Siang itu kami bermain-main di antara bunga-bunga. Kakek bercerita banyak tentang bunga. Satu per satu menguraikan dari mana bibit bunga, memelihara, mengawinkan. Kami asyik sekali. Pengetahuannya tentang bunga sungguh mengagumkan. Bunga-bunga tanaman kakek memenuhi halaman muka, samping belakang, dan di dalam rumah. Rumah itu adalah taman bunga., “Rumah ini,”katanya, “sebagian kecil dari sorga.”, Sore itu aku pulang dengan bunga-bunga di tangan. Aku kembali lewat pagar tembok. Kakek mengantarku ke tangga, memegangku erat. “Hati-hati, Cucu,”dan ia menepukku pelan. Di atas pagar aku berdiri, mencium bunga di tangan. Melambai pada kakek lalu menuruni pohon kates. Aku berlari kecil menyembunyikan bunga., Sampai di pintu, ayahku sudah berdiri di sana. Aku tersadar, hari telah sore dan lupa mengaji., “Engkau harus mengaji, tahu. Dari mana?” Ayah menegur dengan suara berat dan dingin., Aku berdiri saja. lngin aku menyembunyikan setelitinya bunga-bunga di tanganku. Ayah terlanjur melihat. Aku diam. Ayah tidak suka dibantah., ,

kalau kita melihat pertanyaan ini sering tidak menemukan jawaban dan cara penyelesaianya. kita sudah mencarinya kesana sini diinternet. Untuk menyelesaikan pertanyaan yang sulit tersebut, faq.co.id telah menyiapkan soal beserta caranya. Mulai dari kelas 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 juga tersedia secara gratis.

diharapkan dengan adanya jawaban soal ini dapat mempermudah kamu dalam belajar di rumah maupun disekolah saat diberikan tugas oleh bapak/ ibu guru. materi yang disediakan sangat lengkap mulai matematika, ipa, ips, penjaskes, kimia, fisika, ekonomi, dan materi pelajaran lainya. oke teman teman jangan berlama lagi mari simak pertanyaan dan penjelasan lengkapnya dibawah ini ya.

PERTANYAAN :


Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 1-3.

Siang itu kami bermain-main di antara bunga-bunga. Kakek bercerita banyak tentang bunga. Satu per satu menguraikan dari mana bibit bunga, memelihara, mengawinkan. Kami asyik sekali. Pengetahuannya tentang bunga sungguh mengagumkan. Bunga-bunga tanaman kakek memenuhi halaman muka, samping belakang, dan di dalam rumah. Rumah itu adalah taman bunga.

“Rumah ini,”katanya, “sebagian kecil dari sorga.”

Sore itu aku pulang dengan bunga-bunga di tangan. Aku kembali lewat pagar tembok. Kakek mengantarku ke tangga, memegangku erat. “Hati-hati, Cucu,” dan ia menepukku pelan. Di atas pagar aku berdiri, mencium bunga di tangan. Melambai pada kakek lalu menuruni pohon kates. Aku berlari kecil menyembunyikan bunga.

Baca Juga :  1.ciri-ciri plamet bumi antara lain......, 2.ciri-ciri planet mars antara lain......., 3.yang dimaksud dengan planet dalam adalah......, 4.yang termasuk planet dalam adalah........, 5.yang dimaksud planet luar adalah........., 6.yang termasuk planet luar adalah........., 7.yang dimaksud dengan planet jovian adalah........, 8.jelaskan bunyi eori geosentris adalah.........., 9.jelaskan bunyi teori helio sentris adalah.........., 10.sebutkan ciri-ciri planet saturnus antara lain................

Sampai di pintu, ayahku sudah berdiri di sana. Aku tersadar, hari telah sore dan lupa mengaji.

“Engkau harus mengaji, tahu. Dari mana?” Ayah menegur dengan suara berat dan dingin.

