Siang itu mendung tebal masihmenggelayut di wajah GadisCikInam. Matanya yang biasanya bersinar cemerlang, siang itu tampak redup oleh sisa-sisa air mata yang masih menggenang. MudaCik Lemanmerasa iba melihatnya. Perempuan itu duduk bersimpuh, tertunduk lesu berseberangan tikar pacar dihadapannya., Mereka baru saja selesai makan siang. Namun, gadisCikInam tidakmakan sama sekali, dan MudaCikLeman pun hanya makan sedikit. MudaCikLeman berusaha tetap tenang, tetapi tak kuasa. Tanpa disadari ia menjadi gugup. Dadanya berdeburan, tetapi ia berusaha menyembunyikannya. Ramalan ahli nujum Kerajaan Galangan terus menghantuinya. Ia khawatir GadisCikInam ingat ramalan itu., Sesudah mencuci tangannya, MudaCikLemanmemandang istrinya yang masih menunduk. MudaCikLeman menghempaskan napas cukup keras.GadisCik Inamtetap menunduk, tak kuasa mengangkat kepalanya., “Bung Lung Cik Inam,” sapa Muda Cik Leman dengan suara lirihkarena tersekat ditenggorokannya. Gadis Cik Inam mengangkat wajahnya. Dengan ujung baju kurungnya, GadisCikInam melap matanya yang basah oleh air mata. Dengan matanya yang sayu dan bolot, ia membalas tatapan mata suaminya. Lalu sepasang matanya itu bersiborok pandang.Gadis Cik Inam tak kuasa menahan kesedihannya. Air bening kembali melimbak memenuhi pelupuk matanya. Lalu butir-butir air itu menggelinding pelan-pelan ke pipinya. Tak sepatah kata pun keluar dari celah bibirnya yang indah., “Mimpimu memang menyiratkan firasat buruk, Bung Lung Inam,” desis Muda Cik Lemanlirih.Ia memang tak kuasa melepaskan suaranya.Iapikir lebih baikberterus terang kepada istrinya. Lebih baik kecemasan itu mereka pikul bersama., Gadis Cik Inam tak menanggapi. Sepasangmatanya sembab membalas tatapan mata suaminya. Air mata semakin deras melimbak keluar dari balik kelopak matanya, lalu berguling-gulingdipipinya.

kalau kita melihat pertanyaan ini sering tidak menemukan jawaban dan cara penyelesaianya. kita sudah mencarinya kesana sini diinternet. Untuk menyelesaikan pertanyaan yang sulit tersebut, faq.co.id telah menyiapkan soal beserta caranya. Mulai dari kelas 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 juga tersedia secara gratis.

diharapkan dengan adanya jawaban soal ini dapat mempermudah kamu dalam belajar di rumah maupun disekolah saat diberikan tugas oleh bapak/ ibu guru. materi yang disediakan sangat lengkap mulai matematika, ipa, ips, penjaskes, kimia, fisika, ekonomi, dan materi pelajaran lainya. oke teman teman jangan berlama lagi mari simak pertanyaan dan penjelasan lengkapnya dibawah ini ya.

PERTANYAAN :


    Siang itu mendung tebal masih menggelayut di wajah Gadis Cik Inam. Matanya yang biasanya bersinar cemerlang, siang itu tampak redup oleh sisa-sisa air mata yang masih menggenang. Muda Cik Leman merasa iba melihatnya. Perempuan itu duduk bersimpuh, tertunduk lesu berseberangan tikar pacar di hadapannya.

     Mereka baru saja selesai makan siang. Namun, gadis Cik Inam tidak makan sama sekali, dan Muda Cik Leman pun hanya makan sedikit. Muda Cik Leman berusaha tetap tenang, tetapi tak kuasa. Tanpa disadari ia menjadi gugup. Dadanya berdeburan, tetapi ia berusaha menyembunyikannya. Ramalan ahli nujum Kerajaan Galangan terus menghantuinya. Ia khawatir Gadis Cik Inam ingat ramalan itu.

    Sesudah mencuci tangannya, Muda Cik Leman memandang istrinya yang masih menunduk. Muda Cik Leman menghempaskan napas cukup keras. Gadis Cik Inam tetap menunduk, tak kuasa mengangkat kepalanya.

    “Bung Lung Cik Inam,” sapa Muda Cik Leman dengan suara lirih karena tersekat di tenggorokannya. Gadis Cik Inam mengangkat wajahnya. Dengan ujung baju kurungnya, Gadis Cik Inam melap matanya yang basah oleh air mata. Dengan matanya yang sayu dan bolot, ia membalas tatapan mata suaminya. Lalu sepasang matanya itu bersiborok pandang. Gadis Cik Inam tak kuasa menahan kesedihannya. Air bening kembali melimbak memenuhi pelupuk matanya. Lalu butir-butir air itu menggelinding pelan-pelan ke pipinya. Tak sepatah kata pun keluar dari celah bibirnya yang indah.

Baca Juga :  Diketahui deret geometri dengan, dan, . Hitung nilai, .

    “Mimpimu memang menyiratkan firasat buruk, Bung Lung Inam,” desis Muda Cik Leman lirih. Ia memang tak kuasa melepaskan suaranya. Ia pikir lebih baik berterus terang kepada istrinya. Lebih baik kecemasan itu mereka pikul bersama.

    Gadis Cik Inam tak menanggapi. Sepasang matanya sembab membalas tatapan mata suaminya. Air mata semakin deras melimbak keluar dari balik kelopak matanya, lalu berguling-guling di pipinya.

