Perhatikan identifikasi mengenai manusia purba berikut., Identifikasi tersebut menjelaskan manusia purba jenis …

kalau kita melihat pertanyaan ini sering tidak menemukan jawaban dan cara penyelesaianya. kita sudah mencarinya kesana sini diinternet. Untuk menyelesaikan pertanyaan yang sulit tersebut, faq.co.id telah menyiapkan soal beserta caranya. Mulai dari kelas 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 juga tersedia secara gratis.

diharapkan dengan adanya jawaban soal ini dapat mempermudah kamu dalam belajar di rumah maupun disekolah saat diberikan tugas oleh bapak/ ibu guru. materi yang disediakan sangat lengkap mulai matematika, ipa, ips, penjaskes, kimia, fisika, ekonomi, dan materi pelajaran lainya. oke teman teman jangan berlama lagi mari simak pertanyaan dan penjelasan lengkapnya dibawah ini ya.

PERTANYAAN :


Perhatikan identifikasi mengenai manusia purba berikut.

  1. Diperkirakan sebagai jenis manusia purba paling tua.
  2. Diperkirakan mengonsumsi tumbuh-tumbuhan.
  3. Fosilnya pertama kali ditemukan oleh von Koeningswald pada 1941.
  4. Ditemukan di Desa Sangiran sekitar lembah Sungai Bengawan Solo.
Baca Juga :  Diketahui, ,, , dan, adalah titik dalam ruang. Jika, ,, , dan titik, . Koordinat dari titik, adalah ....

Identifikasi tersebut menjelaskan manusia purba jenis …

  1. Pithecanthropus mojokertensis

  2. Meganthropus paleojavanicus

  3. Pithecanthropus erectus

  4. Homo floresiensis

  5. Homo soloensis

Jawaban

opsi jawaban benar adalah B.


Pada tahun 1936, seorang arkeolog dan paleontolog bernama G. H. R. von Koenigswald asal Jerman, memulai serangkaian penelitian tentang manusia purba di Indonesia, tepatnya di Sangiran, Sragen, Jawa Tengah, Indonesia, sampai dengan tahun 1941. Dalam serangkaian pencarian itu, ditemukan susunan fosil yang meliputi tulang rahang atas dan bawah serta beberapa gigi yang terlepas. Penemuan beberapa susunan fosil tersebut, oleh von Koenigswald diperkirakan telah hidup manusia purba di wilayah itu, bahkan disebut-sebut sebagai jenis manusia purba paling tua yang berada di Indonesia tepatnya hidup sekitar 2-1 juta tahun lalu. Fosil manusia purba tersebut diberi nama sesuai dengan tempat temuan dan beberapa susunan fosil yang didapat, yakni Meganthropus paleojavanicus. Meganthropus paleojavanicus sendiri memiliki arti Manusia Besar dari Jawa.

Adapun beberapa karakteristik dari jenis manusia purba ini di antaranya:

  1. pemakan tumbuh-tumbuhan,
  2. tidak memiliki dagu,
  3. berbadan tegap dengan tonjolan di belakang kepala, dan
  4. memiliki rahang dan otot gigi yang kuat serta gigi geraham berukuran besar.

Jadi, opsi jawaban benar adalah B.


itulah kunci jawaban dan rangkuman mengenai pertanyaan dan pembahasan soal nya. semoga bermanfaat untuk adik dan teman teman semua. nantikan jawaban yang berkualitas lainya hanya di situs faq.co.id ini. Terimakasih semoga dapat nilai yang bagus dan dapat juara kelas ya.

>>>DISCLAIMER <<<

Orangtua dapat mengoreksi kembali jawaban diatas. kunci jawaban ini sebagai bahan referensi dan panduan belajar siswa di rumah. untuk itu siswa dapat memeriksanya kembali apabila ada kesalahan atau penulisan isi jawaban.

Tinggalkan komentar

Faq App

Aplikasi ringan dan simple untuk mencari kunci jawaban pertanyaan yang beredar diinternet. mulai kunci jawaban tingkat sd smp dan sma sederajat. dilengkap dengan pembahasan lengkap dan terbaru. 99% isian jawaban akurat dan mudah dimengerti.

Services

Tentang

Kerjasama

Kebijakan Privasi

Hubungi Kami

faqcoid@gmail.com

Jakarta, Indonesia.