Pada masa kepemimpinan Sukarno, Indonesia menjalin kerjasama dengan Amerika Serikat dalam pengembangan proyek bomatom. Jelaskan bentuk kerja sama tersebut!

kalau kita melihat pertanyaan ini sering tidak menemukan jawaban dan cara penyelesaianya. kita sudah mencarinya kesana sini diinternet. Untuk menyelesaikan pertanyaan yang sulit tersebut, faq.co.id telah menyiapkan soal beserta caranya. Mulai dari kelas 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 juga tersedia secara gratis.

diharapkan dengan adanya jawaban soal ini dapat mempermudah kamu dalam belajar di rumah maupun disekolah saat diberikan tugas oleh bapak/ ibu guru. materi yang disediakan sangat lengkap mulai matematika, ipa, ips, penjaskes, kimia, fisika, ekonomi, dan materi pelajaran lainya. oke teman teman jangan berlama lagi mari simak pertanyaan dan penjelasan lengkapnya dibawah ini ya.

PERTANYAAN :


Pada masa kepemimpinan Sukarno, Indonesia menjalin kerjasama dengan Amerika Serikat dalam pengembangan proyek bom atom. Jelaskan bentuk kerja sama tersebut!

Baca Juga :  Tentukan volume bangun ruang pada gambar di samping!,

Program nuklir Indonesia, merupakan program pemerintah Indonesia dalam membangun dan memanfaatkan teknologi nuklir untuk tujuan damai. Program ini dimulai pada masa pemerintahan Presiden Soekarno di tahun 1954 dengan membentuk Panitia Negara untuk Penyelidikan Radioaktivitet, tugas awalnya ialah untuk menyelidiki adanya jatuhan radioaktif dari uji coba hidrogen (temo nuklir) yang dilakukan AS di Marshall, di lautan Pasifik, dikarenakan saat itu Presiden Soekarno khawatir kalau Indonesia bagian timur akan terkena dampak dari uji coba ini

Pada tahun 1964, Indonesia membentuk Badan Tenaga Atom Nasional (BATAN) dalam perkembangannya BATAN banyak melakukan kerja sama terutama dengan AS, Soviet, Jerman dan Prancis. Dalam kerjasama dengan Amerika Serikat, BATAN melakukan kerja sama dalam program “Atom From Peace”. Amerika Serikat memberikan dukungan dana sebesar 350 dolar untuk pembangunan rektor nuklir dan 141 dolar untuk riset pengembangan. Selain itu, Amerika Serikatjuga mengirim tenaga ahlinya ke Indonesia. Pada tanggal 21 September 1960, Amerika Serikat membantu Indonesia mengembangkan energi atom dengan menjanjikan dana hibah senilai 350.000 dollar AS. Hasilnya Indonesia berhasil membangun reactor nuklir pertamanya, yaitu Triga Mark II pada tahun 1961

Baca Juga :  Susunlah sebuah teks eksposisi analitis sebanyak satu paragraf yang isinya berkaitan dengan topik "Pentingnya menjaga kebersihan lingkungan"!,

Dengan demikian kerjasama pengembangan proyek bom atom Indonesia dengan Amerika Serikat pada masa kepemimpinan Presiden Soekarno ialah melalui program “Atom for Peace”.

 

 



itulah kunci jawaban dan rangkuman mengenai pertanyaan dan pembahasan soal nya. semoga bermanfaat untuk adik dan teman teman semua. nantikan jawaban yang berkualitas lainya hanya di situs faq.co.id ini. Terimakasih semoga dapat nilai yang bagus dan dapat juara kelas ya.

Baca Juga :  Revolusi Amerika dilatarbelakangi oleh beberapa faktor. Di antaranya adalah adanya kewajiban warga koloni membayar pajak terhadap pemerintahan Inggris dalam rangka mengganti biaya perang melawan ...,

>>>DISCLAIMER <<<

Orangtua dapat mengoreksi kembali jawaban diatas. kunci jawaban ini sebagai bahan referensi dan panduan belajar siswa di rumah. untuk itu siswa dapat memeriksanya kembali apabila ada kesalahan atau penulisan isi jawaban.

Tinggalkan komentar

Faq App

Aplikasi ringan dan simple untuk mencari kunci jawaban pertanyaan yang beredar diinternet. mulai kunci jawaban tingkat sd smp dan sma sederajat. dilengkap dengan pembahasan lengkap dan terbaru. 99% isian jawaban akurat dan mudah dimengerti.

Services

Tentang

Kerjasama

Kebijakan Privasi

Hubungi Kami

faqcoid@gmail.com

Jakarta, Indonesia.