Siasat yang digunakan oleh VOC untuk menguasai Nusantara adalah…

Siasat yang digunakan oleh VOC untuk menguasai Nusantara adalah… – kalau kita melihat pertanyaan ini sering tidak menemukan jawaban dan cara penyelesaianya. kita sudah mencarinya kesana sini diinternet. Untuk menyelesaikan pertanyaan yang sulit tersebut, faq.co.id telah menyiapkan soal beserta caranya. Mulai dari kelas 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 juga tersedia secara gratis.

diharapkan dengan adanya jawaban soal ini dapat mempermudah kamu dalam belajar di rumah maupun disekolah saat diberikan tugas oleh bapak/ ibu guru. materi yang disediakan sangat lengkap mulai sejarah, matematika, ipa, ips, penjaskes, kimia, fisika, ekonomi, dan materi pelajaran lainya . oke teman teman jangan berlama lagi mari simak penjelasan lengkapnya dibawah ini ya.

BACA JUGA : Peristiwa apa yang menjadi latar belakang ditetapkannya Hari Kebangkitan Nasional? Jelaskan alasannya!

BACA JUGA : Budi Utomo dari kata Budi dan Utomo, yang artinya…

PERTANYAAN :

Siasat yang digunakan oleh VOC untuk menguasai Nusantara adalah…

ISI JAWABAN :

Pembahasan :

Kongsi dagang Belanda yang diberi nama Vereenigde Oost Indische Compagnie (VOC) atau dapat disebut dengan “Perserikatan Maskapai Perdagangan Hindia Timur/Kongsi Dagang India Timur”. VOC sendiri secara resmi didirikan di Amsterdam. Adapun tujuan awal dibentuknya VOC ini antara lain untuk:

  1. menghindari persaingan yang tidak sehat antara sesama kelompok/kongsi pedagang Belanda yang telah ada,
  2. memperkuat kedudukan Belanda dalam menghadapi persaingan dengan para pedagang negara lain.

BACA JUGA : Dalam perjuangan meraih kemerdekaan Indonesia, kebangkitan nasional mengandung makna …

BACA JUGA : Pada setuju tidak sama OPM kalau setuju berikan alasannya

BACA JUGA : Besamya pengaruh pergerakan Budi Utomo yang merupakan organisasi pertama di Indonesia yang bersifat nasional berbentuk modern, pada tanggal 20 Mei 1948 ditetapkansebagai hari kebangkitan nasional oleh…

Tetapi tujuan awal VOC ini telah berubah, pada akhirnya VOC semakin serakah dan justru bernafsu untuk menguasai Nusantara yang kaya akan rempah-rempah ini. Tindakan intervensi politik terhadap kerajaan-kerajaan di Nusantara dan pemaksaan monopoli perdagangan mulai dilakukan. Politik devide et impera dan berbagai tipu daya juga dilaksanakan demi mendapatkan kekuasaan dan keuntungan sebesar-besarnya. Politik devide et impera atau politik adu domba adalah siasat atau kombinasi strategi politik, militer, dan ekonomi yang bertujuan mendapatkan dan menjaga kekuasaan dengan cara memecah kelompok besar menjadi kelompok-kelompok kecil yang lebih mudah ditaklukkan. Melalui devide et impera, pemerintah kolonial Belanda berhasil menguasai Nusantara dengan cara memecah belah kerajaan-kerajaan yang ada saat itu. Sebagai contoh, Mataram yang merupakan kerajaan kuat di Jawa akhirnya juga dapat dikendalikan secara penuh oleh VOC. Hal ini terjadi setelah dengan tipu muslihat VOC, Raja Pakubuwana II yang sedang dalam keadaan sakit keras dipaksa untuk menandatangani naskah penyerahan kekuasaan Kerajaan Mataram kepada VOC pada tahun 1749. Tidak hanya kerajaan-kerajaan di Jawa, kerajaan-kerajaan di luar Jawa berusaha ditaklukkan. Untuk memperkokoh kedudukannya di Indonesia bagian barat dan memperluas pengaruhnya di Sumatera, VOC berhasil menguasai Malaka setelah mengalahkan saingannya, Portugis pada tahun 1641. Berikutnya VOC berusaha meluaskan pengaruhnya ke Aceh. Kerajaan Makassar di bawah Sultan Hasanuddin yang tersohor di Indonesia bagian timur juga berhasil dikalahkan setelah terjadi Perjanjian Bongaya tahun 1667. Dari Makasar VOC juga berhasil memaksakan kontrak dan monopoli perdagangan dengan Raja Sulaiman dari Kalimantan Selatan. Sementara jauh sebelum itu yakni tahun 1605 VOC sudah berhasil mengusir Portugis dari Ambon. VOC menjadi berjaya setelah berhasil melakukan monopoli perdagangan rempah-rempah di Kepulauan Maluku. Untuk mengendalikan pelaksanaan monopoli di kawasan ini dilaksanakan Pelayaran Hongi.

Berdasarkan penjelasan di atas maka jawabannya adalah devide et impera.

itulah kunci jawaban dan rangkuman mengenai pertanyaan Siasat yang digunakan oleh VOC untuk menguasai Nusantara adalah… dan pembahasan soalnya. semoga bermanfaat untuk adik dan teman teman semua. nantikan jawaban lainya hanya di situs faq.co.id ini.

Terimakasih semoga dapat nilai yang bagus dan dapat juara kelas ya.

Tinggalkan komentar