(Dikutip dari: Sudarno Mahyudin, Hikayat Muda Cik Leman, Yogyakarta, Yayasan Putra Jaya bekerja sama dengan Balai Kajian dan Pengembangan Budaya Melayu, 2006)space 

Tentukan majas yang terdapat dalam kutipan hikayat tersebut!space 

Jawaban

majas yang terdapat pada kutipan hikayat di atas adalah majas personifikasi dan majas hiperbola.space 


Hikayat adalah karya sastra lama Melayu berbentuk prosa yang berisi cerita, undang-undang, dan silsilah bersifat rekaan, keagamaan, historis, biografis, atau gabungan sifat-sifat itu, dibaca untuk pelipur lara, pembangkit semangat juang, atau sekadar untuk meramaikan pesta. Dalam penyusunannya terdapat penggunaan majas, yaitu bentuk gaya bahasa untuk mendapatkan suasana dalam sebuah kalimat agar semakin hidup. 

Baca Juga :  Pada masa Demokrasi Liberal/ Parlementer timbul pergolakan di beberapa daerah, seperti pemberontakan DI/TII, APRA, Andi Aziz, MS, PRRI, dan Permesta. Menurut telaahmu, bagaimana cara pemerintah NKRI menumpas gerakan separatis tersebut?

Berikut ini adalah jenis dan contoh majas yang terdapat dalam suatu hikayat.

  • Majas perbandingan : metafora (majas yang mengungkapkan sesuatu secara langsung tanpa menggunakan ungkapan pembanding), simile (majas yang mengungkapkan sesuatu secara tidak langsung dengan perbandingan eksplisit yang dinyatakan dengan ungkapan pembanding), personifikasi (majas yang menyatakan benda mati sebagai sesuatu yang seolah-olah hidup layaknya manusia), dan hiperbola (majas yang mengandung pernyataan dengan cara melebih-lebihkan sesuatu dari apa yang sebenarnya.).
  • Majas sindiran : ironi (majas sindiran secara tidak langsung, yang mana menggunakan ungkapan kebaikan dari hal yang dipermasalahkan) dan sinisme (majas sindiran secara langsung atau tidak menggunakan ungkapan lain)​.​​​​​​
  • Majas penegasan : repetisi (majas pengulangan suatu ungkapan sebagai bentuk penegasan) dan pleonasme (majas yang menambahkan keterangan pada pernyataan yang sudah jelas sebagai bentuk penegasan).

Berikut adalah beberapa majas yang terdapat pada kutipan hikayat di atas:

  • Majas personifikasi: “Siang itu mendung tebal masih menggelayut di wajah Gadis Cik Inam.” > mendung tebal merupakan benda tak hidup, namun dalam hikayat ini digambarkan dapat bergerak melalui kata menggelayut. Ungkapan mendung tebal masih menggelayut ini digunakan untuk menyatakan kesedihan yang masih dirasakan oleh Cik Inam.
  • Majas hiperbola:
  1. Lalu butir-butir air itu menggelinding pelan-pelan ke pipinya.” > butir-butir air itu menggelinding merupakan ungkapan yang menggambarkan bahwa butir air mata jatuh ke pipinya. Ungkapan ini termasuk ke dalam majas hiperbola karena menggunakan rangkaian ungkapan untuk menjelaskan suatu makna.
  2. Air mata semakin deras melimbak keluar dari balik kelopak matanya, lalu berguling-guling di pipinya.” > Dalam ungkapan ini terdapat bentuk kata yang berlebihan, yaitu pada kata deras dan melimbak (dalam jumlah yang besar) untuk mengungkapkan dalam jumlah yang besar. Kemudian, ungkapan berlebihan juga terdapat pada frasa lalu berguling-guling di pipinya untuk menjelaskan bahwa air mata tersebut jatuh ke pipinya.
Baca Juga :  Complete the sentence using your own words, 1. When I watch dancing festival,........................., 2. After buying the entry tickets ..........................., 3. ......................, before Tiara gets out of the gallery, 4. ..............................., after he receives the entry ticket., 5. Before the dancers present their performance,......................., 6. ................................., when the show is over., 7. ..................................., after all viewers go out of the art center , 8. When the musicians play the music instruments,................................

Dengan demikian majas yang terdapat pada kutipan hikayat di atas adalah majas personifikasi dan majas hiperbola.space 


itulah kunci jawaban dan rangkuman mengenai pertanyaan dan pembahasan soal nya. semoga bermanfaat untuk adik dan teman teman semua. nantikan jawaban yang berkualitas lainya hanya di situs faq.co.id ini. Terimakasih semoga dapat nilai yang bagus dan dapat juara kelas ya.

DISCLAIMER

Orangtua dapat mengoreksi kembali jawaban diatas. kunci jawaban ini sebagai bahan referensi dan panduan belajar siswa di rumah. untuk itu siswa dapat memeriksanya kembali apabila ada kesalahan atau penulisan isi jawaban.

Tinggalkan komentar

Faq App

Aplikasi ringan dan simple untuk mencari kunci jawaban pertanyaan yang beredar diinternet. mulai kunci jawaban tingkat sd smp dan sma sederajat. dilengkap dengan pembahasan lengkap dan terbaru. 99% isian jawaban akurat dan mudah dimengerti.

Services

Tentang

Kerjasama

Kebijakan Privasi

Hubungi Kami

faqcoid@gmail.com

Jakarta, Indonesia.