Mengapa tanggal 20 Mei 1908 menjadi tonggak penting dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia ?,

kalau kita melihat pertanyaan ini sering tidak menemukan jawaban dan cara penyelesaianya. kita sudah mencarinya kesana sini diinternet. Untuk menyelesaikan pertanyaan yang sulit tersebut, faq.co.id telah menyiapkan soal beserta caranya. Mulai dari kelas 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 juga tersedia secara gratis.

diharapkan dengan adanya jawaban soal ini dapat mempermudah kamu dalam belajar di rumah maupun disekolah saat diberikan tugas oleh bapak/ ibu guru. materi yang disediakan sangat lengkap mulai matematika, ipa, ips, penjaskes, kimia, fisika, ekonomi, dan materi pelajaran lainya. oke teman teman jangan berlama lagi mari simak pertanyaan dan penjelasan lengkapnya dibawah ini ya.

PERTANYAAN :

Mengapa tanggal 20 Mei 1908 menjadi tonggak penting dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia ?undefined 

Jawaban

tanggal 20 Mei 1908 bertepatan dengan lahirnya Budi Utomo sebagai organisasi modern pertama yang membangkitkan semangat nasionalisme dan rasa persatuan sebagai bangsa Indonesia guna berjuang bersama tanpa terpecah belah. 


Pada 20 Mei 1908 bertepatan dengan berdirinya organisasi Budi Utomo. Berawal dari lawatan seorang alumni bernama Dokter Wahidin Soedirohusodo ke kampusnya yaitu STOVIA (School tot Opleiding voor Inlandsche Arsten) dan bertemu dengan mahasiswa yang bernama Seotomo. Ia menyampaikan gagasannya mengenai pembentukan organisasi yang dapat memajukan derajat bangsa terutama dalam aspek pendidikan dan kebudayaan. Hingga akhirnya gagasan tersebut terealisasikan dengan didirikannya Budi Utomo oleh Dr. Soetomo, Soradji dan Goenawan Mangoenkoesoemo. Budi Utomo merupakan organisasi modern pertama yang menjadi inspirasi bagi kaum nasionalis lainnya. Dengan lahirnya Budi Utomo telah membangkitkan kesadaran rakyat Indonesia mengenai semangat nasionalisme, rasa kesatuan dan persatuan sebagai bangsa yang satu yaitu bangsa Indonesia.  Kelahiran Budi Utomo menjadi babak baru atau tonggak yang menumbuhkan semangat perjuangan. Adanya Budi Utomo membuat perjuangan melawan penjajah tidak lagi bersifat daerah dan menggunakan senjata. Tapi perjuangan yang bersifat nasional dengan memanfaatkan pemikiran bukan kekerasan dan dilakukan oleh kaum-kaum intelektual. Bahkan persatuan dan kesatuan sudah mulai tumbuh. 

Dengan demikian tanggal 20 Mei 1908 bertepatan dengan lahirnya Budi Utomo sebagai organisasi modern pertama yang membangkitkan semangat nasionalisme dan rasa persatuan sebagai bangsa Indonesia guna berjuang bersama tanpa terpecah belah. 


itulah kunci jawaban dan rangkuman mengenai pertanyaan dan pembahasan soal bahasa inggris. semoga bermanfaat untuk adik dan teman teman semua. nantikan jawaban yang berkualitas lainya hanya di situs faq.co.id ini. Terimakasih semoga dapat nilai yang bagus dan dapat juara kelas ya.

>>>DISCLAIMER <<

Orangtua dapat mengoreksi kembali jawaban diatas. kunci jawaban ini sebagai bahan referensi dan panduan belajar siswa di rumah. untuk itu siswa dapat memeriksanya kembali apabila ada kesalahan atau penulisan isi jawaban.

Tinggalkan komentar