Kepala Sekolah : Bulan depan ada pemilihan Ketua OSIS yang pertama disekolah ini. Apakah adik-adik sepakat jika pemilihanKetua OSIS dilakukan dengancara pemilihan umum ataupencoblosan?, Rina :Saya tidak setuju Pak, sekolahkita belum genap satu tahunsehingga cara pemilihanumum bukan cara yang ideal.Siswa-siswa di sekolah inibelum mengenal satu samalain., Joni :Saya … dengan Rina.Negara kita negara demokrasi.Pemilihan Kepala Daerahhingga Presiden ditentukandengan pemilihan umum.Tidak ada salahnya kitamencontoh hal tersebut dalammenentukan pemimpin., Kevin :Dalam hal mencari pemimpinOSIS di sekolah kita yangbaru ini, saya rasa lebih baikdiserahkan kepada guru-gurudan jajaran Kepala Sekolah.Saya rasa, merekalah yangmemiliki kapabilitas untukmembantu memilih ketuaOSIS dengan baik., Abdul :Saya sependapat denganKevin. Selain itu, pemilihandengan sistem musyawarahdapat menghematpengeluaran., KepalaSekolah : Bagaimana denganmekanismenya?, Kevin : Saya rasa perlu adapanitiapemilihan yang mengaturmekanisme musyawarah.Panitia pemilihan perlumendaftarkan diri dandiseleksi Kepala Sekolah., Rina : Sepakat dengan Kevin, setelahitu calon ketua OSIS jugaperlu mendaftarkan dirinya kepada Panitia Pemilihanyang tentunya terdapatbeberapa persyaratan.,

kalau kita melihat pertanyaan ini sering tidak menemukan jawaban dan cara penyelesaianya. kita sudah mencarinya kesana sini diinternet. Untuk menyelesaikan pertanyaan yang sulit tersebut, faq.co.id telah menyiapkan soal beserta caranya. Mulai dari kelas 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 juga tersedia secara gratis.

diharapkan dengan adanya jawaban soal ini dapat mempermudah kamu dalam belajar di rumah maupun disekolah saat diberikan tugas oleh bapak/ ibu guru. materi yang disediakan sangat lengkap mulai matematika, ipa, ips, penjaskes, kimia, fisika, ekonomi, dan materi pelajaran lainya. oke teman teman jangan berlama lagi mari simak pertanyaan dan penjelasan lengkapnya dibawah ini ya.

PERTANYAAN :


Perhatikan dialog di bawah ini untuk menjawab soal nomor 33 s.d. 38!

Kepala Sekolah : Bulan depan ada pemilihan Ketua OSIS yang pertama di sekolah ini. Apakah adik-adik sepakat jika pemilihan Ketua OSIS dilakukan dengan cara pemilihan umum atau pencoblosan? 

Rina : Saya tidak setuju Pak, sekolah kita belum genap satu tahun sehingga cara pemilihan umum bukan cara yang ideal. Siswa-siswa di sekolah ini belum mengenal satu sama lain.

Joni : Saya … dengan Rina. Negara kita negara demokrasi. Pemilihan Kepala Daerah hingga Presiden ditentukan dengan pemilihan umum. Tidak ada salahnya kita mencontoh hal tersebut dalam menentukan pemimpin. 

Kevin : Dalam hal mencari pemimpin OSIS di sekolah kita yang baru ini, saya rasa lebih baik diserahkan kepada guru-guru dan jajaran Kepala Sekolah. Saya rasa, merekalah yang memiliki kapabilitas untuk membantu memilih ketua OSIS dengan baik. 

Abdul : Saya sependapat dengan Kevin. Selain itu, pemilihan dengan sistem musyawarah dapat menghemat pengeluaran. 

Baca Juga :  Sebuah partikel bergerak melingkar beraturan dan dalam waktu 4 sekon, dan benda tersebut melakukan 20 putaran. Berapa waktu yang diperlukan untuk menempuh1 putaran, 5 putaran, dan 16 putaran?

Kepala Sekolah : Bagaimana dengan mekanismenya? 

Kevin : Saya rasa perlu ada panitia pemilihan yang mengatur mekanisme musyawarah. Panitia pemilihan perlu mendaftarkan diri dan diseleksi Kepala Sekolah. 

Rina : Sepakat dengan Kevin, setelah itu calon ketua OSIS juga perlu mendaftarkan dirinya kepada Panitia Pemilihan yang tentunya terdapat beberapa persyaratan.space 

Di bawah ini yang tidak termasuk alasan dari tim oposisi pada debat tersebut adalah …space 

Jawaban

jawaban yang benar adalah pilihan A.space 


Pembahasan

Debat adalah proses saling bertukar pendapat untuk membahas suatu isu dengan masing-masing pihak yang berdebat memberi alasan. Bila perlu diberikan tambahan informasi, bukti, dan data untuk mempertahankan pendapat masing-masing.

