Isobutilena adalah salah satu senyawa hidrokarbon yang digunakan dalam industri karet sintetis. Sebanyak 0,847 gram isobutilena dianalisis dengan pembakaran. Kenaikan massa penyerap , adalah 2,657 gram dan penyerap , adalah 1,089 gram. Tentukan rumus empiris dari isobutilena tersebut!

kalau kita melihat pertanyaan ini sering tidak menemukan jawaban dan cara penyelesaianya. kita sudah mencarinya kesana sini diinternet. Untuk menyelesaikan pertanyaan yang sulit tersebut, faq.co.id telah menyiapkan soal beserta caranya. Mulai dari kelas 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 juga tersedia secara gratis.

diharapkan dengan adanya jawaban soal ini dapat mempermudah kamu dalam belajar di rumah maupun disekolah saat diberikan tugas oleh bapak/ ibu guru. materi yang disediakan sangat lengkap mulai matematika, ipa, ips, penjaskes, kimia, fisika, ekonomi, dan materi pelajaran lainya. oke teman teman jangan berlama lagi mari simak pertanyaan dan penjelasan lengkapnya dibawah ini ya.

PERTANYAAN :

Isobutilena adalah salah satu senyawa hidrokarbon yang digunakan dalam industri karet sintetis. Sebanyak 0,847 gram isobutilena dianalisis dengan pembakaran. Kenaikan massa penyerap C O subscript 2 adalah 2,657 gram dan penyerap H subscript 2 O adalah 1,089 gram. Tentukan rumus empiris dari isobutilena tersebut! 

Pembahasan

Rumus empiris menyatakan perbandingan bilangan bulat sederhana dari mol unsur-unsur dalam membentuk senyawa.

Cara menentukan rumus empiris suatu senyawa dapat dilakukan dalam tahap – tahap berikut:

1) Tentukan massa setiap unsur dalam sejumlah massa tertentu senyawa atau persen massa setiap unsur.

  • Persamaan reaksi pembakaran hidrokarbon

                    C subscript x H subscript y and O subscript 2 yields C O subscript 2 and H subscript 2 O 

  • Massa space C space dari space C O subscript 2 equals fraction numerator 1 cross times 12 over denominator 44 end fraction cross times 2 comma 657 equals 0 comma 72 space gram Massa space H space dari space H subscript 2 O equals fraction numerator 2 cross times 1 over denominator 18 end fraction cross times 1 comma 089 equals 0 comma 12 space gram 

2) Membagi massa setiap unsur dengan massa atom relatif, sehingga memperoleh perbandingan mol setiap unsur atau perbandingan atom. Misalkan rumus senyawa hidrokarbon :C subscript x H subscript y mol space C space colon space mol space H double bond x space colon space y massa over Ar C space colon space massa over Ar H double bond x space colon space y fraction numerator 0 comma 72 over denominator 12 end fraction space colon space fraction numerator 0 comma 12 over denominator 1 end fraction equals 0 comma 06 space colon space 0 comma 12  

3) Mengubah perbandingan yang diperoleh tersebut menjadi bilangan bulat sederhana.

  • x space colon space y space equals space 0 comma 06 space colon space 0 comma 12 space equals space 1 space colon space 2 

Maka, rumus empiris senyawa tersebut adalah C H subscript 2. 



itulah kunci jawaban dan rangkuman mengenai pertanyaan dan pembahasan soal nya. semoga bermanfaat untuk adik dan teman teman semua. nantikan jawaban yang berkualitas lainya hanya di situs faq.co.id ini. Terimakasih semoga dapat nilai yang bagus dan dapat juara kelas ya.

>>>DISCLAIMER <<<

Orangtua dapat mengoreksi kembali jawaban diatas. kunci jawaban ini sebagai bahan referensi dan panduan belajar siswa di rumah. untuk itu siswa dapat memeriksanya kembali apabila ada kesalahan atau penulisan isi jawaban.

Tinggalkan komentar