Pada masa pendudukan Jepang, B.M. Diah bekerja sebagai pemimpin harian Asia Raya. Walaupun dia bekerja di surat kabar bentukan Jepang, tetapi B.M. Diah bersama kawan-kawannya seperti Chairul Saleh, Soekarni, Wikana membentuk gerakan Angkatan Baru. Tujuan gerakan tersebut adalah ….

Pada masa pendudukan Jepang, B.M. Diah bekerja sebagai pemimpin harian Asia Raya. Walaupun dia bekerja di surat kabar bentukan Jepang, tetapi B.M. Diah bersama kawan-kawannya seperti Chairul Saleh, Soekarni, Wikana membentuk gerakan Angkatan Baru. Tujuan gerakan tersebut adalah – kalau kita melihat pertanyaan ini sering tidak menemukan jawaban dan cara penyelesaianya. kita sudah mencarinya kesana sini diinternet. Untuk menyelesaikan pertanyaan yang sulit tersebut, faq.co.id telah menyiapkan soal beserta caranya. Mulai dari kelas 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 juga tersedia secara gratis.

diharapkan dengan adanya jawaban soal ini dapat mempermudah kamu dalam belajar di rumah maupun disekolah saat diberikan tugas oleh bapak/ ibu guru.

materi yang disediakan sangat lengkap mulai Sejarah, matematika, ipa, ips, penjaskes, kimia, fisika, ekonomi, dan materi pelajaran lainya. oke teman teman jangan berlama lagi mari simak pertanyaan dan penjelasan lengkapnya dibawah ini ya.

BACA JUGA : Secara geografis, daerah Hijaz adalah daerah yang tidak pernah dijajah oleh bangsa lain karena daerah ini tandus, miskin, dan sulit dijangkau. Akan tetapi, daerah ini mempunyai tempat yang penting bagi Islam, yaitu…

PERTANYAAN 

Pada masa pendudukan Jepang, B.M. Diah bekerja sebagai pemimpin harian Asia Raya. Walaupun dia bekerja di surat kabar bentukan Jepang, tetapi B.M. Diah bersama kawan-kawannya seperti Chairul Saleh, Soekarni, Wikana membentuk gerakan Angkatan Baru. Tujuan gerakan tersebut adalah ….

Jawaban

jawaban yang tepat adalah E.

Penjelasan

BM Diah dikenal sebagai tokoh golongan muda yang radikal dengan organisasi yang dipimpinnya yaitu Gerakan Angkatan Baru \45, Lahir 7 April 1917 di Kutaraja, Aceh, pendidikannya dimulai di HIS Kutaraja tahun 1929, MULO di Medan. Tahun 1935-1937 di Middelbaar National Handels Collegeium di Bandung, di bawah pembinaan dari Dr. Douwes Dekker salah seorang pendiri Indische Partij yang berhasil mengobarkan semangat nasionalismenya.

Tahun 1937-1938 menjadi direktur utama Sinar Deli Medan di samping anggota redaksi surat kabar Warta Harian yang terbit di Jakarta 1938-1939. Pada tahun 1938 menerbitkan majalah Peraturan Dunia dalam Film. Pada tahun 1939-1942 menjadi penerjemah dan Kepala Pers Indonesia di Konsulat Jenderal Inggris di Jakarta. Pada saat Jepang menduduki Indonesia, ia termasuk orang yang terkemuka di Jawa.

BACA JUGA : Sebutkan kekuatan-kekuatan yang memperkuat Pemberontakan DI/TII Jawa Tengah!

Berkat profesinya dalam bidang kewartawanan, pada tahun 1942-1948 diangkat jadi pemimpin surat kabar Asia Raja di Jakarta. Walaupun demikian semangat nasionalismenya tetap ada. Bersama dengan Chairul Saleh, Sukarni, Wikana dan lain-lain sering mengadakan pertemuan dan akhirnya 3 Juni 1945 dibentuklah gerakan Angkatan Baru yang bertujuan “memperjuangkan Indonesia merdeka sekarang juga” dan ia diangkat sebagai ketuanya. Akibat gerakannya ini, dipenjarakan dengan tuduhan melakukan tindakan melawan pemerintah militer Jepang.

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.

itulah kunci jawaban dan rangkuman mengenai pertanyaan dan pembahasan soal bahasa inggris. semoga bermanfaat untuk adik dan teman teman semua. nantikan jawaban yang berkualitas lainya hanya di situs faq.co.id ini. Terimakasih semoga dapat nilai yang bagus dan dapat juara kelas ya.

BACA JUGA : Jelaskan upaya yang dilakukan untuk menyelesaikan konflik Cekoslowakia!

DISCLAIMER

Orangtua dapat mengoreksi kembali jawaban diatas. kunci jawaban buku ini sebagai bahan referensi dan panduan belajar siswa di rumah. untuk itu siswa dapat memeriksanya kembali apabila ada kesalahan atau penulisan isi jawaban.

Tinggalkan komentar