Selain dapat mempercepat pembekuan, nukleator juga menjadi pengikat antaruap air sehingga partikel air yang sudah tidak murni dan menyatu dengan partikel air lainnya dapat membentuk kristal yang lebih besar. Selanjutnya, ini akan menciptakan hujan salju jika temperature udaranya tidak melelehkan kristal es tersebut. Kristal es yang meleleh karena temperature akan jatuh ke tanah sebagai air hujan air. Di sisi lain, kristal es tersebut dapat membentuk bola es kecil yang akan menciptakan hujan es. Dengan demikian, proses turunnya hujan selalu dimulai dengan salju pada beberapa saat., Karena iklim di Indonesia tropis, boleh jadi menyebabkan temperature udara pada proses kristalisasi tidak cukup rendah atau tidak ada nukleator yang mempercepat pembekuan sehingga hujan yang turun hanya berupa air. Namun, hal tersebut bukan berarti bahwa di Indonesia tidak ada salju. Di Barisan Sudirman yang berada di Provinsi Papua, terdapat salju abadi yang sudah ada sejak tahun 1623. Hal ini tentu saja berbeda dengan fenomena hujan salju. Dengan demikian, hujan salju memang hanya dapat terjadi di wilayah subtropis dan kutub., Beberapa fenomena yang mirip juga terjadi di beberapa daerah lain di Indonesia. Sebagai contoh, fenomena hujan bongkahan es di daerah Pasar Rebo, Jakarta Timur. Fenomena ini cukup menggemparkan warga sekitar yang bahkan mengaitkannya dengan hal-hal mistis. Padahal, semuanya adalah fenomena alam yang dapat dijelaskan secara ilmiah.,

kalau kita melihat pertanyaan ini sering tidak menemukan jawaban dan cara penyelesaianya. kita sudah mencarinya kesana sini diinternet. Untuk menyelesaikan pertanyaan yang sulit tersebut, faq.co.id telah menyiapkan soal beserta caranya. Mulai dari kelas 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 juga tersedia secara gratis.

diharapkan dengan adanya jawaban soal ini dapat mempermudah kamu dalam belajar di rumah maupun disekolah saat diberikan tugas oleh bapak/ ibu guru. materi yang disediakan sangat lengkap mulai matematika, ipa, ips, penjaskes, kimia, fisika, ekonomi, dan materi pelajaran lainya. oke teman teman jangan berlama lagi mari simak pertanyaan dan penjelasan lengkapnya dibawah ini ya.

PERTANYAAN :


Bacalah kutipan teks berikut!

Nukleator

     Selain dapat mempercepat pembekuan, nukleator juga menjadi pengikat antaruap air sehingga partikel air yang sudah tidak murni dan menyatu dengan partikel air lainnya dapat membentuk kristal yang lebih besar. Selanjutnya, ini akan menciptakan hujan salju jika temperature udaranya tidak melelehkan kristal es tersebut. Kristal es yang meleleh karena temperature akan jatuh ke tanah sebagai air hujan air. Di sisi lain, kristal es tersebut dapat membentuk bola es kecil yang akan menciptakan hujan es. Dengan demikian, proses turunnya hujan selalu dimulai dengan salju pada beberapa saat.

Baca Juga :  Dalam jangka pendek terdapat tiga kemungkinan dalam corak kegiatan perusahaan, yaitu 1) mendapat keuntungan normal 2) mengalami kerugian 3) menutup perusahaan. terangkan maksud pernyataan ini dalam persaingan sempurna !Trimakasih

     Karena iklim di Indonesia tropis, boleh jadi menyebabkan temperature udara pada proses kristalisasi tidak cukup rendah atau tidak ada nukleator yang mempercepat pembekuan sehingga hujan yang turun hanya berupa air. Namun, hal tersebut bukan berarti bahwa di Indonesia tidak ada salju. Di Barisan Sudirman yang berada di Provinsi Papua, terdapat salju abadi yang sudah ada sejak tahun 1623. Hal ini tentu saja berbeda dengan fenomena hujan salju. Dengan demikian, hujan salju memang hanya dapat terjadi di wilayah subtropis dan kutub.

     Beberapa fenomena yang mirip juga terjadi di beberapa daerah lain di Indonesia. Sebagai contoh, fenomena hujan bongkahan es di daerah Pasar Rebo, Jakarta Timur. Fenomena ini cukup menggemparkan warga sekitar yang bahkan mengaitkannya dengan hal-hal mistis. Padahal, semuanya adalah fenomena alam yang dapat dijelaskan secara ilmiah.space  

Baca Juga :  Pada pembakaran 50 molekul gas , dengan gas , dihasilkan gas , dan gas , sesuai dengan persamaanreaksi:, , Tentukan jumlah molekul gas , dan gas , !

Hal yang dapat dikomentari dalam teks tersebut adalah … space  

Jawaban

jawaban yang benar adalah pilihan D.space  


Teks eksplanasi adalah teks yang menjelaskan proses (bagaimana) dan sebab (mengapa) terjadinya suatu peristiwa atau fenomena, baik alam maupun sosial. Aspek-aspek yang dijelaskan saling memenuhi dan menunjukkan hubungan kausalitas. Kaidah kebahasaan yang digunakan meliputi penggunaan ragam baku dan penjelasan yang efektif dengan memperhatikan penulisan kata dan kalimat sesuai PUEBI. Oleh karena itu, hal yang dapat dikomentari dalam teks tersebut berkaitan dengan penggunaan kata asing temperature yang tidak sesuai dengan PUEBI karena seharusnya ditulis miring atau sebaiknya diganti dengan kata serapan temperatur. Terlihat hampir sama, tetapi sangat keliru jika tidak bisa dibedakan mana bentuk kata asing dan mana yang bukan. 

Baca Juga :  Akun yang meliputi gedung kantor, kedaraan, mesin pabrik, dan tanah merupakan pengertian dari ....,

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah pilihan D.space  


itulah kunci jawaban dan rangkuman mengenai pertanyaan dan pembahasan soal nya. semoga bermanfaat untuk adik dan teman teman semua. nantikan jawaban yang berkualitas lainya hanya di situs faq.co.id ini. Terimakasih semoga dapat nilai yang bagus dan dapat juara kelas ya.

DISCLAIMER

Orangtua dapat mengoreksi kembali jawaban diatas. kunci jawaban ini sebagai bahan referensi dan panduan belajar siswa di rumah. untuk itu siswa dapat memeriksanya kembali apabila ada kesalahan atau penulisan isi jawaban.

Tinggalkan komentar

Faq App

Aplikasi ringan dan simple untuk mencari kunci jawaban pertanyaan yang beredar diinternet. mulai kunci jawaban tingkat sd smp dan sma sederajat. dilengkap dengan pembahasan lengkap dan terbaru. 99% isian jawaban akurat dan mudah dimengerti.

Services

Tentang

Kerjasama

Kebijakan Privasi

Hubungi Kami

faqcoid@gmail.com

Jakarta, Indonesia.