, Kupu-kupu termasuk ke dalam kingdom Animalia. Artinya, kupu-kupu adalah hewan. Kingdom Animalia adalah kingdom yang anggotanya-anggotanya terdiri atas berbagai macam hewan. Di dunia ini ada berbagai macam kingdom makhluk hidup, di antaranya adalah Protista, Jamur (Fungi), Monera, dan Animalia., Dari kingdom Animalia, kupu-kupu termasuk ke dalam filum Arthropoda. Arthropoda merupakan filum yang anggotanya adalah hewan yang berkaki beruas-ruas atau berbuku-buku. Filum ini merupakan filum hewan paling besar, baik dalam jumlah maupun daerah distribusinya. Arthropoda dibagi menjadi empat kelas lagi, yakni Crustacea, Insecta, Arachnida, dan Myrrapoda. Kupu-kupu termasuk ke dalam kelas Insecta., Kupu-kupu merupakan hewan Insecta yang bersayap (Pterygota). Sayap kupu-kupu sangat indah dan memiliki berbagai macam motif. Sayap kupu-kupu termasuk jenis sayap yang bersisik (Lepidoptera). Banyak orang yang mengagumi keunikan sayap kupu-kupu hingga mengawetkannya untuk dijadikan hewan koleksi. Salah satu fungsi sayap kupu-kupu adalah untuk membedakan jenis-jenisnya., Dalam perkembangan menuju kedewasaan, Pterygota mengalami metamorfosis. Metamorfosis pada Pterygota dapat dibedakan menjadi dua, yakni Hemimetabola dan Holometabola. Hemimetabola adalah serangga yang mengalami metamorfosis tidak sempurna. Sementara itu, Holometabola adalah serangga yang mengalami metamorfosis sempurna. Kupu-kupu termasuk ke dalam golonganHolometabola. Binatang ini mengalamimetamorfosis sempurna dari ulat menjadi kupu-kupu dengan tahapan: telur, larva. (ulat), pupa, dan imago., Di balik keindahannya, kupu-kupu juga mempunyai fungsi dalam ekosistem. Salah satunya adalah untuk membantu tumbuhan melakukan penyerbukan . Bahkan, ada juga kupu-kupu yang menghasilkan benang-benang sutra, yaitu kupu-kupu Bombix Mori.

kalau kita melihat pertanyaan ini sering tidak menemukan jawaban dan cara penyelesaianya. kita sudah mencarinya kesana sini diinternet. Untuk menyelesaikan pertanyaan yang sulit tersebut, faq.co.id telah menyiapkan soal beserta caranya. Mulai dari kelas 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 juga tersedia secara gratis.

diharapkan dengan adanya jawaban soal ini dapat mempermudah kamu dalam belajar di rumah maupun disekolah saat diberikan tugas oleh bapak/ ibu guru. materi yang disediakan sangat lengkap mulai matematika, ipa, ips, penjaskes, kimia, fisika, ekonomi, dan materi pelajaran lainya. oke teman teman jangan berlama lagi mari simak pertanyaan dan penjelasan lengkapnya dibawah ini ya.

PERTANYAAN :

Bacalah laporan hasil observasi berikut!

 

