, Menurut sebagian orang, siput dianggap sebagai hewan yang lamban dan menjijikkan. Bahkan, karena gerakannya yang lamban, tidak jarang orang membanding-bandingkannya dengan kelinci. Siput juga dianggap menjijikkan karena tubuhnya penuh lendir. Di balik anggapan-anggapan itu, sebenarnya siput memiliki kelebihan dan keistimewaan. Kelebihan dan keistimewaan siput ini merupakan karunia Tuhan yang tidak dimiliki oleh hewan-hewan lain. Apa sajakah kelebihan dan keistimewaan tersebut?, Siput merupakan hewan yang berjasa dalam penguraian serpihan daun-daunan. Mengapa siput dikatakan berjasa? Siput memakan daun-daunan dan menjadikannya bagian-bagian yang kecil (serpihan)sehingga mudah untuk diuraikan oleh bakteri pengurai. Jika benda-benda berukuran besar seperti daun berubah menjadi serpihan dan diuraikan maka akan bermanfaat bagi kelestarian lingkungan sekitar siput berada. Hasil penguraian yang diawali oleh siput itu akan berfungsi menjadi pupuk alami sehingga tanah menjadi subur., Siput merupakan pengembara yang mandiri. Meskipun berjalan lamban, siput memiliki staminayang sangat bagus. Daerah pengembaraan siput sangat luas. Pengembaraan siput dimulai·sejak menetas. Setelah menetas, siput langsung mandiri. Siput tidak lagi terikat dan bergantung pada induknya., Siput memiliki pertahanan diri yang baik dalam beradaptasi dengan lingkungan dan mempertahankan diri dari serangan predator. Meskipun lunak, tubuh siput memiliki lendir. Lendir itu berfungsi sebagai minyak pelumas dan pelindung bagi tubuhnya ketika berjalan di permukaan. Jalan sekasar apa pun dan seterjal apa pun akan mudah dilalui tanpa melukai tubuh. Selain itu, siput juga dikaruniai Tuhan dengan cangkang. Cangkang ini berfungsi sebagai rumah yang memberikan kenyamanan dan keamanan bagi tubuhnya. Cangkang juga berfungsi sebagai tempat persembunyian siput ketika terancam oleh lingkungan atau predator. Meskipun terik panas atau pun hujan, siput tetap bisa hidup nyaman dan aman dengan cangkangnya. Predator pun akan kebingungan untuk memangsa siput karena tubuhnya terlindungi oleh cangkang yang keras., Jadi, siput bukanlah hewan lemah. Siput adalah hewan istimewa yang memiliki banyak kelebihan. Siput diciptakan Tuhan dengan kekurangan sekaligus dengan kelebihan. Begitu juga dengan manusia, diciptakan Tuhan dengan kelebihan dan kekurangan. Oleh karena itu, kalian tidak boleh menyombongkan diri dengan kelebihan yang kalian miliki. Kalian juga jangan rendah diri jika memiliki kekurangan.,

kalau kita melihat pertanyaan ini sering tidak menemukan jawaban dan cara penyelesaianya. kita sudah mencarinya kesana sini diinternet. Untuk menyelesaikan pertanyaan yang sulit tersebut, faq.co.id telah menyiapkan soal beserta caranya. Mulai dari kelas 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 juga tersedia secara gratis.

diharapkan dengan adanya jawaban soal ini dapat mempermudah kamu dalam belajar di rumah maupun disekolah saat diberikan tugas. oke teman teman jangan berlama lagi mari simak penjelasan lengkapnya dibawah ini ya.

Bacalah teks berikut ini!
 

Siput Bukanlah Hewan Lemah

    Menurut sebagian orang, siput dianggap sebagai hewan yang lamban dan menjijikkan. Bahkan, karena gerakannya yang lamban, tidak jarang orang membanding-bandingkannya dengan kelinci. Siput juga dianggap menjijikkan karena tubuhnya penuh lendir. Di balik anggapan-anggapan itu, sebenarnya siput memiliki kelebihan dan keistimewaan. Kelebihan dan keistimewaan siput ini merupakan karunia Tuhan yang tidak dimiliki oleh hewan-hewan lain. Apa sajakah kelebihan dan keistimewaan tersebut?

  Siput merupakan hewan yang berjasa dalam penguraian serpihan daun-daunan. Mengapa siput dikatakan berjasa? Siput memakan daun-daunan dan menjadikannya bagian-bagian yang kecil (serpihan) sehingga mudah untuk diuraikan oleh bakteri pengurai. Jika benda-benda berukuran besar seperti daun berubah menjadi serpihan dan diuraikan maka akan bermanfaat bagi kelestarian lingkungan sekitar siput berada. Hasil penguraian yang diawali oleh siput itu akan berfungsi menjadi pupuk alami sehingga tanah menjadi subur.

