Para ilmuwan mengaku telah menemukan lukisan pada sebuah pecahan batu kecil di Afrika Selatan. Benda itu diyakini sebagai gambar tertua yang pernah dibuat manusia. Benda yang berupa garis-garis silang pada batu dengan pigmen merah oker itu diperkirakan berumur sekitar 73.000 tahun.,

kalau kita melihat pertanyaan ini sering tidak menemukan jawaban dan cara penyelesaianya. kita sudah mencarinya kesana sini diinternet. Untuk menyelesaikan pertanyaan yang sulit tersebut, faq.co.id telah menyiapkan soal beserta caranya. Mulai dari kelas 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 juga tersedia secara gratis.

diharapkan dengan adanya jawaban soal ini dapat mempermudah kamu dalam belajar di rumah maupun disekolah saat diberikan tugas oleh bapak/ ibu guru. materi yang disediakan sangat lengkap mulai matematika, ipa, ips, penjaskes, kimia, fisika, ekonomi, dan materi pelajaran lainya. oke teman teman jangan berlama lagi mari simak pertanyaan dan penjelasan lengkapnya dibawah ini ya.

PERTANYAAN :


Pahami paragraf berikut!

Para ilmuwan mengaku telah menemukan lukisan pada sebuah pecahan batu kecil di Afrika Selatan. Benda itu diyakini sebagai gambar tertua yang pernah dibuat manusia. Benda yang berupa garis-garis silang pada batu dengan pigmen merah oker itu diperkirakan berumur sekitar 73.000 tahun.space 

Baca Juga :  Karimunjawa is an archipelago of 27 islands in the Java Sea, stretching approximately 83 kilometers northwest of Jepara, Central Java. It consists of small islands, mostly uninhabited, with five inhabited ones: Karimunjawa, Kemujan, Nyamuk, Parang, and Genting., The name of Karimunjawa was derived from the Javanese language "kremun kremun saking tanah Jawi" as addressed by one of Wali Songo. The name describes how far these islands from Java., Designated as a national marine park, Karimunjawa is home to mangrove, coastal forests and a great variety of marine animals, such as crabs, starfish, sharks, stingray, jellyfish, red snappers, etc. It is also a popular tourist destination with its white sandy beaches, pristine coral reefs and challenging treks through the hills. The reefs are a mixture of fringing and barrier, and patched with bottom depths ranging between 15 and 40 meters., The islands offer stunning diving and snorkeling trips. Fringing reefs, atolls, wrecks and an excellent variety of species make diving in Karimunjawa an unforgettable adventure.

Kata itu pada kalimat kedua paragraf tersebut merujuk pada….space 

Jawaban

jawaban yang tepat adalah E.space 


Pembahasan

Pronomina atau kata ganti adalah kata-kata yang digunakan untuk mengganti panggilan orang atau benda.

Pronomina dikelompokkan menjadi beberapa jenis, yaitu:

  • Pronomina persona (Kata ganti orang) seperti saya, dia, kamu, dan lain-lain.
  • Pronomina posesiva (Kata ganti kepemilikan) seperti -ku, -mu, -nya, mereka.
  • Pronomina demonstrativa (Kata ganti petunjuk) seperti ini, itu, sana, sini, dan lain-lain.
  • Pronomina interogativa (Kata ganti tanya) seperti kapan, dimana, dan lain-lain.
  • Pronomina relativa (Kata ganti penghubung) misalnya yang.
  • Kata ganti tidak tentu, misalnya sesuatu, seseorang, dan lain-lain.

Analisis soal:

Kata itu termasuk dalam pronomina demonstrativa atau kata ganti petunjuk. Kata itu pada kalimat kedua dalam paragraf “Benda itu diyakini sebagai gambar tertua …” merupakan kata ganti petunjuk benda, karena sebelum kata itu terdapat kata benda. Jadi kata itu pada kalimat kedua, merujuk pada benda yang ada di kalimat sebelumnya atau pada kalimat pertama. Kalimat pertama yaitu “Para ilmuwan mengaku telah menemukan lukisan pada sebuah pecahan batu kecil di Afrika Selatan.” Pada kalimat tersebut terdapat dua nama benda yaitu lukisan dan pecahanbatu kecil. Untuk melihat benda mana yang dimaksud pada kalimat kedua, kita bisa melihat lagi lanjutan kalimat kedua yaitu “”Benda itu diyakini sebagai gambar tertua …” Pada kalimat kedua diketahui bahwa benda itu berupa gambar. Sehingga kata itu pada kalimat kedua merujuk pada lukisan di kalimat pertama karena lukisan merupakan benda berupa gambar.

Baca Juga :  Gunakan sifat-sifat logaritma untuk menghitung variabel dalam persamaan berikut:

Berdasarkan analisis di atas, kata itu pada kalimat kedua paragraf tersebut merujuk pada lukisan.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E.space 


itulah kunci jawaban dan rangkuman mengenai pertanyaan dan pembahasan soal nya. semoga bermanfaat untuk adik dan teman teman semua. nantikan jawaban yang berkualitas lainya hanya di situs faq.co.id ini. Terimakasih semoga dapat nilai yang bagus dan dapat juara kelas ya.

Baca Juga :  Seorang siswa akan melakukan penelitian tentang keuntungan penggunaan pupuk organik di banding pupuk anorganik terhadap pertumbuhan tanaman , . Eksperimen yang dilakukan adalah tanaman A diberi pupuk organik, tanaman B diberi pupuk anorganik, tanaman C tidak diberi pupuk. Faktor yang merupakan variabel terikat adalah ….,

DISCLAIMER

Orangtua dapat mengoreksi kembali jawaban diatas. kunci jawaban ini sebagai bahan referensi dan panduan belajar siswa di rumah. untuk itu siswa dapat memeriksanya kembali apabila ada kesalahan atau penulisan isi jawaban.

Tinggalkan komentar

Faq App

Aplikasi ringan dan simple untuk mencari kunci jawaban pertanyaan yang beredar diinternet. mulai kunci jawaban tingkat sd smp dan sma sederajat. dilengkap dengan pembahasan lengkap dan terbaru. 99% isian jawaban akurat dan mudah dimengerti.

Services

Tentang

Kerjasama

Kebijakan Privasi

Hubungi Kami

faqcoid@gmail.com

Jakarta, Indonesia.