, Kenaikan harga beras yang terjadi beberapa bulan belakangan ini membuat pedangan nasi di Batam menjerit. Pasalnya kenaikan harga beras mencapai Rp30.000,00 per karung. Sebut saja harga beras merek Ramos harganya mencapai Rp270.000,00 padahal sebelumnya, harga beras ini hanya Rp240.000,00 per 25 kilogram, , Setyarini, seorang pedagang warung nasi di Batuaji menilai kenaikan harga beras semakin menyusahkan masyarakat menengah ke bawah. Hal ini karena beras merupakan kebutuhan pokok. Jadi, mahal atau murahnya beras masyarakat akan tetap membeli. Oleh karena itu, ia sangat mengeluhkan tingginya harga beras yang dijual di pasar.

kalau kita melihat pertanyaan ini sering tidak menemukan jawaban dan cara penyelesaianya. kita sudah mencarinya kesana sini diinternet. Untuk menyelesaikan pertanyaan yang sulit tersebut, faq.co.id telah menyiapkan soal beserta caranya. Mulai dari kelas 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 juga tersedia secara gratis.

diharapkan dengan adanya jawaban soal ini dapat mempermudah kamu dalam belajar di rumah maupun disekolah saat diberikan tugas oleh bapak/ ibu guru. materi yang disediakan sangat lengkap mulai matematika, ipa, ips, penjaskes, kimia, fisika, ekonomi, dan materi pelajaran lainya. oke teman teman jangan berlama lagi mari simak pertanyaan dan penjelasan lengkapnya dibawah ini ya.

PERTANYAAN :


Cermati kedua teks berikut!
 

Teks I

Kenaikan harga beras yang terjadi beberapa bulan belakangan ini membuat pedangan nasi di Batam menjerit. Pasalnya kenaikan harga beras mencapai Rp30.000,00 per karung. Sebut saja harga beras merek Ramos harganya mencapai Rp270.000,00 padahal sebelumnya, harga beras ini hanya Rp240.000,00 per 25 kilogram

Baca Juga :  Munculnya nasionalisme bangsa Indonesia ditandai dengan pelaksanaan politik etis. Analisislah keterkaitan kebijakan politik etis dan munculnya nasionalisme bangsa Indonesia pada awal abad XX!

Disadur dari: http://betapos.co.id/2018/02/12/harga-beras-masih-mahal-pedagang-nasi-pun-was-was/, diunduh 13 Februari 2018

Teks II

Setyarini, seorang pedagang warung nasi di Batuaji menilai kenaikan harga beras semakin menyusahkan masyarakat menengah ke bawah. Hal ini karena beras merupakan kebutuhan pokok. Jadi, mahal atau murahnya beras masyarakat akan tetap membeli. Oleh karena itu, ia sangat mengeluhkan tingginya harga beras yang dijual di pasar.

Disadur dari: http://betapos.co.id/2018/02/12/harga-beras-masih-mahal-pedagang-nasi-pun-was-was/, diunduh 13 Februari 2018space

Perbedaan pola penyajian kedua teks tersebut adalah ….space 

Jawaban

jawaban yang tepat adalah B.space


Pembahasan

Pola penyajian adalah cara penyampaian suatu tulisan. Setiap teks memiliki pola penyajian tertentu. Pola penyajian dapat diketahui setelah membaca teks dengan cermat.

Baca Juga :  Sebuah benda diikat dengan tali sepanjang 50 cm dan diputar mendatar sehingga membentuk ayunan kerucut. Jika jari-jari lintasan 30 cm dan massa bola 0,1 kg, tentukan tegangan tali dan kecepatan linearnya!,

Berdasarkan soal, teks I diawali diawali dengan unsur apa yang berarti menjelaskan suatu hal atau peristiwa. Peristiwa yang terjadi dalam teks I adalah kenaikan harga beras. Sementara itu, teks II diawali dengan unsur siapa yang berarti ditandai dengan seseorang atau nama pada kalimat tersebut. Teks II diawali dengan penyebutan nama yaitu Setyarini.

Dengan demikian, perbedaan pola penyajian kedua teks tersebut adalah Teks I diawali unsur apa, Teks II diawali unsur siapa.

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah B.space


itulah kunci jawaban dan rangkuman mengenai pertanyaan dan pembahasan soal nya. semoga bermanfaat untuk adik dan teman teman semua. nantikan jawaban yang berkualitas lainya hanya di situs faq.co.id ini. Terimakasih semoga dapat nilai yang bagus dan dapat juara kelas ya.

Baca Juga :  Alasan bangsa Indonesia mendapat julukan sebagai bangsa pelaut adalah...

DISCLAIMER

Orangtua dapat mengoreksi kembali jawaban diatas. kunci jawaban ini sebagai bahan referensi dan panduan belajar siswa di rumah. untuk itu siswa dapat memeriksanya kembali apabila ada kesalahan atau penulisan isi jawaban.

Tinggalkan komentar

Faq App

Aplikasi ringan dan simple untuk mencari kunci jawaban pertanyaan yang beredar diinternet. mulai kunci jawaban tingkat sd smp dan sma sederajat. dilengkap dengan pembahasan lengkap dan terbaru. 99% isian jawaban akurat dan mudah dimengerti.

Services

Tentang

Kerjasama

Kebijakan Privasi

Hubungi Kami

faqcoid@gmail.com

Jakarta, Indonesia.