  Siput merupakan pengembara yang mandiri. Meskipun berjalan lamban, siput memiliki stamina yang sangat bagus. Daerah pengembaraan siput sangat luas. Pengembaraan siput dimulai·sejak menetas. Setelah menetas, siput langsung mandiri. Siput tidak lagi terikat dan bergantung pada induknya.

   Siput memiliki pertahanan diri yang baik dalam beradaptasi dengan lingkungan dan mempertahankan diri dari serangan predator. Meskipun lunak, tubuh siput memiliki lendir. Lendir itu berfungsi sebagai minyak pelumas dan pelindung bagi tubuhnya ketika berjalan di permukaan. Jalan sekasar apa pun dan seterjal apa pun akan mudah dilalui tanpa melukai tubuh. Selain itu, siput juga dikaruniai Tuhan dengan cangkang. Cangkang ini berfungsi sebagai rumah yang memberikan kenyamanan dan keamanan bagi tubuhnya. Cangkang juga berfungsi sebagai tempat persembunyian siput ketika terancam oleh lingkungan atau predator. Meskipun terik panas atau pun hujan, siput tetap bisa hidup nyaman dan aman dengan cangkangnya. Predator pun akan kebingungan untuk memangsa siput karena tubuhnya terlindungi oleh cangkang yang keras.

  Jadi, siput bukanlah hewan lemah. Siput adalah hewan istimewa yang memiliki banyak kelebihan. Siput diciptakan Tuhan dengan kekurangan sekaligus dengan kelebihan. Begitu juga dengan manusia, diciptakan Tuhan dengan kelebihan dan kekurangan. Oleh karena itu, kalian tidak boleh menyombongkan diri dengan kelebihan yang kalian miliki. Kalian juga jangan rendah diri jika memiliki kekurangan.space 

Sumber: http://www.imron.web.id/2077/72/pembelajaran-5-siput-bukanlah-hewan-lemah.html dengan pengubahan seperlu nya.space 

Table of Contents

Jawaban

ide pokok paragraf ke-5 adalah “Siput bukanlah hewan lemah” dan kalimat pengembangnya yaitu “Siput adalah hewan istimewa yang memiliki banyak kelebihan”.space 


Pembahasan

Ide pokok adalah ide, gagasan, atau pokok pikiran yang menjadi dasar sebuah paragraf. Ide pokok disajikan ke dalam bentuk kalimat utama. Kalimat utama yang memuat ide pokok bisa berada di awal paragraf, di tengah paragraf, atau di akhir paragraf.

Untuk menentukan ide pokok pada suatu bacaan, terdapat beberapa cara atau langkah, yaitu:

  1. Baca seluruh paragraf dengan cermat
  2. Cermati kalimat pertama hingga kalimat akhir
  3. Baca secara teliti tiap kalimatnya
  4. Tandai ide pokok jika sudah menemukan kalimat utamanya
  5. Tandai informasi penting yang ada pada paragraf

Kalimat pengembang adalah kalimat yang berfungsi menerangkan kalimat utama atau ide pokok. Cara mengembangkan ide pokok menjadi kalimat, yaitu:

  1. Membaca dan memahami suatu bacaan secara cermat
  2. Menentukan ide pokok dari tiap paragraf bacaan tersebut
  3. Menyusun kerangka dan ringkasan tanpa mengurangi ide pokoknya
  4. Mulai mengembangkan ide pokok menjadi sebuah kalimat atau paragraf

Berdasarkan uraian tersebut, maka dapat disimpulkan ide pokok paragraf ke-5 bacaan di atas adalah Siput bukanlah hewan lemah, karena kalimat tersebut merupakan kalimat utama dan menjadi dasar paragraf ke-5. Sedangkan kalimat pengembang bacaan di atas yaitu Siput adalah hewan istimewa yang memiliki banyak kelebihan.

Dengan demikian, ide pokok paragraf ke-5 adalah “Siput bukanlah hewan lemah” dan kalimat pengembangnya yaitu “Siput adalah hewan istimewa yang memiliki banyak kelebihan”.space 


itulah kunci jawaban dan rangkuman mengenai pertanyaan dan pembahasan soalnya. semoga bermanfaat untuk adik dan teman teman semua. nantikan jawaban lainya hanya di situs faq.co.id ini.

Terimakasih semoga dapat nilai yang bagus dan dapat juara kelas ya.

Tinggalkan komentar