Aku berdiri saja. lngin aku menyembunyikan setelitinya bunga-bunga di tanganku. Ayah terlanjur melihat. Aku diam. Ayah tidak suka dibantah.space space 

Cerpen “Dilarang Mencintai Bunga-Bunga” karya Kuntowijoyo

Fitur bahasa yang dominan digunakan dalam cerpen tersebut adalah ….space 

Jawaban

jawaban yang tepat adalah C.space space 


Cerpen atau cerita pendek merupakan karya prosa fiksi dengan cerita yang padat, sehingga cerpen tidak memiliki banyak tokoh serta alur cerita singkat. Cerpen memiliki fitur kebahasaan. Fitur kebahasaan adalah unsur-unsur bahasa yang membangun teks tersebut. Berikut penjelasan dari fitur kebahasaan dalam teks cerpen.

  1. Peribahasa, yaitu suatu ungkapan yang ringkas dan padat, berisikan nasihat, aturan, prinsip hidup, perbandingan serta perumpamaan.
  2. Kata simbolis adalah kata yang melambangkan sesuatu yang pengertiannya tidak harfiah atau sesuai kamus. Mengandung unsur kiasan dan makna tertentu.
  3. Kata sandang, kata yang tidak memiliki makna. Kata sandang sendiri hanya dipakai sebagai penjelas kata-kata yang ada di depannya. Misalnya, Si, Sang, Para, Umat, Yang, Hyang, dan Sri.
  4. Kalimat minor, yaitu kalimat yang tidak lengkap, yakni kalimat dengan unsur-unsur yang tidak lengkap. Misalnya, slogan Merdeka atau mati!
  5. Majas, yaitu gaya bahasa yang digunakan oleh penulis yang bertujuan menumbuhkan imajinasi pembaca. Majas sifatnya khas.
Baca Juga :  Jelaskan persamaan dan perbedaan DNA dengan RNA ...

Berdasarkan teori di atas, gaya bahasa yang dominan dalam kutipan cerpen di atas adalah penggunaan kata simbolis. Kata simbolis ini terlihat pada kutipan kalimat “Bunga-bunga tanaman Kakek memenuhi halaman muka, samping belakang, dan di dalam rumah.”, “Rumah ini,”katanya, “sebagian kecil dari sorga”, “Ayah menegur dengan suara berat dan dingin.” Kata simbolis adalah kata yang melambangkan sesuatu yang pengertiannya tidak harfiah atau sesuai kamus. Kalimat halaman muka, sebagian kecil dari sorga dan suara yang berat dan dingin merupakan kata simbolis. halaman muka melambangkan halaman depan atau teras. sebagian kecil dari sorga melambangkan keindahan, suara berat dan dingin melembangkan kemarahan

Baca Juga :  , Ten tons (, ) a heavyload.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.space space 


itulah kunci jawaban dan rangkuman mengenai pertanyaan dan pembahasan soal nya. semoga bermanfaat untuk adik dan teman teman semua. nantikan jawaban yang berkualitas lainya hanya di situs faq.co.id ini. Terimakasih semoga dapat nilai yang bagus dan dapat juara kelas ya.

DISCLAIMER

Orangtua dapat mengoreksi kembali jawaban diatas. kunci jawaban ini sebagai bahan referensi dan panduan belajar siswa di rumah. untuk itu siswa dapat memeriksanya kembali apabila ada kesalahan atau penulisan isi jawaban.

Tinggalkan komentar

Faq App

Aplikasi ringan dan simple untuk mencari kunci jawaban pertanyaan yang beredar diinternet. mulai kunci jawaban tingkat sd smp dan sma sederajat. dilengkap dengan pembahasan lengkap dan terbaru. 99% isian jawaban akurat dan mudah dimengerti.

Services

Tentang

Kerjasama

Kebijakan Privasi

Hubungi Kami

faqcoid@gmail.com

Jakarta, Indonesia.