, Pelangi merupakan salah satu fenomena alam yang sungguh indah. Pelangi muncul di kala hujan yang dibarengi dengan munculnya sinar matahari. Di langit yang sedang hujan, pelangi akan terlihat seperti busur yang bercahaya dengan ujungnya yang mengarah pada horizon. Peristiwa ini terjadi ketika hujan ringan. Selain itu, pelangi juga dapat terlihat di sekitar air terjun yang deras. Pelangi berbentuk melengkung dan terdiri atas beberapa warna., Proses terjadinya pelangi diawali ketika cahaya matahari datang dan melewati tetes-tetes air hujan. Cahaya matahari merupakan jenis cahaya polikromatik, yaitu cahaya yang terdiri atas banyak warna. Cahaya ini memiliki panjang gelombang yang berbeda-beda sehingga membuatnya berwarna putih. Cahaya matahari kemudian dibelokkan dan terjadi pembiasan yang menuju bagian tengah tetes hujan tersebut. Hal ini dapat membuat cahaya putih menjadi sebuah spektrum warna yang menciptakan warna-warna pada pelangi. Pada dasarnya, pelangi adalah sebuah spektrumbesar yang terjadi karena pembiasan cahaya matahari terhadap butir-butir air. Jadi, munculnya warna pelangi tersebut merupakan proses terurainya cahaya matahari yang berwarna putih menjadi spektrum warna melalui media air., Mata manusia hanya mampu mencerap paling tidak tujuh warna, yaitu merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu. Oleh karena itu, warna inilah yang tampak saat pelangi timbul. Warna-warna pelangi yang terpisah ini memantul di belakang tetes hujan dan memisah lebih banyak lagi saat meninggalkannya. Cahaya warna-warni tersebut tampak melengkung, seperti kurva warna. Ketika kita melihat pelangi, bagian kurva dalam adalah bagian cahaya yang memiliki panjang gelombang terpendek, yaitu warna ungu. Sementara itu, bagian luar adalah cahaya yang memiliki panjang gelombang terpanjang, yaitu warna merah. Meskipun munculnya di waktu dan tempat tertentu, pelangi menjadi suatu fenomena yang kerap dicari-cari sebagai objek foto atau sekadar objek pandangan yang menyenangkan.,

kalau kita melihat pertanyaan ini sering tidak menemukan jawaban dan cara penyelesaianya. kita sudah mencarinya kesana sini diinternet. Untuk menyelesaikan pertanyaan yang sulit tersebut, faq.co.id telah menyiapkan soal beserta caranya. Mulai dari kelas 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 juga tersedia secara gratis.

diharapkan dengan adanya jawaban soal ini dapat mempermudah kamu dalam belajar di rumah maupun disekolah saat diberikan tugas oleh bapak/ ibu guru. materi yang disediakan sangat lengkap mulai matematika, ipa, ips, penjaskes, kimia, fisika, ekonomi, dan materi pelajaran lainya. oke teman teman jangan berlama lagi mari simak pertanyaan dan penjelasan lengkapnya dibawah ini ya.

PERTANYAAN :


Cermati teks berikut!

Terjadinya Pelangi

     Pelangi merupakan salah satu fenomena alam yang sungguh indah. Pelangi muncul di kala hujan yang dibarengi dengan munculnya sinar matahari. Di langit yang sedang hujan, pelangi akan terlihat seperti busur yang bercahaya dengan ujungnya yang mengarah pada horizon. Peristiwa ini terjadi ketika hujan ringan. Selain itu, pelangi juga dapat terlihat di sekitar air terjun yang deras. Pelangi berbentuk melengkung dan terdiri atas beberapa warna.

Baca Juga :  Sebutkan tokoh pahlawan bangsa Indonesia yang memimpin perlawanan untuk kolonial Belanda?

