, , , , , merupakan beberapa contoh warisan nenek moyang bangsa Indonesia berupa cerita rakyat. Cerita tersebut diturunkan melalui lisan. Pewarisan tersebut dilakukan oleh pemilik asli dari kebudayaan tempat cerita tersebut berasal. Purwadi (2009: 2) mengatakan bahwa cerita rakyat berbentuk anonim dilestarikan oleh masyarakat pendukung dengan sukarela, dan tidak ada yang berhak untuk memonopoli kepemilikan cerita tersebut. Dengan demikian, cerita rakyat dapat dipastikan tidak diketahui penutur utamanya karena telah banyak yang diwariskan., , Di mataku, ia tampak seperti pemberontak Germania yang takluk diperangi tentara Praetorian dalam film-film klasik Romawi. Ia terluka. Sabetan , melintang di bawah ketiaknya. Luka yang dalam dan panjang membuatnya tak dapat menegakkan tubuh dengan sempurna. Jika ia mengangkat wajah, menyorot dua bola mata yang keruh. Alisnya serupa bulan sabit, tatapannya ingin menelan. Kedua mata itu berbicara lebih lancang dari mulutnya, namun menyimpan rahasia yang dalam, seperti ada cinta yang juga terluka, hidup yang tersia-sia, dan dendam yang membara.,

kalau kita melihat pertanyaan ini sering tidak menemukan jawaban dan cara penyelesaianya. kita sudah mencarinya kesana sini diinternet. Untuk menyelesaikan pertanyaan yang sulit tersebut, faq.co.id telah menyiapkan soal beserta caranya. Mulai dari kelas 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 juga tersedia secara gratis.

diharapkan dengan adanya jawaban soal ini dapat mempermudah kamu dalam belajar di rumah maupun disekolah saat diberikan tugas oleh bapak/ ibu guru. materi yang disediakan sangat lengkap mulai matematika, ipa, ips, penjaskes, kimia, fisika, ekonomi, dan materi pelajaran lainya. oke teman teman jangan berlama lagi mari simak pertanyaan dan penjelasan lengkapnya dibawah ini ya.

PERTANYAAN :


Bacalah kutipan buku berikut dengan seksama!

Teks 1

Roro Jonggrang, Legenda Danau Toba, Andhe-Andhe Lumut merupakan beberapa contoh warisan nenek moyang bangsa Indonesia berupa cerita rakyat. Cerita tersebut diturunkan melalui lisan. Pewarisan tersebut dilakukan oleh pemilik asli dari kebudayaan tempat cerita tersebut berasal. Purwadi (2009: 2) mengatakan bahwa cerita rakyat berbentuk anonim dilestarikan oleh masyarakat pendukung dengan sukarela, dan tidak ada yang berhak untuk memonopoli kepemilikan cerita tersebut. Dengan demikian, cerita rakyat dapat dipastikan tidak diketahui penutur utamanya karena telah banyak yang diwariskan.

Baca Juga :  Buatlah satu contoh kegiatan mengolah sampah organik atau anorganik, dengan menuliskan:

Teks 2

Di mataku, ia tampak seperti pemberontak Germania yang takluk diperangi tentara Praetorian dalam film-film klasik Romawi. Ia terluka. Sabetan machete melintang di bawah ketiaknya. Luka yang dalam dan panjang membuatnya tak dapat menegakkan tubuh dengan sempurna. Jika ia mengangkat wajah, menyorot dua bola mata yang keruh. Alisnya serupa bulan sabit, tatapannya ingin menelan. Kedua mata itu berbicara lebih lancang dari mulutnya, namun menyimpan rahasia yang dalam, seperti ada cinta yang juga terluka, hidup yang tersia-sia, dan dendam yang membara.undefined 

Termasuk ke dalam jenis buku apakah kedua teks di atas? Tuliskan beserta alasannya (minimal tiga alasan)!undefined 

Jawaban

teks 1 merupakan kutipan dari buku nonfiksi sedangkan teks 2 merupakan kutipan dari buku fiksi.undefined 


Pembahasan

Teks 1 merupakan kutipan dari buku nonfiksi. Teks nonfiksi adalah teks yang dibuat berdasarkan kenyataan yang ada, merupakan realita tanpa mengada-ada, atau teks yang berisikan hal yang benar terjadi dalam kehidupan. Teks 1 merupakan kutipan dari buku nonfiksi karena merupakan tulisan ilmiah populer berupa artikel, bahasa yang digunakan bersifat denotatif dan tidak bermakna ganda, serta yang dituliskan berdasarkan data dan fakta. Berdasarkan kutipan berikut:

Baca Juga :  Naskah proklamasi yang autentikadalah ...

Roro Jonggrang, Legenda Danau Toba, Andhe-Andhe Lumut merupakan beberapa contoh warisan nenek moyang bangsa Indonesia berupa cerita rakyat.

Teks 1 bahkan menyertakan kutipan dari ahli, yaitu:

Purwadi (2009: 2) mengatakan bahwa cerita rakyat berbentuk anonim dilestarikan oleh masyarakat pendukung dengan sukarela, dan tidak ada yang berhak untuk memonopoli kepemilikan cerita tersebut.

Teks 2 merupakan kutipan dari buku fiksi. Teks cerita fiksi adalah teks yang berisi cerita rekaan (bukan dari kejadian nyata), atau cerita yang berdasarkan fantasi penulisnya. Teks 2 merupakan kutipan dari buku fiksi karena bersifat rekaan, bahasa yang digunakan bersifat konotatif, dan menghibur pembacanya. Berdasarkan kutipan berikut:

Jika ia mengangkat wajah, menyorot dua bola mata yang keruh. Alisnya serupa bulan sabit, tatapannya ingin menelan. Kedua mata itu berbicara lebih lancang dari mulutnya, namun menyimpan rahasia yang dalam, seperti ada cinta yang juga terluka, hidup yang tersia-sia, dan dendam yang membara.

Oleh karena itu, teks 1 termasuk dalam jenis buku nonfiksi dan teks 2 termasuk dalam jenis buku fiksi. 

Dengan demikian, teks 1 merupakan kutipan dari buku nonfiksi sedangkan teks 2 merupakan kutipan dari buku fiksi.undefined 

Baca Juga :  Jelaskan teori-teori mengenai proses masuk dan berkembangnya agama Islam di Indonesia. Berikan pula bukti-buktinya!


itulah kunci jawaban dan rangkuman mengenai pertanyaan dan pembahasan soal nya. semoga bermanfaat untuk adik dan teman teman semua. nantikan jawaban yang berkualitas lainya hanya di situs faq.co.id ini. Terimakasih semoga dapat nilai yang bagus dan dapat juara kelas ya.

DISCLAIMER

Orangtua dapat mengoreksi kembali jawaban diatas. kunci jawaban ini sebagai bahan referensi dan panduan belajar siswa di rumah. untuk itu siswa dapat memeriksanya kembali apabila ada kesalahan atau penulisan isi jawaban.

Tinggalkan komentar

Faq App

Aplikasi ringan dan simple untuk mencari kunci jawaban pertanyaan yang beredar diinternet. mulai kunci jawaban tingkat sd smp dan sma sederajat. dilengkap dengan pembahasan lengkap dan terbaru. 99% isian jawaban akurat dan mudah dimengerti.

Services

Tentang

Kerjasama

Kebijakan Privasi

Hubungi Kami

faqcoid@gmail.com

Jakarta, Indonesia.