” Mudik berasal dari kata udik yang berarti kampung atau jauh dari kota. Entah sejak kapantradisi mudik pulang kampung di Indonesia dimulai. Menurut budayawan, Jacob Soemardjo, mudik merupakan tradisi dasar masyarakat petani Jawa. Mereka sudah mengenal tradisi ini jauh sebelum Kerajaan Majapahit berdiri. Tujuannya adalah membersihkan pekuburan dan melakukan doa bersama kepada dewa-dewa di kahyangan untuk memohon keselamatan kampung halamannya. Tradisi tersebut dilakukan sekali dalam setahun. Kebiasaan membersihkan dan berdoa bersama di pekuburan sanak keluarga sewaktu pulang kampung sampai saat ini masih banyak ditemukan di Jawa.”, Mudik di Indonesia identik dengan tradisi tahunan yang terjadi menjelang hari raya besar keagamaan, seperti idulfitri, natal,dan sebagainya. Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, khususnya orang Jawa, mudik adalah suatu halyang mutlak diIaksanakan. Hal ini disebabkan pada saat itulah ada kesempatan untuk bertemu atau sungkem dengan orang tua, serta berkumpuldengan sanak saudara. Melalui mudik, masyarakat menjunjung tinggi nilai silaturahmi antaranggota keluarga dan dengan sesamanya. Dengan ini, mudik menjadi salah satu nilai sosial positif yang dimiliki masyarakat Indonesia.,

kalau kita melihat pertanyaan ini sering tidak menemukan jawaban dan cara penyelesaianya. kita sudah mencarinya kesana sini diinternet. Untuk menyelesaikan pertanyaan yang sulit tersebut, faq.co.id telah menyiapkan soal beserta caranya. Mulai dari kelas 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 juga tersedia secara gratis.

diharapkan dengan adanya jawaban soal ini dapat mempermudah kamu dalam belajar di rumah maupun disekolah saat diberikan tugas oleh bapak/ ibu guru. materi yang disediakan sangat lengkap mulai matematika, ipa, ips, penjaskes, kimia, fisika, ekonomi, dan materi pelajaran lainya. oke teman teman jangan berlama lagi mari simak pertanyaan dan penjelasan lengkapnya dibawah ini ya.

PERTANYAAN :


Bacalah teks eksplanasi berikut!

Mudik

    Mudik berasal dari kata \udik\ yang berarti \kampung atau jauh dari kota\. Entah sejak kapan tradisi mudik pulang kampung di Indonesia dimulai. Menurut budayawan, Jacob Soemardjo, mudik merupakan tradisi dasar masyarakat petani Jawa. Mereka sudah mengenal tradisi ini jauh sebelum Kerajaan Majapahit berdiri. Tujuannya adalah membersihkan pekuburan dan melakukan doa bersama kepada dewa-dewa di kahyangan untuk memohon keselamatan kampung halamannya. Tradisi tersebut dilakukan sekali dalam setahun. Kebiasaan membersihkan dan berdoa bersama di pekuburan sanak keluarga sewaktu pulang kampung sampai saat ini masih banyak ditemukan di Jawa.

Baca Juga :  Rika akan melakukan kegiatan praktikum tentang pengaruh konsentrasi pupuk NPK terhadap pertumbuhan tanaman bayam. Adapun konsentrasi pupuk NPK yang akan digunakan, yaitu 0%, 10%, 20%, 30%, dan 40%. Data pengamatan yang diperoleh meliputi tinggi batang, diameter batang, jumlah daun, dan lebar daun. Berdasarkan kegiatan tersebut, tentukan variabel bebas dan variabel terikat.,

    Mudik di Indonesia identik dengan tradisi tahunan yang terjadi menjelang hari raya besar keagamaan, seperti idulfitri, natal, dan sebagainya. Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, khususnya orang Jawa, mudik adalah suatu hal yang mutlak diIaksanakan. Hal ini disebabkan pada saat itulah ada kesempatan untuk bertemu atau sungkem dengan orang tua, serta berkumpul dengan sanak saudara. Melalui mudik, masyarakat menjunjung tinggi nilai silaturahmi antaranggota keluarga dan dengan sesamanya. Dengan ini, mudik menjadi salah satu nilai sosial positif yang dimiliki masyarakat Indonesia.space 

Baca Juga :  Rakyat Indonesia pada masa penjajahan Belanda tidak mempunyai kesempatan untuk mengenyam pendidikan,hal initerjadi karena ...

Ciri khas teks eksplanasi yang tampak pada paragraf pertama teks tersebut adalah ….space 

Jawaban

jawaban yang tepat adalah pilihan B.space 


Teks eksplanasi adalah teks yang berisi tentang proses mengapa dan bagaimana suatu peristiwa alam, ilmu pengetahuan, sosial, budaya, dan lainnya bisa terjadi.

Ciri-ciri Teks Eksplanasi

  1. Strukturnya terdiri dari penyataan umum, urutan sebab akibat, serta interpretasi.
  2. Informasi yang dimuat dengan berdasarkan fakta (faktual).
  3. Faktual tersebut memuat informasi yang sifatanya itu ilmiah/keilmuan, contohnya seperti sains.
  4. Sifatnya informatif serta tidak berusaha untuk memengaruhi pembaca untuk bisa percaya terhadap hal yang dibahas.
  5. Memiliki/menggunakan sequence markers. Contohnya pertama, kedua, ketiga, dan sebagainya. Bisa juga dengan menggunakan: pertama, berikutnya, terakhir.
Baca Juga :  Beri contoh alat-alat yang digunakan pada Zaman Batu Tua, Batu Tengah, Batu Baru dan Batu Besar ...

Ciri khas teks eksplanasi yang tampak pada paragraf pertama teks tersebut adalah penggunaan konteks ilmiah didasari teori yang relevan, yaitu menjelaskan asal-usul kata disertai pendapat ahli. Hal tersebut ditunjukan pada kalimat pertama dan ketiga.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan B.space 


itulah kunci jawaban dan rangkuman mengenai pertanyaan dan pembahasan soal nya. semoga bermanfaat untuk adik dan teman teman semua. nantikan jawaban yang berkualitas lainya hanya di situs faq.co.id ini. Terimakasih semoga dapat nilai yang bagus dan dapat juara kelas ya.

>>>DISCLAIMER <<<

Orangtua dapat mengoreksi kembali jawaban diatas. kunci jawaban ini sebagai bahan referensi dan panduan belajar siswa di rumah. untuk itu siswa dapat memeriksanya kembali apabila ada kesalahan atau penulisan isi jawaban.

Tinggalkan komentar

Faq App

Aplikasi ringan dan simple untuk mencari kunci jawaban pertanyaan yang beredar diinternet. mulai kunci jawaban tingkat sd smp dan sma sederajat. dilengkap dengan pembahasan lengkap dan terbaru. 99% isian jawaban akurat dan mudah dimengerti.

Services

Tentang

Kerjasama

Kebijakan Privasi

Hubungi Kami

faqcoid@gmail.com

Jakarta, Indonesia.