika ia harus memamah kenyataan sebagai yatim-piatu, larangan seakan dicipta untuk dirinya. Tak elok anak gadis bersepeda!,

    Sret … srat … bungkus kurobek dengan terburu-buru. Di dalam bungkus ini ada sebuah kardus. Begitu aku buka aroma harum makanan khas Minang meruap. Jakunku naik turun. Bau yang sangat akrab dan sering aku kangeni. Satu plastik besar rendang padang berwarna hitam kecokelatan aku angkat. Di dalamnya, berisi bongkol-bongkoI daging yang menghitam bercampur dengan kentang-kentang seukuran kelereng bercampur dengan serbuk rendang yang telah mengering. Ini dia rendang kapau asli. Dengan tidak sabar, aku benamkan telunjuk ke dalam plastik itu dan menjilatnya. Hmmm… amboi, rasa yang menerbangkanku kembali ke masa kecilku di Maninjau setiap kali Amak memasak rendang buat kami sekeluarga. Teman sekamarku berteriak girang dan mereka segera merubung dengan piring kosong terulur ke arahku. Satu potong rendang buat satu orang.

Baca Juga :  Baca, cermati, dan beri tanda (, untuk , dan beri , untuk , ) pada kalimat berikut., Gaya penahan umumnya dipengaruhi oleh kekuatan batuan dan kepadatan tanah, sedangkan gaya pendorong dipengaruhi oleh besarnya sudut lereng, air, beban, serta berat jenis tanah/batuan.,

(Negeri 5 Menara A. Fuadi)space space space 

Latar tempat yang tergambar pada peristiwa tersebut adalah . . . .space space space 

Jawaban

jawaban yang tepat adalah pilihan E.space space space 


Unsur intinsik dalam novel adalah sebagai berikut.

  1. Tema: inti yang terdapat dalam novel tersebut
  2. Tokoh dan penokohan: menyebutkan siapa tokohnya dan bagaimana karakter/sifat dari tokoh tersebut
  3. Alur/plot: rangkaian kejadian yang terdapat novel
  4. Latar/setting: menyebutkan latar tempat, kejadian, atau suasana yang terdapat dalam novel
  5. Amanat: pesan yang ingin disampaikan penulis
  6. Sudut pandang: bagaimana arah pengarang dalam menyampaikan suatu cerita

Latar tempat dalam teks tersebut adalah di rumah kos. Hal ini terlihat dalam kalimat Teman sekamarku berteriak girang dan mereka Segera merubung dengan piring kosong terulur ke arahku. Satu potong rendang buat satu orang.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan E.space space space 

Baca Juga :  Dear Park Manager,, " Related to the management of Hills Park, I think that cars should be banned in the park. They mustnt be parked along all park roads. The cars should be left in a central car park. We know that Hills Park was built for people, and it wasnt built for automobiles. Most visitors go to the park to get fresh air. Some want to do exercise by cycling, jogging, or walking while enjoying the beauty of the park. Children play here and there with their parents supervision. However, the cars parked along the park roads disturb their freedom. Last week, there was a small accident in the park. A little boy was hit by a car while he was riding his bicycle. Therefore, I do really think that cars should be banned in the park roads. With this ban, joggers, bikers, and pedestrians will have free rein in the park.", Joy Ferdison, 230 Hilsboro, NY


itulah kunci jawaban dan rangkuman mengenai pertanyaan dan pembahasan soal nya. semoga bermanfaat untuk adik dan teman teman semua. nantikan jawaban yang berkualitas lainya hanya di situs faq.co.id ini. Terimakasih semoga dapat nilai yang bagus dan dapat juara kelas ya.

>>>DISCLAIMER <<<

Orangtua dapat mengoreksi kembali jawaban diatas. kunci jawaban ini sebagai bahan referensi dan panduan belajar siswa di rumah. untuk itu siswa dapat memeriksanya kembali apabila ada kesalahan atau penulisan isi jawaban.

Tinggalkan komentar

Faq App

Aplikasi ringan dan simple untuk mencari kunci jawaban pertanyaan yang beredar diinternet. mulai kunci jawaban tingkat sd smp dan sma sederajat. dilengkap dengan pembahasan lengkap dan terbaru. 99% isian jawaban akurat dan mudah dimengerti.

Services

Tentang

Kerjasama

Kebijakan Privasi

Hubungi Kami

faqcoid@gmail.com

Jakarta, Indonesia.