Jelaskan percobaan tetesan minyak Milikan untuk menentukan muatan elektron!,

kalau kita melihat pertanyaan ini sering tidak menemukan jawaban dan cara penyelesaianya. kita sudah mencarinya kesana sini diinternet. Untuk menyelesaikan pertanyaan yang sulit tersebut, faq.co.id telah menyiapkan soal beserta caranya. Mulai dari kelas 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 juga tersedia secara gratis.

diharapkan dengan adanya jawaban soal ini dapat mempermudah kamu dalam belajar di rumah maupun disekolah saat diberikan tugas oleh bapak/ ibu guru. materi yang disediakan sangat lengkap mulai matematika, ipa, ips, penjaskes, kimia, fisika, ekonomi, dan materi pelajaran lainya. oke teman teman jangan berlama lagi mari simak pertanyaan dan penjelasan lengkapnya dibawah ini ya.

PERTANYAAN :

Jelaskan percobaan tetesan minyak Milikan untuk menentukan muatan elektron!space 

Table of Contents

Jawaban

percobaan tetes Milikan seperti penjelasan diatas dilakukan untuk menemukan muatan satu elektron yang bernilai negative sign 1 comma 62 cross times 10 to the power of negative sign 19 end exponent space coulomb.


Pembahasan

Percobaan tetes Milikan dilakukan untuk menemukan muatan satu elektron.

Baca Juga :  The capital city of Indonesia is

Pada tahun 1909, Robert Andrews Milikan melakukan percobaan yang dikenal dengan percobaan tetes milikan seperti pada gambar di bawah ini.

 

Melalui percobaan ini, Milikan dapat menentukan muatan elektron. Dalam percobaannya, Milikan menggunakan alat berbentuk silinder seperti pada gambar diatas. Komponen utama alat itu terdiri atas:

  1. Dua pelat logam yang menyekat silinder menjadi 2 bagian, bagian atas dan bawah. Pelat bagian atas diberi lubang sehingga tetesan minyak dapat melewatinya. Kedua pelat logam tersebut dapat diberi beda potensial. Pelat atas sebagai kutub positif, sedangkan pelat bawah sebagai kutub negatif.
  2. Alat penyemprot (atomiser) untuk menyemprot minyak.
  3. Teropong untuk mengamati gerak tetes minyak.
  4. Sumber radiasi (sinar X) untuk mengionkan gas di dalam silinder.

Percobaan tetes minyak dilakukan sebagai berikut.

  1. Dengan menggunakan alat penyemprot, minyak disemprotkan sehingga membentuk tetesan-tetesan kecil. Sebagian tetes minyak akan melewati lubang pada pelat atas dan jatuh karena tarikan gravitasi.
  2. Dengan menggunakan teropong, diameter tetes minyak dapat ditentukan, sehingga massa tetes minyak dapat diketahui.
  3. Radiasi sinar X akan mengionkan gas di dalm silinder. Ionisasi akan menghasilkan elektron. Elektron tersebut akn melekat pada tetes minyak, sehingga tetes-tetes minyak menjadi bermuatan listrik negatif. Ada yang menyerap satu, dua, atau lebih elektron. Jika pelat logam tidak diberi beda potensial, tetes-tetes minyak tetap jatuh karena pengaruh gravitasi.
  4. Jika pelat logam diberi beda potensial dengan pelat bawah sebagai kutub negatif. maka tetes minyak yang bermuatan negatif akan mengalami gaya tolak listrik. Sesuai hukum Coulomb, tetes minyak yang mengikat lebih banyak elektron akan tertolak lebih kuat. Pergerakan tetes minyak dapat diamati menggunakan teropong. Dengan mengatur beda potensial, tetes minyak dibuat mengambang. Dalam keadaan seperti itu berarti gaya tarik gravitasi sama dengan gaya tolak listrik.
  5. Dengan mengetahui massa tetes minyak dan beda potensial yang digunakan, maka muatan tetes minyak dapat ditentukan.
Baca Juga :  Sebuah partikel berada pada ujung sebuah CD yang sedang berputar. Posisi awal partikel tersebut berada pada sudut awal (, = 0) . Kecepatan sudut yang dimiliki partikel tersebut adalah 10 rad/s maka posisi partikel tersebut setelah bergerak selama 5 s adalah ....,

Melalui percobaan tersebut, Milikan menemukan bahwa muatan tetes-tetes minyak selalu merupakan kelipatan bulat dari suatu muatan tertentu, yaitu negative sign 1 comma 62 cross times 10 to the power of negative sign 19 end exponent space coulomb. MIlikan menyimpulkan bahw muatan tersebut adalah muatan dari satu elektron.

Jadi, percobaan tetes Milikan seperti penjelasan diatas dilakukan untuk menemukan muatan satu elektron yang bernilai negative sign 1 comma 62 cross times 10 to the power of negative sign 19 end exponent space coulomb.


itulah kunci jawaban dan rangkuman mengenai pertanyaan dan pembahasan soal nya. semoga bermanfaat untuk adik dan teman teman semua. nantikan jawaban yang berkualitas lainya hanya di situs faq.co.id ini. Terimakasih semoga dapat nilai yang bagus dan dapat juara kelas ya.

Baca Juga :  , To: All students, " To take advantages of your free time during the pandemic, we invite you, whose hobby is writing to join the schools writing club. There are many topics that you can write about, such as interesting events around us, funny stories or experiences, and brain teasers. Any articles that have undergone the editing process will be displayed on the school website in the Students Voice column. So far, this column has many readers and has received positive responses.", " Dont miss this great opportunity!", PIC

>>>DISCLAIMER <<<

Orangtua dapat mengoreksi kembali jawaban diatas. kunci jawaban ini sebagai bahan referensi dan panduan belajar siswa di rumah. untuk itu siswa dapat memeriksanya kembali apabila ada kesalahan atau penulisan isi jawaban.

Tinggalkan komentar