, Sebelum ia berangkat bersama becaknya,, istrinya berpesan, “Jangan lupa membeli minyak tanah., Aku harus membakar batukmu yang menumpuk di sudut rumah.” Dan anaknya mengingatkan,, “Besok aku harus bayar sekolah. Aku akan giat belajar, Agar kelak dapat membetulkan nasib Ayah.”, , Joko Pinurbo

kalau kita melihat pertanyaan ini sering tidak menemukan jawaban dan cara penyelesaianya. kita sudah mencarinya kesana sini diinternet. Untuk menyelesaikan pertanyaan yang sulit tersebut, faq.co.id telah menyiapkan soal beserta caranya. Mulai dari kelas 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 juga tersedia secara gratis.

diharapkan dengan adanya jawaban soal ini dapat mempermudah kamu dalam belajar di rumah maupun disekolah saat diberikan tugas oleh bapak/ ibu guru. materi yang disediakan sangat lengkap mulai matematika, ipa, ips, penjaskes, kimia, fisika, ekonomi, dan materi pelajaran lainya. oke teman teman jangan berlama lagi mari simak pertanyaan dan penjelasan lengkapnya dibawah ini ya.

PERTANYAAN :


Cermatilah puisi berikut untuk menjawab soal nomor 1 dan 2.

Baca Juga :  Contoh text report tentang kucing ? Inggris dan Indonesianya?

Malam Srundal

Sebelum ia berangkat bersama becaknya,
istrinya berpesan, “Jangan lupa membeli minyak tanah.
Aku harus membakar batukmu yang menumpuk di sudut rumah.” Dan anaknya mengingatkan,
“Besok aku harus bayar sekolah. Aku akan giat belajar
Agar kelak dapat membetulkan nasib Ayah.”space 

Joko Pinurbo

Majas dominan yang terkandung dalam puisi tersebut adalah . . . .space 

Jawaban

jawaban yang tepat adalah pilihan A.space 


Pembahasan

Majas adalah gaya bahasa yang digunakan untuk menyampaikan pesan dengan cara imajinatif atau berupa kiasan. Majas dikelompokkan menjadi tiga jenis, yaitu majas perbandingan, majas pertentangan, dan majas sindiran.

Baca Juga :  Jika diketahui bentuk persamaan lingkaran , adalah titik singgung, maka untuk soal berikut gunakan rumus garis singgung:, Tentukan persmaan garis singgung lingkaran pada titik yang diketahui:, c., di titik

Majas dominan yang terkandung dalam puisi tersebut adalah hiperbola.

Berdasarkan kutipan:

“Jangan lupa membeli minyak tanah. Aku harus membakar batukmu yang menumpuk di sudut rumah.”

Kutipan tersebut mengandung kesan berlebihan seperti batuk yang akan dibakar dan menumpuk di sudut rumah. Oleh karena itu, kutipan tersebut mengandung majas hiperbola, yaitu majas yang digunakan untuk melebih-lebihkan sesuatu. 

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan A.space 


itulah kunci jawaban dan rangkuman mengenai pertanyaan dan pembahasan soal nya. semoga bermanfaat untuk adik dan teman teman semua. nantikan jawaban yang berkualitas lainya hanya di situs faq.co.id ini. Terimakasih semoga dapat nilai yang bagus dan dapat juara kelas ya.

Baca Juga :  " Look at the picture of Padar Island on a previous page. Its very beautiful, isnt it? You know, it was once home to Komodo dragons.", Padar Island lies about 20 miles (30 km) from Labuan Bajo, a fishing town on the westernmost part of Flores, East Nusa Tenggara. Padar Island is small, but is the third largest island of Komodo National Park., " Padar is mostly savannah-covered, surreal landscape fringed by bright green-capped mountains of fairy-tale shapes. It’s all surrounded by three turquoise bays, and curiously, each one of the bays beaches has different colored sand: one is pearly white, another charcoal black and a third is a very rare baby pink. It is a rare combination, a quirk of this unique island.", The black-sanded beach has volcanic origin, composed of various dark minerals. The pink, one of a few in the world, has pulverized red coral mixed with white sand. The white one, in most any other setting would be a spectacular find. Here, it almost plays third fiddle., Padar is home to a remarkable array of wildlife, especially for its size. There are six species of sharks, two of manta rays and many different reptiles. There once were three kinds of Komodo dragons here. They are gone now, but still found on Komodo, Rinca, Gili Montang, Gili Dasami and Flores. There are dolphins, the occasional whales, falcons, kites, geckos and green turtles. There are also some plain old little mammals, to feed their neighbor predators., " The most popular spot to enjoy the panoramic view of the island is Padars summit. It takes around 30 minutes to hike to reach the summit. Besides, visitors can also go trekking for around an hour, snorkel or just hit the pristine three-colored beaches.",

DISCLAIMER

Orangtua dapat mengoreksi kembali jawaban diatas. kunci jawaban ini sebagai bahan referensi dan panduan belajar siswa di rumah. untuk itu siswa dapat memeriksanya kembali apabila ada kesalahan atau penulisan isi jawaban.

Tinggalkan komentar

Faq App

Aplikasi ringan dan simple untuk mencari kunci jawaban pertanyaan yang beredar diinternet. mulai kunci jawaban tingkat sd smp dan sma sederajat. dilengkap dengan pembahasan lengkap dan terbaru. 99% isian jawaban akurat dan mudah dimengerti.

Services

Tentang

Kerjasama

Kebijakan Privasi

Hubungi Kami

faqcoid@gmail.com

Jakarta, Indonesia.