, Sebelum ia berangkat bersama becaknya,, istrinya berpesan, “Jangan lupa membeli minyak tanah., Aku harus membakar batukmu yang menumpuk di sudut rumah.” Dan anaknya mengingatkan,, “Besok aku harus bayar sekolah. Aku akan giat belajar, Agar kelak dapat membetulkan nasib Ayah.”, Joko Pinurbo,

kalau kita melihat pertanyaan ini sering tidak menemukan jawaban dan cara penyelesaianya. kita sudah mencarinya kesana sini diinternet. Untuk menyelesaikan pertanyaan yang sulit tersebut, faq.co.id telah menyiapkan soal beserta caranya. Mulai dari kelas 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 juga tersedia secara gratis.

diharapkan dengan adanya jawaban soal ini dapat mempermudah kamu dalam belajar di rumah maupun disekolah saat diberikan tugas oleh bapak/ ibu guru. materi yang disediakan sangat lengkap mulai matematika, ipa, ips, penjaskes, kimia, fisika, ekonomi, dan materi pelajaran lainya. oke teman teman jangan berlama lagi mari simak pertanyaan dan penjelasan lengkapnya dibawah ini ya.

PERTANYAAN :


Cermatilah puisi berikut untuk menjawab soal nomor 1 dan 2.

Malam Srundal

Baca Juga :  What do you have to put at the last?

Sebelum ia berangkat bersama becaknya,
istrinya berpesan, “Jangan lupa membeli minyak tanah.
Aku harus membakar batukmu yang menumpuk di sudut rumah.” Dan anaknya mengingatkan,
“Besok aku harus bayar sekolah. Aku akan giat belajar
Agar kelak dapat membetulkan nasib Ayah.”

Joko Pinurbospace 

Tema puisi tersebut adalah . . . .space 

Jawaban

jawaban yang benar adalah pilihan B.space 


Pembahasan

Tema merupakan salah satu unsur intrinsik pembangun puisi. Tema adalah isi keseluruhan puisi atau gagasan pokok penyair melalui puisinya.

Langkah-langkah menentukan tema pada puisi sebagai berikut:

  1. Membaca puisi secara keseluruhan dengan cermat
  2. Menandai kata-kata kunci pada puisi tersebut
  3. Memperhatikan pengulangan kata-kata yang digunakan oleh penyair
  4. Menentukan tema puisi berdasarkan isi dan penggunaan kata-kata pada puisi tersebut
Baca Juga :  Jika alas tabung 20cm dan tinggi 18cm berapa volumenya?

Tema puisi tersebut adalah gambaran kehidupan masyarakat miskin di kota.

Berdasarkan kutipan:

Dan anaknya mengingatkan, “Besok aku harus bayar sekolah. Aku akan giat belajar agar kelak dapat membetulkan nasib Ayah.”

Kutipan tersebut menggambarkan kehidupan masyarakat yang miskin sehingga membayar uang sekolah anak pun ia tak mampu. Oleh karena itu, tema pada puisi tersebut adalah gambaran kehidupan masyarakat miskin di kota.

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah pilihan B.space 


itulah kunci jawaban dan rangkuman mengenai pertanyaan dan pembahasan soal nya. semoga bermanfaat untuk adik dan teman teman semua. nantikan jawaban yang berkualitas lainya hanya di situs faq.co.id ini. Terimakasih semoga dapat nilai yang bagus dan dapat juara kelas ya.

Baca Juga :  Sebuah gelas berbentuk tabung memiliki panjang jari-jari alas, dan tinggi, . Jika air hanya terisi seperempat bagian gelas, berapakah volume air dalam gelas tersebut?,

DISCLAIMER

Orangtua dapat mengoreksi kembali jawaban diatas. kunci jawaban ini sebagai bahan referensi dan panduan belajar siswa di rumah. untuk itu siswa dapat memeriksanya kembali apabila ada kesalahan atau penulisan isi jawaban.

Tinggalkan komentar

Faq App

Aplikasi ringan dan simple untuk mencari kunci jawaban pertanyaan yang beredar diinternet. mulai kunci jawaban tingkat sd smp dan sma sederajat. dilengkap dengan pembahasan lengkap dan terbaru. 99% isian jawaban akurat dan mudah dimengerti.

Services

Tentang

Kerjasama

Kebijakan Privasi

Hubungi Kami

faqcoid@gmail.com

Jakarta, Indonesia.