Selama masa pendidikan di SMPNegeri 5 Bandung, saya mengikutikegiatan ekstrakurikuler bela diri, yaitupencak silat. Saya juga aktif mengikutibimbingan belajar. Kedua hal ini sangatmenunjang kemampuan belajar …. pembagian waktu saya selama dudukdi bangku SMP.Melalui kegiatan ekstrakurikuler pencaksilat, saya berhasil mendapatkan 3medali emas dan 4 medali perak.Ketujuh medali ini berhasil saya raihmelalui Iomba tingkat daerah hinggatingkat nasional.,

kalau kita melihat pertanyaan ini sering tidak menemukan jawaban dan cara penyelesaianya. kita sudah mencarinya kesana sini diinternet. Untuk menyelesaikan pertanyaan yang sulit tersebut, faq.co.id telah menyiapkan soal beserta caranya. Mulai dari kelas 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 juga tersedia secara gratis.

diharapkan dengan adanya jawaban soal ini dapat mempermudah kamu dalam belajar di rumah maupun disekolah saat diberikan tugas oleh bapak/ ibu guru. materi yang disediakan sangat lengkap mulai matematika, ipa, ips, penjaskes, kimia, fisika, ekonomi, dan materi pelajaran lainya. oke teman teman jangan berlama lagi mari simak pertanyaan dan penjelasan lengkapnya dibawah ini ya.

PERTANYAAN :


Cermatilah penggalan biografi ini untuk menjawab soal nomor 19 s.d. 21! 

Selama masa pendidikan di SMP Negeri 5 Bandung, saya mengikuti kegiatan ekstrakurikuler bela diri, yaitu pencak silat. Saya juga aktif mengikuti bimbingan belajar. Kedua hal ini sangat menunjang kemampuan belajar ….  pembagian waktu saya selama duduk di bangku SMP. Melalui kegiatan ekstrakurikuler pencak silat, saya berhasil mendapatkan 3 medali emas dan 4 medali perak. Ketujuh medali ini berhasil saya raih melalui Iomba tingkat daerah hingga tingkat nasional.space 

Jawaban

jawaban yang benar adalah pilihan A.space 


Pembahasan

Teks biografi adalah teks yang berisikan kisah suatu tokoh dalam mengarungi kehidupannya. Teks ini ditulis oleh seseorang agar tokoh tersebut dapat diteladani banyak orang. Penulisan kisah hidup tokoh mencakup permasalahan yang pernah dihadapi maupun kelebihan-kelebihan tokoh yang dapat menginspirasi. 

Autobiografi adalah biografi yang ditulis oleh seorang tokoh tentang perjalanan kehidupan pribadi yang dialaminya. Umumnya ditulis dimulai dari masa kecil sampai waktu yang ditentukan oleh penulis itu sendiri.

Struktur teks autobiografi terdiri atas tiga bagian, yaitu:

