Kami yang kini terbaring antara Krawang-Bekasi, tidak bisa teriak “Merdeka” dan angkat senjata lagi.

kalau kita melihat pertanyaan ini sering tidak menemukan jawaban dan cara penyelesaianya. kita sudah mencarinya kesana sini diinternet. Untuk menyelesaikan pertanyaan yang sulit tersebut, faq.co.id telah menyiapkan soal beserta caranya. Mulai dari kelas 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 juga tersedia secara gratis.

diharapkan dengan adanya jawaban soal ini dapat mempermudah kamu dalam belajar di rumah maupun disekolah saat diberikan tugas oleh bapak/ ibu guru. materi yang disediakan sangat lengkap mulai matematika, ipa, ips, penjaskes, kimia, fisika, ekonomi, dan materi pelajaran lainya. oke teman teman jangan berlama lagi mari simak pertanyaan dan penjelasan lengkapnya dibawah ini ya.

PERTANYAAN :


Cermati puisi berikut!

Kami yang kini terbaring antara Krawang-Bekasi
tidak bisa teriak “Merdeka” dan angkat senjata lagi.

Baca Juga :  Diketahui massa atom relatif dari , , , , , , dan , , maka massa molekul relatif dari , adalah ....

(dari “Krawang-Bekasi” karya Chairil Anwar)space

Bentuk cerpen dari kutipan puisi tersebut yang tepat adalah …space 

Jawaban

jawaban yang tepat adalah pilihan B.space 


Cerpen adalah cerita yang menurut wujuf fisiknya berbentuk pendek, sedangkan puisi adalah karya sastra yang di dalamnya terdapat irama, lirik, rima, dan ritme pada setiap barisnya.

Bentuk cerpen yang berasal dari puisi bisa dibuat seperti membuat parafrasa, yaitu dengan menambah kata-kata di sela-sela baris puisi sehingga bentuknya menjadi terurai. Hal itu sama dengan memprosakan puisi.

Puisi tersebut membahas tentang perjuangan pahlawan di masa penjajahan. Baris puisi Kami yang kini terbaring antara Krawang-Bekasi tidak bisa teriak “Merdeka” dan angkat senjata lagi memiliki arti pahlawan yang telah gugur di Krawang-Bekasi sudah tidak bisa berjuang lagi. Mereka telah gugur.

Baca Juga :  Adverbia yang menerangkan keseluruhan kalimat terdapat dalam kalimat .... ,

Bentuk cerpen yang benar sesuai dengan puisi tersebut adalah “Kami yang kini terbaring gugur di antara Krawang-Bekasi. Kami tidak bisa berteriak “Merdeka” dan mengangkat senjata lagi. Kami telah mati.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan B.space 


itulah kunci jawaban dan rangkuman mengenai pertanyaan dan pembahasan soal nya. semoga bermanfaat untuk adik dan teman teman semua. nantikan jawaban yang berkualitas lainya hanya di situs faq.co.id ini. Terimakasih semoga dapat nilai yang bagus dan dapat juara kelas ya.

Baca Juga :  Boedi Oetomo merupakan organisasi pertama yang bersifat modern dan memperjuangkan cita-cita Nasional sekaligus sebagai pelopor kebangkitan nasional. Kebangkitan nasional memiliki makna dalam perjuangan kemerdekaan yaitu...

DISCLAIMER

Orangtua dapat mengoreksi kembali jawaban diatas. kunci jawaban ini sebagai bahan referensi dan panduan belajar siswa di rumah. untuk itu siswa dapat memeriksanya kembali apabila ada kesalahan atau penulisan isi jawaban.

Tinggalkan komentar

Faq App

Aplikasi ringan dan simple untuk mencari kunci jawaban pertanyaan yang beredar diinternet. mulai kunci jawaban tingkat sd smp dan sma sederajat. dilengkap dengan pembahasan lengkap dan terbaru. 99% isian jawaban akurat dan mudah dimengerti.

Services

Tentang

Kerjasama

Kebijakan Privasi

Hubungi Kami

faqcoid@gmail.com

Jakarta, Indonesia.