, Masih terdengar sampai di sini, dukaMu abadi. Malam pun sesaat terhenti, sewaktu dingin pun terdiam, di luar, langit yang membayang samar., Kueja setia, semua pun yang sempat tiba, sehabis menempuh ladang Qain dan bukit Golgata, sehabis mencecap beribu kata, di sini., di rongga-rongga yang mengecil ini., Kusapa dukaMu jua, yang dahulu, yang meniupkan zarah ruang dan waktu, yang capai menyusun Huruf., Dan terbaca:, sepi manusia, jelaga.

kalau kita melihat pertanyaan ini sering tidak menemukan jawaban dan cara penyelesaianya. kita sudah mencarinya kesana sini diinternet. Untuk menyelesaikan pertanyaan yang sulit tersebut, faq.co.id telah menyiapkan soal beserta caranya. Mulai dari kelas 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 juga tersedia secara gratis.

diharapkan dengan adanya jawaban soal ini dapat mempermudah kamu dalam belajar di rumah maupun disekolah saat diberikan tugas oleh bapak/ ibu guru. materi yang disediakan sangat lengkap mulai matematika, ipa, ips, penjaskes, kimia, fisika, ekonomi, dan materi pelajaran lainya. oke teman teman jangan berlama lagi mari simak pertanyaan dan penjelasan lengkapnya dibawah ini ya.

PERTANYAAN :


Cermatilah puisi di bawah ini!
 

Prologue

Masih terdengar sampai di sini
dukaMu abadi. Malam pun sesaat terhenti
sewaktu dingin pun terdiam, di luar
langit yang membayang samar.

Baca Juga :  Identifikasikan hubungan transportasi dengan pengembangan lahan!,

Kueja setia, semua pun yang sempat tiba
sehabis menempuh ladang Qain dan bukit Golgata
sehabis mencecap beribu kata, di sini.
di rongga-rongga yang mengecil ini.

Kusapa dukaMu jua, yang dahulu
yang meniupkan zarah ruang dan waktu
yang capai menyusun Huruf.
Dan terbaca:
sepi manusia, jelaga.

(Sapardi Djoko Damono)space 

Pemilihan diksi jelaga yang dipakai oleh penyair merupakan lambang untuk …space 

Jawaban

jawaban yang tepat adalah A.space 


Pembahasan

Diksi adalah pilihan kata yang digunakan oleh penyair untuk mengungkapkan gagasan dalam karya sastranya sehingga memperoleh efek yang diharapkan.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), jelaga adalah butiran arang yang halus dan lunak yang terjadi dari asap lampu dan sebagainya berwarna hitam.

Baca Juga :  Bentuk akar cara merasionalkannya., 12, 3221a2

Jika dikaitkan dengan puisi di atas, diksi jelaga yang dipilih penulis memiliki makna  duka yang abadi atau sulit dihilangkan dari hati, seperti butiran arang berwarna hitam yang disebabkan oleh asap lampu. Maka, pemilihan diksi jelaga yang dipakai oleh penyair merupakan lambang untuk duka seseorang yang sangat sulit untuk dihilangkan dan cenderung membekas di hati seseorang.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.space 


itulah kunci jawaban dan rangkuman mengenai pertanyaan dan pembahasan soal nya. semoga bermanfaat untuk adik dan teman teman semua. nantikan jawaban yang berkualitas lainya hanya di situs faq.co.id ini. Terimakasih semoga dapat nilai yang bagus dan dapat juara kelas ya.

Baca Juga :  Tentukan hasil utama reaksi butanol dengan asam sulfat pekat pada suhu berikut,

DISCLAIMER

Orangtua dapat mengoreksi kembali jawaban diatas. kunci jawaban ini sebagai bahan referensi dan panduan belajar siswa di rumah. untuk itu siswa dapat memeriksanya kembali apabila ada kesalahan atau penulisan isi jawaban.

Tinggalkan komentar

Faq App

Aplikasi ringan dan simple untuk mencari kunci jawaban pertanyaan yang beredar diinternet. mulai kunci jawaban tingkat sd smp dan sma sederajat. dilengkap dengan pembahasan lengkap dan terbaru. 99% isian jawaban akurat dan mudah dimengerti.

Services

Tentang

Kerjasama

Kebijakan Privasi

Hubungi Kami

faqcoid@gmail.com

Jakarta, Indonesia.