  1. Orientasi, merupakan bagian awal dari teks autobiografi. Bagian ini mencakup pengenalan tokoh dan latar belakang kisah atau peristiwa yang akan diceritakan pada bagian selanjutnya. Orientasi berfungsi untuk memudahkan pembaca dalam memahami informasi dasar mengenai peristiwa yang diceritakan. Bagian ini juga merupakan pengantar sebelum masuk ke pembahasan yang lebih rinci.
  2. Peristiwa penting atau rangkaian peristiwa, merupakan bagian yang menceritakan tentang rangkaian peristiwa, yaitu kejadian-kejadian utama yang dialami tokoh. Bagian ini disusun secara kronologis sesuai urutan waktu. Terkadang, penulis juga menyertakan beberapa komentar pada bagian-bagian tertentu dalam kronologi peristiwa. Bagian ini merupakan inti dari teks autobiografi karena pada bagian inilah pembaca dapat mengambil hikmah dan teladan dari kisah hidup tokoh.
  3. Reorientasi, yaitu bagian ini berisi komentar atau pernyataan simpulan mengenai rangkaian peristiwa yang telah diceritakan sebelumnya. Reorientasi berperan sebagai penutup pada teks autobiografi dan bersifat opsional. Bagian ini memudahkan pembaca dalam memahami peristiwa yang telah diceritakan dan memahami alasan tokoh tersebut patut dijadikan teladan bagi banyak orang.
Baca Juga :  , " Petra, the world wonder, is without a doubt Jordans most valuable treasure and greatest tourist attraction. It is a vast, unique city, carved into the sheer rock face by the Nabataeans, industrious Arab people who settled here more than 2000 years ago, turning it into an important junction for the silk, spice and other trade routes that linked China, India and southern Arabia with Egypt, Syria, Greece and Rome.", Entrance to the city is through the Siq, a narrow gorge, over 1 km long, which is flanked on either side by soaring 80 m high cliffs. Just walking through the Siq is an experience in itself. The colors and formations of the rocks are dazzling. As you reach the end of the Siq, you will catch your first glimpse of Al-Khazneh (Treasury)., This is an awe-inspiring experience. A massive facade, 30 m wide and 43 m high, carved out of the sheer, dusky pink rock-face and dwarfing everything around it. It was carved in the early 1st century as the tomb of an important Nabataean king and represents the engineering genius of these ancient people., The Treasury is merely the first of the many wonders that make up Petra. You will need at least four or five days to really explore everything here. As you enter the Petra valley, you will be overwhelmed by the natural beauty of this place and its outstanding architectural achievements. There are hundreds of elaborate rock-cut tombs with intricate carvings-unlike the houses, which were destroyed mostly by earthquakes, the tombs were carved to last throughout the afterlife and 500 have survived, empty but bewitching as you file past their dark openings. Here also is a massive Nabataean-built, Roman-style theater, which could seat 3.000 people. There are obelisks, temples, sacrificial altars and colonnaded streets, and high above, overlooking the valley, is the impressive Ad-Deir Monastery-a flight of 800 rock cut steps takes you there., " Within the site are also two excellent museums; the Petra Archaeological Museum and Petra Nabataean Museum, both of which represent finds from excavations in the Petra region and an insight into Petras colorful past."

Berdasarkan kutipan:
Melalui kegiatan ekstrakurikuler pencak silat, saya berhasil mendapatkan 3 medali emas dan 4 medali perak. Ketujuh medali ini berhasil saya raih melalui Iomba tingkat daerah hingga tingkat nasional.

Kutipan tersebut merupakan salah satu bagian dari autobiografi yang menerangkan mengenai kejadian yang dialami oleh tokoh dan diceritakan secara runtut. Runtutan peristiwa dimulai dari tokoh yang mengikuti ekstrakurikuler dan bimbingan belajar hingga melalui kegiatan ekstrakurikuler pencak silat, tokoh berhasil mendapatkan 3 medali emas dan 4 medali perak.

Baca Juga :  Apa yang anda ketahui tentang kalamakara.....

Berdasarkan penjelasan di atas, penggalan teks biografi tersebut termasuk ke dalam bagian rangkaian peristiwa.

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah pilihan A.space 


itulah kunci jawaban dan rangkuman mengenai pertanyaan dan pembahasan soal nya. semoga bermanfaat untuk adik dan teman teman semua. nantikan jawaban yang berkualitas lainya hanya di situs faq.co.id ini. Terimakasih semoga dapat nilai yang bagus dan dapat juara kelas ya.

DISCLAIMER

Orangtua dapat mengoreksi kembali jawaban diatas. kunci jawaban ini sebagai bahan referensi dan panduan belajar siswa di rumah. untuk itu siswa dapat memeriksanya kembali apabila ada kesalahan atau penulisan isi jawaban.

Tinggalkan komentar

Faq App

Aplikasi ringan dan simple untuk mencari kunci jawaban pertanyaan yang beredar diinternet. mulai kunci jawaban tingkat sd smp dan sma sederajat. dilengkap dengan pembahasan lengkap dan terbaru. 99% isian jawaban akurat dan mudah dimengerti.

Services

Tentang

Kerjasama

Kebijakan Privasi

Hubungi Kami

faqcoid@gmail.com

Jakarta, Indonesia.