Sekarang jam tujuh kurang sepuluh menit. Angka yang tercatat di , parkir membuatku lebih merasa tenang. Artinya, masih ada waktu sepuluh menit untuk Aku tiba di depan mesin absensi. Sebenarnya tidak masalah jika Aku agak kesiangan sedikit. Toh semua pekerjaan sudah kuselesaikan kemarin. Hari ini Aku tinggal mengecek pekerjaan lain saja. Tapi bukan Aku rasanya jika ada angka merah di , absenku.,

kalau kita melihat pertanyaan ini sering tidak menemukan jawaban dan cara penyelesaianya. kita sudah mencarinya kesana sini diinternet. Untuk menyelesaikan pertanyaan yang sulit tersebut, faq.co.id telah menyiapkan soal beserta caranya. Mulai dari kelas 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 juga tersedia secara gratis.

diharapkan dengan adanya jawaban soal ini dapat mempermudah kamu dalam belajar di rumah maupun disekolah saat diberikan tugas oleh bapak/ ibu guru. materi yang disediakan sangat lengkap mulai matematika, ipa, ips, penjaskes, kimia, fisika, ekonomi, dan materi pelajaran lainya. oke teman teman jangan berlama lagi mari simak pertanyaan dan penjelasan lengkapnya dibawah ini ya.

PERTANYAAN :


Bacalah teks berikut!

Sekarang jam tujuh kurang sepuluh menit. Angka yang tercatat di bill parkir membuatku lebih merasa tenang. Artinya, masih ada waktu sepuluh menit untuk Aku tiba di depan mesin absensi. Sebenarnya tidak masalah jika Aku agak kesiangan sedikit. Toh semua pekerjaan sudah kuselesaikan kemarin. Hari ini Aku tinggal mengecek pekerjaan lain saja. Tapi bukan Aku rasanya jika ada angka merah di rapor absenku.space 

Baca Juga :  Bola yang menggelinding akan berhenti karena adanya gaya . . .

Buatlah variasi pengembangannya!space 

Cerpen adalah cerita yang menurut wujud fisiknya berbentuk pendek yang dapat dibaca dalam sekali duduk.

Gaya atau pola variasi pengembangan teks karya sastra (dalam hal ini teks cerpen) adalah hasil perubahan teks dari keadaan semula ke keadaan yang berbeda bentuk (bentuk baru) tanpa mengubah maksud teks tersebut.

Langkah-langkah memvariasikan teks:

1. pahami isi cerita

2. catat setiap peristiwa penting

3. variasikan pengembangan cerita.

  • mengubah narasi menjadi dialog atau sebaliknya
  • mengganti kata-kata dalam cerita dengan sinonimnya
  • mengubah alur atau jalan cerita

4. tidak boleh mengubah hasil akhir cerita atau inti cerita 

Baca Juga :  Sebuah partikel alpha (, =, kg dan, =, C)mula-mula diam, kemudian dipercepat olehbeda potensial 40 kV. Partikel itu melewati medanmagnet homogen , = 1 tesla secara tegak lurus.Tentukan jari-jari lintasan partikel alpha tersebut!,

Teks di atas berisi tentang seorang aku yang tidak terbiasa terlambat datang ke kantor. Teks itu berbentuk narasi dengan tokoh aku. Variasi pengembangan bisa bervariatif, tetapi tetap memiliki jalan cerita yang sama. Teks tersebut dapat diubah ke dalam bentuk dialog.

contoh: mengubah narasi Artinya, masih ada waktu sepuluh menit untuk Aku tiba di depan mesin absensi. menjadi dialog “Huh! Ternyata masih ada waktu 10 menit lagi, untung saja.”

Dengan demikian, cara variasi pengembangan teks yang benar berdasarkan penjabaran di atas adalah sebagai berikut.

1. pahami isi cerita

2. catat peristiwa penting

3. variasikan pengembangan cerita dengan cara mengubah narasi menjadi dialog

4. tidak boleh mengubah hasil akhir cerita atau inti cerita.



itulah kunci jawaban dan rangkuman mengenai pertanyaan dan pembahasan soal nya. semoga bermanfaat untuk adik dan teman teman semua. nantikan jawaban yang berkualitas lainya hanya di situs faq.co.id ini. Terimakasih semoga dapat nilai yang bagus dan dapat juara kelas ya.

Baca Juga :  Suatu deret aritmatika mempunyai suku pertama 2 dan U13 - U7 = 30. Hitunglah S50.?

DISCLAIMER

Orangtua dapat mengoreksi kembali jawaban diatas. kunci jawaban ini sebagai bahan referensi dan panduan belajar siswa di rumah. untuk itu siswa dapat memeriksanya kembali apabila ada kesalahan atau penulisan isi jawaban.

Tinggalkan komentar

Faq App

Aplikasi ringan dan simple untuk mencari kunci jawaban pertanyaan yang beredar diinternet. mulai kunci jawaban tingkat sd smp dan sma sederajat. dilengkap dengan pembahasan lengkap dan terbaru. 99% isian jawaban akurat dan mudah dimengerti.

Services

Tentang

Kerjasama

Kebijakan Privasi

Hubungi Kami

faqcoid@gmail.com

Jakarta, Indonesia.