Unsur-unsur debat antara lain:

  1. Mosi, yaitu isu, permasalahan, hal, tema, atau topik yang menjadi bahan debat. Mosi biasa berupa satu kalimat utuh, minimal berisi subyek, predikat, dan obyek.
  2. Tim afirmatif/tim pro, yaitu kelompok yang setuju dengan gagasan yang terdapat dalam mosi.
  3. Tim oposisi/tim kontra, yaitu kelompok lawan afirmasi, tidak setuju dengan gagasan yang terdapat dalam mosi.
  4. Moderator, yaitu pemandu atau orang yang memimpin jalannya debat.
  5. Notulen, yaitu orang yang menuliskan jalannya suatu debat dan mencatat kesimpulan.

Tim oposisi/tim kontra yaitu kelompok lawan afirmasi, tidak setuju dengan gagasan yang terdapat dalam mosi.

Dalam menjawab soal ini dibutuhkan sebuah pernyataan yang menyetujui pemilihan Ketua OSIS dilakukan dengan cara pemilihan umum atau pencoblosan yang diajukan oleh Kepala Sekolah.

Baca Juga :  Peta konsep kondisi geografis wilayah lindonesia.., tolong bantu ya....

Opsi A yang berbunyi “Pemilihan Kepala Daerah hingga Presiden ditentukan dengan pemilihan umum. Tidak ada salahnya kita mencontoh negara kita dalam menentukan pemimpin” merupakan pernyataan afirmasi atau menyetujui pengajuan pemilihan Ketua OSIS dilakukan dengan cara pemilihan umum atau pencoblosan yang diajukan oleh Kepala Sekolah.

Opsi B yang berbunyi “Sekolah kita belum genap satu tahun sehingga cara pemilihan umum bukan cara yang ideal” merupakan pernyataan oposisi atau tidak menyetujui pengajuan pemilihan Ketua OSIS dilakukan dengan cara pemilihan umum atau pencoblosan yang diajukan oleh Kepala Sekolah.

Opsi C yang berbunyi “Pemilihan dengan sistem musyawarah dapat menghemat pengeluaran” merupakan pernyataan oposisi atau tidak setuju terhadap pengajuan pemilihan Ketua OSIS dilakukan dengan cara pemilihan umum atau pencoblosan yang diajukan oleh Kepala Sekolah. Alasan yang disampaikan adalah pemilihan dengan sistem usyawarah lebih efektid karena dapat menghemat pengeluaran.

Opsi D yang berbunyi “Siswa-siswa di sekolah ini belum mengenal satu sama lain” merupakan pernyataan oposisi atau tidak menyetujui pengajuan pemilihan Ketua OSIS dilakukan dengan cara pemilihan umum atau pencoblosan yang diajukan oleh Kepala Sekolah karena siswa-siswa di sekoah tersebut dianggap belum mengenal satu sama lain.

Opsi E yang berbunyi “Guru-guru dan Kepala Sekolah memiliki kapabilitas untuk membantu memilih ketua OSIS dengan baik” merupakan pernyataan oposisi atau tidak setuju terhadap pengajuan pemilihan Ketua OSIS dilakukan dengan cara pemilihan umum atau pencoblosan yang diajukan oleh Kepala Sekolah karena dianggap cara musyawarah lebih efektif. Musyawarah dianggap lebih efektif karena guru-guru dan Kepala Sekolah memiliki kapabilitas untuk membantu memilih ketua OSIS dengan baik.

Baca Juga :  Bagaimana cara membaca

Berdasarkan penjelasan di atas, yang tidak termasuk alasan dari tim oposisi pada debat tersebut adalah Pemilihan Kepala Daerah hingga Presiden ditentukan dengan pemilihan umum. Tidak ada salahnya kita mencontoh negara kita dalam menentukan pemimpin.

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah pilihan A.space 


itulah kunci jawaban dan rangkuman mengenai pertanyaan dan pembahasan soal nya. semoga bermanfaat untuk adik dan teman teman semua. nantikan jawaban yang berkualitas lainya hanya di situs faq.co.id ini. Terimakasih semoga dapat nilai yang bagus dan dapat juara kelas ya.

DISCLAIMER

Orangtua dapat mengoreksi kembali jawaban diatas. kunci jawaban ini sebagai bahan referensi dan panduan belajar siswa di rumah. untuk itu siswa dapat memeriksanya kembali apabila ada kesalahan atau penulisan isi jawaban.

Tinggalkan komentar

Faq App

Aplikasi ringan dan simple untuk mencari kunci jawaban pertanyaan yang beredar diinternet. mulai kunci jawaban tingkat sd smp dan sma sederajat. dilengkap dengan pembahasan lengkap dan terbaru. 99% isian jawaban akurat dan mudah dimengerti.

Services

Tentang

Kerjasama

Kebijakan Privasi

Hubungi Kami

faqcoid@gmail.com

Jakarta, Indonesia.