Jelaskan perbedaan antara tatanama trivial dan tatanama sistematik.,

kalau kita melihat pertanyaan ini sering tidak menemukan jawaban dan cara penyelesaianya. kita sudah mencarinya kesana sini diinternet. Untuk menyelesaikan pertanyaan yang sulit tersebut, faq.co.id telah menyiapkan soal beserta caranya. Mulai dari kelas 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 juga tersedia secara gratis.

diharapkan dengan adanya jawaban soal ini dapat mempermudah kamu dalam belajar di rumah maupun disekolah saat diberikan tugas oleh bapak/ ibu guru. materi yang disediakan sangat lengkap mulai matematika, ipa, ips, penjaskes, kimia, fisika, ekonomi, dan materi pelajaran lainya. oke teman teman jangan berlama lagi mari simak pertanyaan dan penjelasan lengkapnya dibawah ini ya.

PERTANYAAN :

Jelaskan perbedaan antara tatanama trivial dan tatanama sistematik.  space 

Pembahasan

Perbedaan antara tatanama trivial dan tatanama sistematik yaitu, tata nama trivial digunakan untuk memudahkan penyebutan nama senyawa, sering juga disebut sebagai nama dagang, umumnya lebih pendek dibanding nama sistematik sehingga lebih mudah diingat. Sementara nama sistematik merupakan nama yang diberikan oleh IUPAC dan lebih bersifat akademik.

Dalam penamaan senyawa kimia pada umumnya terdapat dua macam tatanama/sistem penamaan yaitu tatanama trivial dan tatanama sistematik (IUPAC). Nama trivial/nama umum merupakan nama yang dikenal dari suatu zat sebelum dilakukan standarisasi oleh IUPAC atau nama yang diberikan untuk memudahkan penyebutan dan sering juga dikenal sebagai nama dagang. Sementara nama sistematik merupakan nama yang diberikan oleh IUPAC (International Union Pure and Applied Chemistry), yaitu ahli kimiawan dunia, dan mengacu pada gugus fungsional yang diakui. Nama sistematik lebih bersifat akademik dan dibuat untuk memudahkan orang mengenal rumus bangun dari suatu zat yang dimaksudkan. Umumnya nama sistematik lebih panjang dibandingkan nama trivial sehingga nama trivial lebih mudah diingat. Contoh pada senyawa C H subscript 3 C O O H, nama trivialnya adalah cuka/asam asetat sementara nama sistematiknya adalah asam etanoat.space 



itulah kunci jawaban dan rangkuman mengenai pertanyaan dan pembahasan soal nya. semoga bermanfaat untuk adik dan teman teman semua. nantikan jawaban yang berkualitas lainya hanya di situs faq.co.id ini. Terimakasih semoga dapat nilai yang bagus dan dapat juara kelas ya.

>>>DISCLAIMER <<<

Orangtua dapat mengoreksi kembali jawaban diatas. kunci jawaban ini sebagai bahan referensi dan panduan belajar siswa di rumah. untuk itu siswa dapat memeriksanya kembali apabila ada kesalahan atau penulisan isi jawaban.

Tinggalkan komentar