Jelaskan struktur novel sejarah!,

kalau kita melihat pertanyaan ini sering tidak menemukan jawaban dan cara penyelesaianya. kita sudah mencarinya kesana sini diinternet. Untuk menyelesaikan pertanyaan yang sulit tersebut, faq.co.id telah menyiapkan soal beserta caranya. Mulai dari kelas 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 juga tersedia secara gratis.

diharapkan dengan adanya jawaban soal ini dapat mempermudah kamu dalam belajar di rumah maupun disekolah saat diberikan tugas oleh bapak/ ibu guru. materi yang disediakan sangat lengkap mulai matematika, ipa, ips, penjaskes, kimia, fisika, ekonomi, dan materi pelajaran lainya. oke teman teman jangan berlama lagi mari simak pertanyaan dan penjelasan lengkapnya dibawah ini ya.

PERTANYAAN :

Jelaskan struktur novel sejarah!space 

Table of Contents

Jawaban

jawaban pertanyaan di atas adalah (1) pengenalan (orientasi): tahap pengenalan latar, baik latar waktu maupun tempat, (2) pengungkapan peristiwa: tahap tokoh menemui berbagai permasalahan, pertentangan, ataupun hal-hal yang akan menyulitkannya, (3) menuju konflik: tahap terjadi peningkatan perhatian kegembiraan, kehebohan, ataupun keterlibatan berbagai situasi yang menyebabkan bertambahnya kesulitan tokoh, (4) puncak konflik (komplikasi): tahap konflik yang dialami tokoh mencapai puncak ketegangan, (5) penyelesaian (resolusi): tahap menceritakan akhir dari suatu masalah atau tahap penyelesaian, dan (6) koda: tahap akhir yang berisi komentar terhadap keseluruhan isi cerita.space 


Pembahasan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, novel adalah karangan prosa panjang mengandung rangkaian cerita kehidupan seseorang dengan orang di sekelilingnya dengan menonjolkan watak dan sifat setiap pelaku. Novel sejarah merupakan novel yang didasarkan pada fakta-fakta sejarah yang kemudian dikisahkan kembali dengan sudut pandang lain yang tidak muncul dalam fakta sejarah.

Adapun struktur pembentuk novel sebagai berikut:

  1. Pengenalan (orientasi): pada tahapan ini, berisi pengenalan latar, baik latar waktu maupun tempat. Selain itu, penulis berusaha memperkenalkan tokoh, menata adegan, dan hubungan antartokoh.
  2. Pengungkapan peristiwa: pada tahapan ini, tokoh menemui berbagai permasalahan, pertentangan, ataupun hal-hal yang akan menyulitkannya.
  3. Menuju konflik: pada tahapan ini, terjadi peningkatan perhatian kegembiraan, kehebohan, ataupun keterlibatan berbagai situasi yang menyebabkan bertambahnya kesulitan tokoh.
  4. Puncak konflik (komplikasi): pada tahapan ini berisi konflik yang dialami tokoh mencapai puncak ketegangan.
  5. Resolusi (penyelesaian): pada tahapan ini, menceritakan akhir dari suatu masalah atau tahap penyelesaian. Bagian ini berisi penjelasan atau penilaian tentang sikap atau nasib tokoh setelah mengalami peristiwa puncak. Bagian ini · sering di sebut kondisi atau nasib akhir yang dialami tokoh.
  6. Koda: pada tahapan ini berisi komentar terhadap keseluruhan isi cerita. Hal ini merupakan penutup dari cerita yang dijabarkan sebelumnya. Bagian ini bersifat opsional dalam novel, bisa ada bisa tidak ada.

Dengan demikian, jawaban pertanyaan di atas adalah (1) pengenalan (orientasi): tahap pengenalan latar, baik latar waktu maupun tempat, (2) pengungkapan peristiwa: tahap tokoh menemui berbagai permasalahan, pertentangan, ataupun hal-hal yang akan menyulitkannya, (3) menuju konflik: tahap terjadi peningkatan perhatian kegembiraan, kehebohan, ataupun keterlibatan berbagai situasi yang menyebabkan bertambahnya kesulitan tokoh, (4) puncak konflik (komplikasi): tahap konflik yang dialami tokoh mencapai puncak ketegangan, (5) penyelesaian (resolusi): tahap menceritakan akhir dari suatu masalah atau tahap penyelesaian, dan (6) koda: tahap akhir yang berisi komentar terhadap keseluruhan isi cerita.space 


itulah kunci jawaban dan rangkuman mengenai pertanyaan dan pembahasan soal bahasa inggris. semoga bermanfaat untuk adik dan teman teman semua. nantikan jawaban yang berkualitas lainya hanya di situs faq.co.id ini. Terimakasih semoga dapat nilai yang bagus dan dapat juara kelas ya.

>>>DISCLAIMER <<

Orangtua dapat mengoreksi kembali jawaban diatas. kunci jawaban ini sebagai bahan referensi dan panduan belajar siswa di rumah. untuk itu siswa dapat memeriksanya kembali apabila ada kesalahan atau penulisan isi jawaban.

Tinggalkan komentar