Sebukan 3 organisasi pemuda yang muncul setelah berdirinya Budi Utomo.

kalau kita melihat pertanyaan ini sering tidak menemukan jawaban dan cara penyelesaianya. kita sudah mencarinya kesana sini diinternet. Untuk menyelesaikan pertanyaan yang sulit tersebut, faq.co.id telah menyiapkan soal beserta caranya. Mulai dari kelas 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 juga tersedia secara gratis.

diharapkan dengan adanya jawaban soal ini dapat mempermudah kamu dalam belajar di rumah maupun disekolah saat diberikan tugas oleh bapak/ ibu guru. materi yang disediakan sangat lengkap mulai matematika, ipa, ips, penjaskes, kimia, fisika, ekonomi, dan materi pelajaran lainya. oke teman teman jangan berlama lagi mari simak pertanyaan dan penjelasan lengkapnya dibawah ini ya.

PERTANYAAN :

Sebukan 3 organisasi pemuda yang muncul setelah berdirinya Budi Utomo. space

Pembahasan

Tiga organisasi pemuda yang muncul setelah berdirinya Budi Utomo adalah Perhimpunan Indonesia (IP), Algemene Studieclub dan Tri Koro Dharmo (Jong Java). 

Untuk lebih jelasnya, yuk pahami penjelasan berikut:

Pada Masa Pergerakan Nasional, yang terjadi pada tahun 1908-1942, adalah babakan dalam sejarah di Indonesia mengenai perjuangan bangsa dalam mengusir penjajah. Adapun karakteristik dari perjuangan di masa ini adalah masifnya penggunaan organisasi sebagai alat perjuangan. Organisasi pelopor yang mengawali lahirnya kelak organisasi lainnya adalah Budi Utomo. Budi Utomo adalah pelopor organisasi nasional pada masa kebangkitan nasional. Budi Utomo berdiri pada tanggal 20 Mei 1928 oleh para mahasiswa STOVIA. Lahirnya Budi Utomo diikuti oleh berbagai organisasi pemuda lain, yaitu sebagai berikut.

  1. Indische Vereeniging atau Perhimpunan Indonesia (IP) adalah organisasi yang berdiri pada tanggal 25 Oktober 1908 dan dibentuk oleh para pelajar Indonesia yang sedang belajar di Belanda,
  2. Algemene Studieclub, didirikan dengan semangat membangun kesadaran para pemuda terhadap persoalan bangsa dengan asas non-kooperatif (tidak bekerja sama dengan Belanda). Organisasi ini didirikan 11 Juni 1924, di Bandung, dengan para tokoh-tokoh seperti Soekarno dan Anwari.
  3. Tri Koro Dharmo yang berarti tiga tujuan mulia, yakni sakti, budi, dan bakti, adalah organisasi kepemudaan yang didirikan pada tanggal 7 Maret 1915 oleh Satiman Wirjosandjojo. Organisasi ini akan berubah nama menjadi Jong Java pada tahun 1918.space



itulah kunci jawaban dan rangkuman mengenai pertanyaan dan pembahasan soal bahasa inggris. semoga bermanfaat untuk adik dan teman teman semua. nantikan jawaban yang berkualitas lainya hanya di situs faq.co.id ini. Terimakasih semoga dapat nilai yang bagus dan dapat juara kelas ya.

>>>DISCLAIMER <<

Orangtua dapat mengoreksi kembali jawaban diatas. kunci jawaban ini sebagai bahan referensi dan panduan belajar siswa di rumah. untuk itu siswa dapat memeriksanya kembali apabila ada kesalahan atau penulisan isi jawaban.

Tinggalkan komentar