Protozoa yang bergerak dengan pseudopodia, digolongkan dalam kelas


Protozoa yang bergerak dengan pseudopodia, digolongkan dalam kelas 

– kalau kita melihat pertanyaan ini sering tidak menemukan jawaban dan cara penyelesaianya. kita sudah mencarinya kesana sini diinternet. Untuk menyelesaikan pertanyaan yang sulit tersebut, faq.co.id telah menyiapkan soal beserta caranya. Mulai dari kelas 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 juga tersedia secara gratis.

diharapkan dengan adanya jawaban soal ini dapat mempermudah kamu dalam belajar di rumah maupun disekolah saat diberikan tugas. oke teman teman jangan berlama lagi mari simak penjelasan lengkapnya dibawah ini ya.


Protozoa yang bergerak dengan pseudopodia, digolongkan dalam kelas 

ISI JAWABAN :

Protozoa adalah organisme bersel tunggal yang telah memiliki membran inti (eukariota). Protozoa berukuran mikroskopis, yaitu sekitar 100 sampai 300 mikron. Protozoa bergerak aktif karena memiliki alat gerak, seperti berupa kaki semu (pseudopodia), bulu cambuk (flagellum), bulu getar (cilia), tetapi ada pula yang tidak memiliki alat gerak. Sebagian besar Protozoa hidup bebas di air tawar dan laut sebagai komponen biotik.

Pembahasan

Berdasarkan alat geraknya, Protozoa digolongkan menjadi

  1. Mastigophora atau Flagellata. Bergerak menggunakan bulu cambuk (Flagela)
    . Contohnya Trypanosoma gambiense.
  2. Sarcodina atau Rhizopoda. Bergerak menggunakan kaki semu (pseudopodia), contohnya Amoeba proteus.
  3. Ciliata atau Ciliophora. Bergerak menggunakan bulu getar (silia), contoh: Paramaecium, Didinium, Stentor, Vorticella.
  4. Sporozoa. Tidak memiliki alat gerak khusus dan berkembang biak dengan spora, contohnya Plasmodium.

Mastigophora atau Flagellata

Flagellata berasal dari kata flagel artinya cambuk atau Mastigophora dari mastig artinya cambuk, phora artinya gerakan. Anggota filum ini bergerak menggunakan flagel. Bentuk tubuh flagellata tetap karena dilindungi oleh pelikel.

Rhizopoda atau Sarcodina

Anggota fillum ini memiliki alat gerak berupa kaki semu (pseudopodia). Bentuk sel amoeba tidak tetap, sitoplasmanya terdiri dari ektoplasma dan endoplasma.

Ciliata atau Ciliophora

Ciliata bergerak dengan menggunakan rambut getar (silia). Silia tersebut yang tumbuh merata pada seluruh permukaan tubuh, tetapi ada pula yang hanya tumbuh pada bagian tertentu dari tubuh hewan tersebut.

Hewan-hewan bersel satu yang tidak memiliki alat gerak dikelompokkan dalam sporozoa. Tubuh Sporozoa berbentuk bulat atau oval, mempunyai nukleus, tetapi tidak mempunyai vakuola kontraktil.

Pelajari lebih lanjut

Pengertian protozoa, dapat dilihat di: brainly.co.id/tugas/3586429

—————————-

Detil jawaban

Kelas: X

Mapel: Biologi

Bab; Mengenal Protista (bab 5)

Kode: 10.4.5

Kata kunci: protozoa yang bergerak dengan pseudopodia

itulah kunci jawaban dan rangkuman mengenai pertanyaan


Protozoa yang bergerak dengan pseudopodia, digolongkan dalam kelas 

. semoga bermanfaat untuk adik dan teman teman semua. nantikan jawaban lainya hanya di situs faq.co.id ini. Terimakasih semoga dapat nilai yang bagus dan dapat juara