Lengkapilah tabel organisasi pergerakan nasional Indonesia berikut ini!

kalau kita melihat pertanyaan ini sering tidak menemukan jawaban dan cara penyelesaianya. kita sudah mencarinya kesana sini diinternet. Untuk menyelesaikan pertanyaan yang sulit tersebut, faq.co.id telah menyiapkan soal beserta caranya. Mulai dari kelas 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 juga tersedia secara gratis.

diharapkan dengan adanya jawaban soal ini dapat mempermudah kamu dalam belajar di rumah maupun disekolah saat diberikan tugas oleh bapak/ ibu guru. materi yang disediakan sangat lengkap mulai matematika, ipa, ips, penjaskes, kimia, fisika, ekonomi, dan materi pelajaran lainya. oke teman teman jangan berlama lagi mari simak pertanyaan dan penjelasan lengkapnya dibawah ini ya.

PERTANYAAN :

Lengkapilah tabel organisasi pergerakan nasional Indonesia berikut ini!

Table of Contents

Jawaban

organisasi-organisai pergerakan nasional Indonesia yang pernah berdiri diawali oleh Budi Utomo hingga Partai Nasional Indonesia (PNI).


Pembahasan

Diketahui bahwa pada abad ke-20, pemerintah kolonial Belanda mulai menerapkan Politik Etis yang salah satu kebijakannya adalah memberikan pendidikan kepada kaum pribumi Hindia Belanda. Akibatnya, lahirlah kaum pribumi terpelajar yang kemudian mendirikan berbagai organisasi. Mereka membawa cara baru melawan penjajah dengan tidak mengandalkan perlawanan fisik, melainkan kemampuan intelektual yang dimiliki. Berikut ini adalah beberapa organisasi pergerakan nasional.

  1. Sarekat Islam (SI) : Sarekat Islam didirikan di Solo pada tanggal 16 Oktober 1905 oleh Haji Samanhudi. Sarekat Islam (yang awalnya bernama Sarekat Dagang Islam) merupakan organisasi yang didirikan sebagai wadah perkumpulan dan pergerakan bagi para pedagang muslim pribumi. Maksud awal pendirian Sarekat Islam adalah untuk menghimpun para pedagang pribumi muslim agar dapat bersaing dengan pedagang asing (Tionghoa)
  2. Indische Partij (IP) :  Indische Partij didirikan pada 25 Desember 1912 oleh Ernest François Eugène Douwes Dekker (alias Danurdija Setiabudi) bersama dengan Cipto Mangunkusumo dan Suwardi Suryaningrat (alias Ki Hajar Dewantara). Para pendiri partai politik ini sering disebut juga sebagai “Tiga Serangkai.” Tujuan dari pembentukan Indische Partij adalah untuk menuntut kemerdekaan bagi Hindia Belanda dan menyatukan berbagai golongan masyarakat di Hindia Belanda. Strategi yang digunakan adalah radikal, yaitu secara terang-terangan menentang pemerintahan kolonial Belanda serta tidak ingin bekerja sama dengan pemerintah kolonial Belanda (nonkooperatif).
  3. Perhimpunan Indonesia (PI) : Perhimpunan Indonesia merupakan salah satu organisasi pergerakan nasional yang didirikan oleh para pelajar Indonesia yang menempuh pendidikan di Belanda. Organisasi ini pada awalnya bernama Indische Vereeniging yang berarti perhimpunan Hindia. Organisasi ini didirikan tahun 1908 di Belanda.  Pendirinya adalah para pelajar Indonesia, yang sedang belajar di negeri Belanda. Tokoh pendiri organisasi ini, diantaranya Sutan Kasayangan dan R. M. Noto Suroto. Keduanya merupakan pelajar Indonesia di Belanda. Tujuan utama PI adalah Indonesia merdeka dengan pemerintahan sendiri
  4. Partai Nasional Indonesia (PNI) : di dirikan di bandung pada 4 Juli 1924 oleh kaum terpelajar yang di pimpin oleh Ir. Sukarno sebagai tokoh proklamator kemerdekaan indonesia. Tujuan Organisasi PNI adalah kemerdekaan Indonesia dan tujuan itu dicapai dengan asas percaya pada diri sendiri. Asas dari PNI adalah: Selp help, yaitu bekerja menurut kemampuan sendiri baik dalam lapangan politik, ekonomi, maupun budaya, nonkooperatif, yaitu tidak menjalin kerjasama dengan penjajah, sosio-demokrasi atau marhaenisme, yaitu dengan pengerahan masa rakyat tertindas yang hidup dalam kemiskinan di tanah yang kaya raya.

Dengan demikian, organisasi-organisai pergerakan nasional Indonesia yang pernah berdiri diawali oleh Budi Utomo hingga Partai Nasional Indonesia (PNI).


itulah kunci jawaban dan rangkuman mengenai pertanyaan dan pembahasan soal bahasa inggris. semoga bermanfaat untuk adik dan teman teman semua. nantikan jawaban yang berkualitas lainya hanya di situs faq.co.id ini. Terimakasih semoga dapat nilai yang bagus dan dapat juara kelas ya.

>>>DISCLAIMER <<

Orangtua dapat mengoreksi kembali jawaban diatas. kunci jawaban ini sebagai bahan referensi dan panduan belajar siswa di rumah. untuk itu siswa dapat memeriksanya kembali apabila ada kesalahan atau penulisan isi jawaban.

Tinggalkan komentar