Secara geografis, letak geografis Indonesia yang cukup strategis menyebabkan Jepang merasa sangat perlu menguasai Indonesia. Mengapa? Jelaskan.

kalau kita melihat pertanyaan ini sering tidak menemukan jawaban dan cara penyelesaianya. kita sudah mencarinya kesana sini diinternet. Untuk menyelesaikan pertanyaan yang sulit tersebut, faq.co.id telah menyiapkan soal beserta caranya. Mulai dari kelas 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 juga tersedia secara gratis.

diharapkan dengan adanya jawaban soal ini dapat mempermudah kamu dalam belajar di rumah maupun disekolah saat diberikan tugas oleh bapak/ ibu guru. materi yang disediakan sangat lengkap mulai matematika, ipa, ips, penjaskes, kimia, fisika, ekonomi, dan materi pelajaran lainya. oke teman teman jangan berlama lagi mari simak pertanyaan dan penjelasan lengkapnya dibawah ini ya.

PERTANYAAN :

Secara geografis, letak geografis Indonesia yang cukup strategis menyebabkan Jepang merasa sangat perlu menguasai Indonesia. Mengapa? Jelaskan.

Jawaban

Indonesia secara geografis penting untuk dikuasai karena kaya akan  sumber daya alam (minyak bumi) dan sumber daya manusia yang dibutuhkan dalam perang Jepang.


Indonesia memiliki sumber-sumber alam yang melimpah utamanya minyak bumi. Penguasaan Jepang atas sumber alam digunakan untuk menyokong kebutuhan perang dan industrinya. Minyak bumi menjadi bahan mentah industri perang dan logistik untuk cadangan aluminium. Jepang melakukan ekspansi ke wilayah-wilayah penghasil minyak bumi seperti Sumatera dan Kalimantan.  Jepang juga mengekspansi Jawa yang merupakan wilayah penghasil beras dengan jumlah yang besar. Hal ini diperlukan Jepang untuk memenuhi pasokan pangan tentaranya. Selain itu, Jawa dinilai penting karena mempunyai sumber daya manusia yang banyak, sehingga dapat menambah kekuatan tentara Jepang. Jawa dirancang sebagai daerah pusat penyediaan operasi militer di Asia Tenggara, sementara Sumatera sebagai sumber pasokan minyak bumi.

Dengan demikian, Indonesia secara geografis penting untuk dikuasai karena kaya akan  sumber daya alam (minyak bumi) dan sumber daya manusia yang dibutuhkan dalam perang Jepang.


itulah kunci jawaban dan rangkuman mengenai pertanyaan dan pembahasan soal bahasa inggris. semoga bermanfaat untuk adik dan teman teman semua. nantikan jawaban yang berkualitas lainya hanya di situs faq.co.id ini. Terimakasih semoga dapat nilai yang bagus dan dapat juara kelas ya.

>>>DISCLAIMER <<

Orangtua dapat mengoreksi kembali jawaban diatas. kunci jawaban ini sebagai bahan referensi dan panduan belajar siswa di rumah. untuk itu siswa dapat memeriksanya kembali apabila ada kesalahan atau penulisan isi jawaban.

Tinggalkan komentar