Jelaskan aspek kebahasaan dalam novel sejarah!,

kalau kita melihat pertanyaan ini sering tidak menemukan jawaban dan cara penyelesaianya. kita sudah mencarinya kesana sini diinternet. Untuk menyelesaikan pertanyaan yang sulit tersebut, faq.co.id telah menyiapkan soal beserta caranya. Mulai dari kelas 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 juga tersedia secara gratis.

diharapkan dengan adanya jawaban soal ini dapat mempermudah kamu dalam belajar di rumah maupun disekolah saat diberikan tugas oleh bapak/ ibu guru. materi yang disediakan sangat lengkap mulai matematika, ipa, ips, penjaskes, kimia, fisika, ekonomi, dan materi pelajaran lainya. oke teman teman jangan berlama lagi mari simak pertanyaan dan penjelasan lengkapnya dibawah ini ya.

PERTANYAAN :

Jelaskan aspek kebahasaan dalam novel sejarah!space 

Table of Contents

Jawaban

jawaban pertanyaan di atas adalah (1) kalimat: kalimat yang menyatakan peristiwa masa lalu, (2) konjungsi: konjungsi temporal, (3) kata sifat: penggunaan kata sifat untuk memperkuat karakter tokoh, menggambarkan suasana ataupun menggambarkan tempat berlangsungnya peristiwa, (4)  kosakata bahasa Daerah: kosakata tersebut dianggap lebih mengena atau tepat dalam konteks kalimat untuk menyampaikan sebuah gagasan.space 


Pembahasan

Teks cerita sejarah adalah teks yang menjelaskan kejadian masa lalu yang menjadi awal mula sesuatu dan punya nilai sejarah.

Adapun aspek kebahasaan dalam teks cerita sejarah (novel sejarah) sebagai berikut:

  1. Penggunaan kalimat: kalimat yang digunakan pada novel sejarah didominasi oleh kalimat yang menyatakan peristiwa masa lalu. Penggunaan kalimat ini bermakna bahwa perbuatan atau peristiwa tersebut sudah pernah terjadi atau sudah dilakukan.
  2. Penggunaan konjungsi: konjungsi yang sering digunakan dalam novel sejarah adalah konjungsi temporal. Konjungsi temporal berfungsi untuk mengurutkan suatu keadaan atau peristiwa secara kronologis sehingga menjadikan kalimat mudah dipahami maksudnya.
  3. Penggunaan kata kerja: penggunaan kata kerja yang mendominasi novel sejarah adalah kata kerja yang berfungsi menunjukkan kalimat tak langsung seperti menurut, mengatakan, menceritakan, menyatakan, dan menurutkan.
  4. Penggunaan kata sifat: penggunaan kata sifat digunakan penulis untuk memperkuat karakter tokoh, menggambarkan suasana ataupun menggambarkan tempat berlangsungnya peristiwa.
  5. Penggunaan kosakata bahasa Daerah : dalam suatu narasi atau percakapan, pengarang novel sejarah biasanya masih menggunakan kosakata daerah. Kosakata tersebut dianggap lebih mengena atau tepat dalam konteks kalimat untuk menyampaikan sebuah gagasan.

Dengan demikian, jawaban pertanyaan di atas adalah (1) kalimat: kalimat yang menyatakan peristiwa masa lalu, (2) konjungsi: konjungsi temporal, (3) kata sifat: penggunaan kata sifat untuk memperkuat karakter tokoh, menggambarkan suasana ataupun menggambarkan tempat berlangsungnya peristiwa, (4)  kosakata bahasa Daerah: kosakata tersebut dianggap lebih mengena atau tepat dalam konteks kalimat untuk menyampaikan sebuah gagasan.space 


itulah kunci jawaban dan rangkuman mengenai pertanyaan dan pembahasan soal bahasa inggris. semoga bermanfaat untuk adik dan teman teman semua. nantikan jawaban yang berkualitas lainya hanya di situs faq.co.id ini. Terimakasih semoga dapat nilai yang bagus dan dapat juara kelas ya.

>>>DISCLAIMER <<

Orangtua dapat mengoreksi kembali jawaban diatas. kunci jawaban ini sebagai bahan referensi dan panduan belajar siswa di rumah. untuk itu siswa dapat memeriksanya kembali apabila ada kesalahan atau penulisan isi jawaban.

Tinggalkan komentar