, Masa saya masih berusia empat tahun, ayah saya telah meninggal.Ia telah meninggalkan saya sebelum saya kenal siapa dia dan betapa rupanya, hanya di dinding masih saya dapati gambarnya, gambar semasa ia masih muda, gagah, dan manis., Ia telah meninggalkan saya dan ibu di dalam keadaan yang sangat melarat. Rumah tempat kami tinggal hanya sebuah rumah kecil yang telah lama, yang lebih dikenal kalau disebut gubuk atau dangau. Kemiskinan kami telah menjadikan ibu putus harapan memandang kehidupan dan pergaulan dunia ini karena tali tempat bergantung sudah putus dan tanah tempat berpijak sudah runtuh. Hanyalah saya yang tinggal, jerat semata, tempat dia menggantungkan pengharapan untuk zaman yang akan datang, zaman yang masih gelap., Meskipun pada masa itu ibu masih muda, ada juga dua tiga orang dari kalangan saudagar-saudagar atau orang-orang berpangkat yang memintanya menjadi istri. Akan tetapi, semua telah ditolaknya dengan perasaan yang sangat terharu. Hatinya belum lupa kepada almarhum ayah, semangatnya boleh dikatakan telah mengikutinya ke kuburan.

kalau kita melihat pertanyaan ini sering tidak menemukan jawaban dan cara penyelesaianya. kita sudah mencarinya kesana sini diinternet. Untuk menyelesaikan pertanyaan yang sulit tersebut, faq.co.id telah menyiapkan soal beserta caranya. Mulai dari kelas 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 juga tersedia secara gratis.

diharapkan dengan adanya jawaban soal ini dapat mempermudah kamu dalam belajar di rumah maupun disekolah saat diberikan tugas oleh bapak/ ibu guru. materi yang disediakan sangat lengkap mulai matematika, ipa, ips, penjaskes, kimia, fisika, ekonomi, dan materi pelajaran lainya. oke teman teman jangan berlama lagi mari simak pertanyaan dan penjelasan lengkapnya dibawah ini ya.

PERTANYAAN :


Bacalah cuplikan novel berikut untuk menjawab soal nomor 21-25.
 

    Masa saya masih berusia empat tahun, ayah saya telah meninggal. Ia telah meninggalkan saya sebelum saya kenal siapa dia dan betapa rupanya, hanya di dinding masih saya dapati gambarnya, gambar semasa ia masih muda, gagah, dan manis.

    Ia telah meninggalkan saya dan ibu di dalam keadaan yang sangat melarat. Rumah tempat kami tinggal hanya sebuah rumah kecil yang telah lama, yang lebih dikenal kalau disebut gubuk atau dangau. Kemiskinan kami telah menjadikan ibu putus harapan memandang kehidupan dan pergaulan dunia ini karena tali tempat bergantung sudah putus dan tanah tempat berpijak sudah runtuh. Hanyalah saya yang tinggal, jerat semata, tempat dia menggantungkan pengharapan untuk zaman yang akan datang, zaman yang masih gelap.

Baca Juga :  Wati, Dewi, Sinta, Heni, Tyas dan Novi duduk berjajar pada sebuah bangku panjang. Tentukan banyak susunan mereka duduk agar memenuhi kondisi berikut., b. Dewi dan Heni tidak berdekatan,

    Meskipun pada masa itu ibu masih muda, ada juga dua tiga orang dari kalangan saudagar-saudagar atau orang-orang berpangkat yang memintanya menjadi istri. Akan tetapi, semua telah ditolaknya dengan perasaan yang sangat terharu. Hatinya belum lupa kepada almarhum ayah, semangatnya boleh dikatakan telah mengikutinya ke kuburan.

(Sumber: Di Bawah Lindungan Kabah, Hamka)space

Ringkasan yang sesuai dengan cuplikan novel tersebut adalah …..space 

Jawaban

jawaban yang tepat adalah pilihan A.space


Pembahasan

Ikhtisar merupakan teks yang dibuat secara ringkas berdasarkan teks asli. Ikhtisar memuat keseluruhan isi teks. Dengan kata lain, ikhtisar merupakan ringkasan teks asli. 
Berikut cara menyusun ikhtisar:

  • menentutkan tujuan pembacaan
  • membaca teks asli dengan cermat
  • mencacat gagasan utama
  • menyusun kerangka tulisan ikhtisar
  • memeriksa teks asli
Baca Juga :  Suatusenyawa tersusun atas unsur H, C, dan O. Dalam 44,96 g senyawa tersebut terdapat 1,01 g atom H dan 11,98 g atom C. Tentukan rumus empiris dan rumus molekul jika senyawa tersebut memiliki jumlah molekul , !, (Ar: H = 1 , ,C = 12 , , dan O= 16 , ) .

Adapun hasil analisis isi cuplikan nover tersebut adalah kehidupan tokoh saya dan ibunya yang harus hidup melarat, selepas meninggalnya tokoh ayah. Berdasarkan kutipan:
“… Ia telah meninggalkan saya sebelum saya kenal siapa dia dan betapa rupanya. … Ia telah meninggalkan saya dan ibu di dalam keadaan yang sangat melarat. … Hatinya belum lupa kepada almarhum ayah, semangatnya boleh dikatakan telah mengikutinya ke kuburan.”
Kalimat-kalimat tersebut merupakan gagasan utama tiap paragrafnya yang memuat poin-poin: tokoh saya tidak pernah bertemu ayahnya karena meninggal sejak ia masih kecil, memiliki kehidupan yang melarat, sehingga ia menjadi tumpuan ibunya saat ini, dan ibunya menolak lamaran sejumlah saudagar karena setia kepada almarhum suaminya (ayah dari tokoh saya). Berdasarkan, kutipan tersebut dapat dikembangkan menjadi ikhtisar atau ringkasan cuplikan novel tersebut.
 

Baca Juga :  (1) , merupakan salah satu judul cerpen karya Caswati. (2) Cerpen tersebut dibuat untuk Iomba bulan bahasa dan sastra yang diselenggarakan oleh Balai Bahasa Yogyakarta. (3) Cerpen karangan mahasiswi jurusan sastra di UGM ini menyeritakan kisah perjuangan seorang Emak. (4) Ia rela melakukan pekerjaan berat demi Dani dan Dina. (5) Dia berharap agar kedua anaknya dapat terus bersekolah dan berharap agar mereka sukses.,

Dengan demikian jawaban yang tepat adalah pilihan A.space


itulah kunci jawaban dan rangkuman mengenai pertanyaan dan pembahasan soal nya. semoga bermanfaat untuk adik dan teman teman semua. nantikan jawaban yang berkualitas lainya hanya di situs faq.co.id ini. Terimakasih semoga dapat nilai yang bagus dan dapat juara kelas ya.

DISCLAIMER

Orangtua dapat mengoreksi kembali jawaban diatas. kunci jawaban ini sebagai bahan referensi dan panduan belajar siswa di rumah. untuk itu siswa dapat memeriksanya kembali apabila ada kesalahan atau penulisan isi jawaban.

Tinggalkan komentar

Faq App

Aplikasi ringan dan simple untuk mencari kunci jawaban pertanyaan yang beredar diinternet. mulai kunci jawaban tingkat sd smp dan sma sederajat. dilengkap dengan pembahasan lengkap dan terbaru. 99% isian jawaban akurat dan mudah dimengerti.

Services

Tentang

Kerjasama

Kebijakan Privasi

Hubungi Kami

faqcoid@gmail.com

Jakarta, Indonesia.