Kanjat berdiri beku. Namun, tangannya gemetar marah. Matanya menyala dan urat tangannya menggumpal. Ia pun merasa amat tersinggung karena Mayor Brangas memperlakukan dia sebagai tersangka penjahat; menanyai dan mencatat identitas, alamat, pekerjaannya. Kemudian Kanjat melihat dengan hati tulus Lasi yang terus menangis dan kelihatan tak kuasa menolak kehendak perempuan gemuk itu.

kalau kita melihat pertanyaan ini sering tidak menemukan jawaban dan cara penyelesaianya. kita sudah mencarinya kesana sini diinternet. Untuk menyelesaikan pertanyaan yang sulit tersebut, faq.co.id telah menyiapkan soal beserta caranya. Mulai dari kelas 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 juga tersedia secara gratis.

diharapkan dengan adanya jawaban soal ini dapat mempermudah kamu dalam belajar di rumah maupun disekolah saat diberikan tugas oleh bapak/ ibu guru. materi yang disediakan sangat lengkap mulai matematika, ipa, ips, penjaskes, kimia, fisika, ekonomi, dan materi pelajaran lainya. oke teman teman jangan berlama lagi mari simak pertanyaan dan penjelasan lengkapnya dibawah ini ya.

Baca Juga :  Pada 1974-1981 sebagian besar pendapatan negara diperoleh dari pendapatan minyak. Kondisi tersebut dilatarbelakangi oleh ...

PERTANYAAN :


Kutipan novel untuk soal nomor 2 dan 3.

Kanjat berdiri beku. Namun, tangannya gemetar marah. Matanya menyala dan urat tangannya menggumpal. Ia pun merasa amat tersinggung karena Mayor Brangas memperlakukan dia sebagai tersangka penjahat; menanyai dan mencatat identitas, alamat, pekerjaannya. Kemudian Kanjat melihat dengan hati tulus Lasi yang terus menangis dan kelihatan tak kuasa menolak kehendak perempuan gemuk itu.

(Novel Belantik, Ahmad Tohari)space 

Apa yang menyebabkan tokoh utama dalam kutipan novel tersebut marah?space 

Jawaban

yang menyebabkan tokoh utama dalam novel tersebut marah adalah Mayor Brangas memperlakukan tokoh utama (Kanjat) sebagai tersangka penjahat; menanyai dan mencatat identitas, alamat, dan pekerjaannya.space 


Baca Juga :  Jaringan saraf mempunyai spesialisasi khusus yang dibedakan menjadi dua. Sebutkan dan jelaskan masing-masing!,

Pembahasan

Teks cerita sejarah merupakan teks yang menceritakan tentang fakta dan kejadian di masa lalu yang menjadi latar belakang terjadinya suatu peristiwa yang memiliki nilai sejarah. 

Kutipan novel di atas mengisahkan sosok Kanjat yang sedang diinterogasi oleh Mayor Brangas. Kanjat sangat marah dan merasa tersinggung karena Mayor Brangas memperlakukannya sebagai tersangka penjahat. Hal tersebut dibuktikan melalui kalimat:

Ia pun merasa amat tersinggung karena Mayor Brangas memperlakukan dia sebagai tersangka penjahat; menanyai dan mencatat identitas, alamat, pekerjaannya.

Dengan demikian, yang menyebabkan tokoh utama dalam novel tersebut marah adalah Mayor Brangas memperlakukan tokoh utama (Kanjat) sebagai tersangka penjahat; menanyai dan mencatat identitas, alamat, dan pekerjaannya.space 

Baca Juga :  Tuliskan nama yang sesuai untuk masing-masing senyawa berikut., g.,


itulah kunci jawaban dan rangkuman mengenai pertanyaan dan pembahasan soal nya. semoga bermanfaat untuk adik dan teman teman semua. nantikan jawaban yang berkualitas lainya hanya di situs faq.co.id ini. Terimakasih semoga dapat nilai yang bagus dan dapat juara kelas ya.

DISCLAIMER

Orangtua dapat mengoreksi kembali jawaban diatas. kunci jawaban ini sebagai bahan referensi dan panduan belajar siswa di rumah. untuk itu siswa dapat memeriksanya kembali apabila ada kesalahan atau penulisan isi jawaban.

Tinggalkan komentar

Faq App

Aplikasi ringan dan simple untuk mencari kunci jawaban pertanyaan yang beredar diinternet. mulai kunci jawaban tingkat sd smp dan sma sederajat. dilengkap dengan pembahasan lengkap dan terbaru. 99% isian jawaban akurat dan mudah dimengerti.

Services

Tentang

Kerjasama

Kebijakan Privasi

Hubungi Kami

faqcoid@gmail.com

Jakarta, Indonesia.