     Proses terjadinya pelangi diawali ketika cahaya matahari datang dan melewati tetes-tetes air hujan. Cahaya matahari merupakan jenis cahaya polikromatik, yaitu cahaya yang terdiri atas banyak warna. Cahaya ini memiliki panjang gelombang yang berbeda-beda sehingga membuatnya berwarna putih. Cahaya matahari kemudian dibelokkan dan terjadi pembiasan yang menuju bagian tengah tetes hujan tersebut. Hal ini dapat membuat cahaya putih menjadi sebuah spektrum warna yang menciptakan warna-warna pada pelangi. Pada dasarnya, pelangi adalah sebuah spektrum besar yang terjadi karena pembiasan cahaya matahari terhadap butir-butir air. Jadi, munculnya warna pelangi tersebut merupakan proses terurainya cahaya matahari yang berwarna putih menjadi spektrum warna melalui media air.

     Mata manusia hanya mampu mencerap paling tidak tujuh warna, yaitu merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu. Oleh karena itu, warna inilah yang tampak saat pelangi timbul. Warna-warna pelangi yang terpisah ini memantul di belakang tetes hujan dan memisah lebih banyak lagi saat meninggalkannya. Cahaya warna-warni tersebut tampak melengkung, seperti kurva warna. Ketika kita melihat pelangi, bagian kurva dalam adalah bagian cahaya yang memiliki panjang gelombang terpendek, yaitu warna ungu. Sementara itu, bagian luar adalah cahaya yang memiliki panjang gelombang terpanjang, yaitu warna merah. Meskipun munculnya di waktu dan tempat tertentu, pelangi menjadi suatu fenomena yang kerap dicari-cari sebagai objek foto atau sekadar objek pandangan yang menyenangkan.space  

Baca Juga :  Apa yang dimaksud dengan bioma? Jelaskan menurut beberapa para ahli dan menurut kalian!,

Apa topik yang dijelaskan dalam teks tersebut?space  

Jawaban

topik yang dijelaskan dalam teks tersebut adalah proses terjadinya pelangi.space  


Teks tersebut termasuk pada jenis teks eksplanasi. Teks eksplanasi adalah teks yang menjelaskan proses (bagaimana) dan sebab (mengapa) terjadinya suatu peristiwa atau fenomena, baik alam maupun sosial. Aspek-aspek yang dijelaskan saling memenuhi dan menunjukkan hubungan kausalitas. Oleh karena itu, teks tersebut menjelaskan topik perihal proses terjadinya pelangi. Hal ini dapat dibuktikan dengan judul teks di atas yakni “Terjadinya Pelangi” dan pada beberapa kalimat berikut.

Pelangi muncul di kala hujan yang dibarengi dengan munculnya sinar matahari.

Proses terjadinya pelangi diawali ketika cahaya matahari datang dan melewati tetes-tetes air hujan.

Dengan demikian, topik yang dijelaskan dalam teks tersebut adalah proses terjadinya pelangi.space  

Baca Juga :  , ____ (we/go) to Medan together?


itulah kunci jawaban dan rangkuman mengenai pertanyaan dan pembahasan soal nya. semoga bermanfaat untuk adik dan teman teman semua. nantikan jawaban yang berkualitas lainya hanya di situs faq.co.id ini. Terimakasih semoga dapat nilai yang bagus dan dapat juara kelas ya.

DISCLAIMER

Orangtua dapat mengoreksi kembali jawaban diatas. kunci jawaban ini sebagai bahan referensi dan panduan belajar siswa di rumah. untuk itu siswa dapat memeriksanya kembali apabila ada kesalahan atau penulisan isi jawaban.

Tinggalkan komentar

Faq App

Aplikasi ringan dan simple untuk mencari kunci jawaban pertanyaan yang beredar diinternet. mulai kunci jawaban tingkat sd smp dan sma sederajat. dilengkap dengan pembahasan lengkap dan terbaru. 99% isian jawaban akurat dan mudah dimengerti.

Services

Tentang

Kerjasama

Kebijakan Privasi

Hubungi Kami

faqcoid@gmail.com

Jakarta, Indonesia.