Kupu-Kupu

    Kupu-kupu termasuk ke dalam kingdom Animalia. Artinya, kupu-kupu adalah hewan. Kingdom Animalia adalah kingdom yang anggotanya-anggotanya terdiri atas berbagai macam hewan. Di dunia ini ada berbagai macam kingdom makhluk hidup, di antaranya adalah Protista, Jamur (Fungi), Monera, dan Animalia.
    Dari kingdom Animalia, kupu-kupu termasuk ke dalam filum Arthropoda. Arthropoda merupakan filum yang anggotanya adalah hewan yang berkaki beruas-ruas atau berbuku-buku. Filum ini merupakan filum hewan paling besar, baik dalam jumlah maupun daerah distribusinya. Arthropoda dibagi menjadi empat kelas lagi, yakni Crustacea, Insecta, Arachnida, dan Myrrapoda. Kupu-kupu termasuk ke dalam kelas Insecta.
    Kupu-kupu merupakan hewan Insecta yang bersayap (Pterygota). Sayap kupu-kupu sangat indah dan memiliki berbagai macam motif. Sayap kupu-kupu termasuk jenis sayap yang bersisik (Lepidoptera). Banyak orang yang mengagumi keunikan sayap kupu-kupu hingga mengawetkannya untuk dijadikan hewan koleksi. Salah satu fungsi sayap kupu-kupu adalah untuk membedakan jenis-jenisnya.
    Dalam perkembangan menuju kedewasaan, Pterygota mengalami metamorfosis. Metamorfosis pada Pterygota dapat dibedakan menjadi dua, yakni Hemimetabola dan Holometabola. Hemimetabola adalah serangga yang mengalami metamorfosis tidak sempurna. Sementara itu, Holometabola adalah serangga yang mengalami metamorfosis sempurna. Kupu-kupu termasuk ke dalam golongan Holometabola. Binatang ini mengalami metamorfosis sempurna dari ulat menjadi kupu-kupu dengan tahapan: telur, larva. (ulat), pupa, dan imago.
    Di balik keindahannya, kupu-kupu juga mempunyai fungsi dalam ekosistem. Salah satunya adalah untuk membantu tumbuhan melakukan penyerbukan . Bahkan, ada juga kupu-kupu yang menghasilkan benang-benang sutra, yaitu kupu-kupu Bombix Mori.

Sumber: http://www.materibelajar.id/2016/10/5-contohteks-laporan-hasil-observasi.html#, dengan penyesuaianundefined 

Table of Contents

Jawaban

jawaban yang benar adalah pilihan E.undefined 


Pembahasan

Teks tersebut merupakan teks laporan hasil observasi. Teks laporan hasil observasi adalah teks yang memberikan informasi secara umum tentang sesuatu berdasarkan fakta dari hasil pengamatan secara langsung.

Gagasan utama adalah ide/gagasan yang menjadi pokok pengembangan paragraf. Berikut lima langkah menemukan ide pokok:

  1. Baca seluruh paragraf dengan cermat. 
  2. Cermati kalimat pertama hingga akhir. 
  3. Baca kalimat demi kalimat sampai menemukan ide pokok paragraf. Dalam suatu paragraf, ide pokok biasanya terletak  di awal, akhir, atau awal dan akhir paragraf. 
  4. Tandai ide pokok tiap paragraf. 
  5. Tandai info penting dalam tiap paragraf. 

Gagasan utama paragraf keempat dalam teks tersebut terletak di akhir paragraf karena kalimat terakhir merupakan kalimat utama. Jadi, gagasan utamanya adalah kupu-kupu mengalami metamorfosis sempurna dalam perkembangan kedewasaannya.

Berdasarkan kutipan:

Kupu-kupu termasuk ke dalam golongan Holometabola. Binatang ini mengalami metamorfosis sempurna dari ulat menjadi kupu-kupu dengan tahapan: telur, larva. (ulat), pupa, dan imago.

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah pilihan E.undefined 


itulah kunci jawaban dan rangkuman mengenai pertanyaan dan pembahasan soal bahasa inggris. semoga bermanfaat untuk adik dan teman teman semua. nantikan jawaban yang berkualitas lainya hanya di situs faq.co.id ini. Terimakasih semoga dapat nilai yang bagus dan dapat juara kelas ya.

>>>DISCLAIMER <<

Orangtua dapat mengoreksi kembali jawaban diatas. kunci jawaban ini sebagai bahan referensi dan panduan belajar siswa di rumah. untuk itu siswa dapat memeriksanya kembali apabila ada kesalahan atau penulisan isi jawaban.

Tinggalkan komentar