“Sebentar lagi panas terik Mbah,” kata seorang kuli bangunan yang mengaduk pasir dan semen. Kini sedang ketigo (musim kemarau). Kalau yang nyangkut tidak diambil, sebentar lagi kering. “Biar nanti saya bantu mengambilnya, Mbah,” kata kuli yang lain. Mbah Jum mendengar komentar itu, tetapi tidak peduli. Dia terus menengadah. Terus mengait dan ranting berdaun waru terus berjatuhan. Di sana, di dekat, tersangkut di pagar seng, lalu ada yang menimpa dirinya; Masih terus saja MbahJum menengadah. Untuk mendapat uang paling sedikit Rp3.000,00 timbunan ranting harus menggunung setinggi lututnya. Selembar daun dihargai tiga puluh rupiah. Meskipun di bawah lipatan pakaian di kardus, masih tersimpan beberapa ribu rupiah sisa upah membantu dapur kondangan. Lalu, dia ingin membeli kain bercorak parang yang sudah lama ia idam-idamkan.,

kalau kita melihat pertanyaan ini sering tidak menemukan jawaban dan cara penyelesaianya. kita sudah mencarinya kesana sini diinternet. Untuk menyelesaikan pertanyaan yang sulit tersebut, faq.co.id telah menyiapkan soal beserta caranya. Mulai dari kelas 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 juga tersedia secara gratis.

diharapkan dengan adanya jawaban soal ini dapat mempermudah kamu dalam belajar di rumah maupun disekolah saat diberikan tugas oleh bapak/ ibu guru. materi yang disediakan sangat lengkap mulai matematika, ipa, ips, penjaskes, kimia, fisika, ekonomi, dan materi pelajaran lainya. oke teman teman jangan berlama lagi mari simak pertanyaan dan penjelasan lengkapnya dibawah ini ya.

PERTANYAAN :


Cermati petikan cerita berikut untuk menjawab soal nomor 3—5.

    ”Sebentar lagi panas terik Mbah,” kata seorang kuli bangunan yang mengaduk pasir dan semen. Kini sedang ketigo (musim kemarau). Kalau yang nyangkut tidak diambil, sebentar lagi kering. “Biar nanti saya bantu mengambilnya, Mbah,” kata kuli yang lain. Mbah Jum mendengar komentar itu, tetapi tidak peduli. Dia terus menengadah. Terus mengait dan ranting berdaun waru terus berjatuhan. Di sana, di dekat, tersangkut di pagar seng, lalu ada yang menimpa dirinya; Masih terus saja Mbah Jum menengadah. Untuk mendapat uang paling sedikit Rp3.000,00 timbunan ranting harus menggunung setinggi lututnya. Selembar daun dihargai tiga puluh rupiah. Meskipun di bawah lipatan pakaian di kardus, masih tersimpan beberapa ribu rupiah sisa upah membantu dapur kondangan. Lalu, dia ingin membeli kain bercorak parang yang sudah lama ia idam-idamkan.

Baca Juga :  what is the meaning of encourage?

(Daun Waru di Samirono, Nh. Dini)space space space 

Jenis sudut pandang pada petikan novel tersebut adalah . . . .space space space 

Jawaban

jawaban yang tepat adalah D.space space space 


Sudut pandang adalah bagaimana arah pengarang dalam menyampaikan suatu cerita. Secara umum sudut pandang terdiri dari sudut pandang orang pertama dan orang ketiga. Namun, keduanya dibagi lagi menjadi dua bagian.

  1. Orang pertama pelaku utama: menggunakan kata ganti aku atau saya, hanya saja pengarang berperan sebagai pelaku utama yang menyampaikan cerita yang dialaminya.
  2. Orang pertama pelaku pengamat/ sampingan: menggunakan kata ganti aku atau saya, pengarang hanya berperan mengamati tingkah laku tokoh utama sehingga dia berperan sebagai pengamat langsung.
  3. Orang ketiga serbatahu: menggunakan kata ganti dia atau nama orang/tokoh, pengarang berusaha melaporkan semua hal yang ada dalam suatu kisah, baik tokoh, latar, atau apapun yang menarik perhatian yang berkenaan dengan cerita.
  4. Orang ketiga terarah: menggunakan kata ganti dia atau nama orang/tokoh, pengarang hanya memusatkan perhatian pada satu tokoh yang ada di dalam cerita, sedangkan tokoh lainnya hanya menjadi tokoh pendukung.
Baca Juga :  Lukiskan grafik fungsi kuadrat berikut.

Berdasarkan teks tersebut, sudut pandang yang digunakan adalah sudut pandang orang ketiga terarah. Hal tersebut terlihat dari penggunaan kata ganti dia dan nama orang serta fokus pengarang lebih dominan kepada Mbah Jum. Salah satu kalimat yang mendukung adalah Dia terus menengadah. Terus mengait dan ranting berdaun waru terus berjatuhan.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.space space space 

Baca Juga :  Tiga keping uang logam dilemparkan bersamaan sebanyak 120 kali. Tentukan frekuensi harapan muncul dua angka !


itulah kunci jawaban dan rangkuman mengenai pertanyaan dan pembahasan soal nya. semoga bermanfaat untuk adik dan teman teman semua. nantikan jawaban yang berkualitas lainya hanya di situs faq.co.id ini. Terimakasih semoga dapat nilai yang bagus dan dapat juara kelas ya.

DISCLAIMER

Orangtua dapat mengoreksi kembali jawaban diatas. kunci jawaban ini sebagai bahan referensi dan panduan belajar siswa di rumah. untuk itu siswa dapat memeriksanya kembali apabila ada kesalahan atau penulisan isi jawaban.

Tinggalkan komentar

Faq App

Aplikasi ringan dan simple untuk mencari kunci jawaban pertanyaan yang beredar diinternet. mulai kunci jawaban tingkat sd smp dan sma sederajat. dilengkap dengan pembahasan lengkap dan terbaru. 99% isian jawaban akurat dan mudah dimengerti.

Services

Tentang

Kerjasama

Kebijakan Privasi

Hubungi Kami

faqcoid@gmail.com

Jakarta, Indonesia.