Pada masa pendudukan Jepang organisasi yang dibentuk yaitu : 1. organisasi yang bersifat sosial kemasyarakatan; 2. Organisasi Semimiliter; 3. Organisasi Militer., Siapa pimpinan atau ketua dari bagian organisasi diatas ?

kalau kita melihat pertanyaan ini sering tidak menemukan jawaban dan cara penyelesaianya. kita sudah mencarinya kesana sini diinternet. Untuk menyelesaikan pertanyaan yang sulit tersebut, faq.co.id telah menyiapkan soal beserta caranya. Mulai dari kelas 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 juga tersedia secara gratis.

diharapkan dengan adanya jawaban soal ini dapat mempermudah kamu dalam belajar di rumah maupun disekolah saat diberikan tugas oleh bapak/ ibu guru. materi yang disediakan sangat lengkap mulai matematika, ipa, ips, penjaskes, kimia, fisika, ekonomi, dan materi pelajaran lainya. oke teman teman jangan berlama lagi mari simak pertanyaan dan penjelasan lengkapnya dibawah ini ya.

PERTANYAAN :

Pada masa pendudukan Jepang organisasi yang dibentuk yaitu : 1. organisasi yang bersifat sosial kemasyarakatan; 2. Organisasi Semimiliter; 3. Organisasi Militer.

Siapa pimpinan atau ketua dari bagian organisasi diatas ?

Organisasi yang bersifat sosial kemasyarakatan

  1. Gerakan Tiga A (Nippon Cahaya Asia, Nippon Pelindung Asia, dan Nippon Pemimpin Asia) yang dipimpin oleh Mr Syamsuddin
  2. Pusat Tenaga Kerja (Putera) Organisasi tersebut dibentuk atas dasar Pemuda Asia Raya yang dipimpin Sukardjo Wiryopranoto.
  3. Majelis Islam A’la Indonesia (MIAI) dan Majelis Syura Muslimin (Masyumi)
  4. Jawa Hokokai Organisasi ini resmi dibuat Pemerintah Jepang dan pusatnya berada di pimpinan organisasi Gunseikan. Jawa Hokokai juga mengangkat Ir Sukarno dan Hasyim Asy’ari sebagai penasihatnya.

Organisasi Semimiliter

  1. Seinendan yaitu organisasi yang dibentuk Jepang dengan beranggotakan para pemuda berusia 14-22 tahun. Adapun tokoh perjuangan Indonesia yang pernah menjadi anggota Seinendan antara lain, Latif Hendraningrat dan Sukarni.
  2. Keibodan (Korps Kewaspadaan) adalah organisasi semimiliter yang anggotanya adalah pemuda berusia antara 25 sampai 35 tahun.
  3. Fujinkai (Perkumpulan Wanita) adalah organisasi semi militer Jepang yang beranggotakan para wanita, dibentuk pada bulan Agustus 1943. Ketuanya Ny Sunaryo Mangunpuspito

Organisasi Militer

  1. Heiho (Pasukan Pembantu Prajurit Jepang) adalah organisasi yang beranggotakan prajurit Indonesia untuk melaksanakan pertahanan militer, baik di Angkatan Darat maupun di Angkatan Laut. Pemuda-pemuda Indonesia yang bergabung dengan Heiho tidak pernah diberi pangkat atau jabatan yang tinggi.
  2. PETA (Pembela Tanah Air) adalah organisasi militer yang dibentuk Jepang dengan tujuan menambah kesatuan tentara guna memperkuat organisasi sebelumnya, yaitu Heiho. Adapun tokoh-tokoh PETA yang terkenal dan membawa pengaruh besar diantaranya yaitu, Jenderal Sudirman, Jenderal Gatot Subroto, Supriyadi dan Jenderal Ahmad Yani 

Dengan demikian, ketua dari bagian organisasi-organisasi pada masa pendudukan Jepang yaitu: 

Organisasi yang bersifat sosial kemasyarakatan :

  1. Gerakan Tiga A (Nippon Cahaya Asia, Nippon Pelindung Asia, dan Nippon Pemimpin Asia) yang dipimpin oleh Mr Syamsuddin.
  2. Pusat Tenaga Kerja (Putera) dibentuk atas dasar Pemuda Asia Raya yang dipimpin Sukardjo Wiryopranoto.
  3. Majelis Islam A’la Indonesia (MIAI) merupakan federasi ormas Islam yang didirikan oleh KH Mas Mansyur dan rekan-rekannya pada tahun 1937 di Surabaya.
  4. Jawa Hokokai dibuat Pemerintah Jepang dan pusatnya berada di pimpinan organisasi Gunseikan. Jawa Hokokai juga mengangkat Ir Sukarno dan Hasyim Asy’ari sebagai penasihatnya. 

Organisasi Semimiliter

  1. Tokoh perjuangan Indonesia yang pernah menjadi anggota Seinendan antara lain, Latif Hendraningrat dan Sukarni.
  2. Organisasi Keibodan dibentuk pada tahun 29 April 1943 bersama dengan Seinendan yang dipimpin oleh Gunseikan. 
  3. Organisasi Fujinkai (Perkumpulan Wanita) adalah organisasi semimiliter Jepang yang beranggotakan para wanita. Organisasi ini dibentuk pada bulan Agustus 1943, ketuanya Ny Sunaryo Mangunpuspito. 
  4. Organisasi Syuisyintai ini dipimpin oleh Ir. Soekarno yang dibantu oleh Oto Iskandardinata, R.P. Suroso, dan Dr. Buntaran Martoatmojo. 

 Organisasi Militer

  1. Adapun tokoh-tokoh PETA yaitu, Jenderal Sudirman, Jenderal Gatot Subroto, Supriyadi dan Jenderal Ahmad Yani. 
  2. Organisasi Heiho (Pasukan Pembantu Prajurit Jepang) adalah organisasi yang beranggotakan prajurit Indonesia untuk melaksanakan pertahanan militer, baik di Angkatan Darat maupun di Angkatan Laut. 



itulah kunci jawaban dan rangkuman mengenai pertanyaan dan pembahasan soal bahasa inggris. semoga bermanfaat untuk adik dan teman teman semua. nantikan jawaban yang berkualitas lainya hanya di situs faq.co.id ini. Terimakasih semoga dapat nilai yang bagus dan dapat juara kelas ya.

>>>DISCLAIMER <<

Orangtua dapat mengoreksi kembali jawaban diatas. kunci jawaban ini sebagai bahan referensi dan panduan belajar siswa di rumah. untuk itu siswa dapat memeriksanya kembali apabila ada kesalahan atau penulisan isi jawaban.

Tinggalkan komentar