Pada tahun 1950-an, Bally adalah sebuah merek sepatu yang bermutu tinggi dan tentu tidak murah. Bung Hatta, Wakil Presiden Pertama RI, berminat pada sepatu Bally. Ia kemudian menyimpan guntingan iklan yang memuat alamat penjualnya, lalu berusaha menabung agar bisa membeli sepatu idaman tersebut. Namun, uang tabungan tampaknya tidak pernah mencukupi karena selalu terambil untuk keperluan rumah tangga atau untuk membantu kerabat dan handai taulan yang datang kepadanya untuk meminta pertolongan. Hingga akhir hayatnya, sepatu Bally idaman Bung Hatta tidak pernah terbeli karena tabungannya tak pernah mencukupi. Yang sangat mengharukan dari cerita ini, guntingan iklan sepatu Bally itu hingga Bung Hatta wafat masih tersimpan dan menjadi saksi keinginan sederhana dari seorang Hatta. Jika ingin memanfaatkan posisinya waktu itu, sebenarnya sangatlah mudah bagi Bung Hatta untuk memperoleh sepatu Bally. Misalnya, dengan meminta tolong para duta besar atau pengusaha yang menjadi kenalan Bung Hatta.Namun, di sinilah letak keistimewaan Bung Hatta. Ia tidak mau meminta sesuatu untuk kepentingan sendiri dan orang lain. Bung Hatta memilih jalan sukar dan lama, yang ternyata gagal karena lebih mendahulukan orang lain daripada kepentingannya sendiri,” kata Adi Sasono, Ketua Pelaksana Peringatan Satu Abad Bung Hatta.,

kalau kita melihat pertanyaan ini sering tidak menemukan jawaban dan cara penyelesaianya. kita sudah mencarinya kesana sini diinternet. Untuk menyelesaikan pertanyaan yang sulit tersebut, faq.co.id telah menyiapkan soal beserta caranya. Mulai dari kelas 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 juga tersedia secara gratis.

diharapkan dengan adanya jawaban soal ini dapat mempermudah kamu dalam belajar di rumah maupun disekolah saat diberikan tugas oleh bapak/ ibu guru. materi yang disediakan sangat lengkap mulai matematika, ipa, ips, penjaskes, kimia, fisika, ekonomi, dan materi pelajaran lainya. oke teman teman jangan berlama lagi mari simak pertanyaan dan penjelasan lengkapnya dibawah ini ya.

PERTANYAAN :


Cermati teks berikut! 

Pada tahun 1950-an, Bally adalah sebuah merek sepatu yang bermutu tinggi dan tentu tidak murah. Bung Hatta, Wakil Presiden Pertama RI, berminat pada sepatu Bally. Ia kemudian menyimpan guntingan iklan yang memuat alamat penjualnya, lalu berusaha menabung agar bisa membeli sepatu idaman tersebut. Namun, uang tabungan tampaknya tidak pernah mencukupi karena selalu terambil untuk keperluan rumah tangga atau untuk membantu kerabat dan handai taulan yang datang kepadanya untuk meminta pertolongan. Hingga akhir hayatnya, sepatu Bally idaman Bung Hatta tidak pernah terbeli karena tabungannya tak pernah mencukupi. Yang sangat mengharukan dari cerita ini, guntingan iklan sepatu Bally itu hingga Bung Hatta wafat masih tersimpan dan menjadi saksi keinginan sederhana dari seorang Hatta. Jika ingin memanfaatkan posisinya waktu itu, sebenarnya sangatlah mudah bagi Bung Hatta untuk memperoleh sepatu Bally. Misalnya, dengan meminta tolong para duta besar atau pengusaha yang menjadi kenalan Bung Hatta. Namun, di sinilah letak keistimewaan Bung Hatta. Ia tidak mau meminta sesuatu untuk kepentingan sendiri dan orang lain. Bung Hatta memilih jalan sukar dan lama, yang ternyata gagal karena lebih mendahulukan orang lain daripada kepentingannya sendiri,” kata Adi Sasono, Ketua Pelaksana Peringatan Satu Abad Bung Hatta.space space

Baca Juga :  Oleh karena itu, sudah semestinya langkah rehabilitasi menjadi penindakan utama bagi penyalah guna narkoba. Terhadap para pembuat ataupun bandar narkoba, mutlak hukumanpidana maksimal.ltu berarti pula tugas para hakim untuk tidak ragu menjatuhkan hukuman tersebut.,

Keteladanan Bung Hatta sesuai isi teks adalah….space space

Jawaban

 jawaban yang tepat adalah pilihan B.space 


Pembahasan

Biografi adalah teks yang berisi riwayat hidup seseorang yang ditulis oleh orang lain. Keteladanan adalah sikap yang bisa dilakukan orang lain atau bisa ditiru. 

Keteladanan Bung Hatta sesuai isi teks adalah ia berusaha menabung agar bisa membeli yang diidamkannya. Berdasarkan kutipan: Ia kemudian menyimpan guntingan iklan yang memuat alamat penjualnya, lalu berusaha menabung agar bisa membeli sepatu idaman tersebut. Kalimat tersebut menunjukkan bahwa Bung Hatta berusaha membeli sepatu Bally dengan cara menabung daripada harus memanfaatkan jabatannya saat itu.

Baca Juga :  1.Bagian inti dari sebuah karangan eksplanasi berisi.., 2.Letak gagasan utama dari paragraf Induktif adalah.., 3.Pandangan teoretis seorang penulis dalam karanganEksplanasi dikemukakan pada bagian.., 4.Kata explain mengalami proses morfologis sehingga berubah menjadi explanasi yang artinya.., 5.Kata sehingga merupakan konjungsi yang menghubungkan 2 klausa yang mengandung hubungan..., 6.Paragraf yang letak gagasan utamanya berasa di seluruh karangan adalah..., 7.Langkah pertama yang harus dilakukan untuk membuat sebuah ringkasan bahan bacaan adalah..., 8.Paragraf Induktif adalah paragraf yang letak gagasan utamanya terletak di..., 9.Yang dimaksud dengan eksplanasi adalah.., 10.Hubungan kepaduan antar kilat dalam 1 paragraf disebut.., hihihi sorry ya panjang banget :)

Dengan demikian jawaban yang tepat adalah pilihan B.space 


itulah kunci jawaban dan rangkuman mengenai pertanyaan dan pembahasan soal nya. semoga bermanfaat untuk adik dan teman teman semua. nantikan jawaban yang berkualitas lainya hanya di situs faq.co.id ini. Terimakasih semoga dapat nilai yang bagus dan dapat juara kelas ya.

DISCLAIMER

Orangtua dapat mengoreksi kembali jawaban diatas. kunci jawaban ini sebagai bahan referensi dan panduan belajar siswa di rumah. untuk itu siswa dapat memeriksanya kembali apabila ada kesalahan atau penulisan isi jawaban.

Baca Juga :  Apabila terjadi gempa dan laut surut secara tiba-tiba, sikap yang harus kita lakukan adalah ....

Tinggalkan komentar

Faq App

Aplikasi ringan dan simple untuk mencari kunci jawaban pertanyaan yang beredar diinternet. mulai kunci jawaban tingkat sd smp dan sma sederajat. dilengkap dengan pembahasan lengkap dan terbaru. 99% isian jawaban akurat dan mudah dimengerti.

Services

Tentang

Kerjasama

Kebijakan Privasi

Hubungi Kami

faqcoid@gmail.com

Jakarta, Indonesia.