Induktor berinti udara dirangkai seri denganlampu dan sumber tegangan sinusoidal sehingga medanmagnet pada induktor berubah secara konstan., , , Setelah lampu menyala, batang besi diselipkandalam induktor sehingga meningkatkan medanmagnet soienoid seperti ditunjukkan pada gambar.Bagaimana pengaruh perlakuan tersebut terhadapnyala lampu?

kalau kita melihat pertanyaan ini sering tidak menemukan jawaban dan cara penyelesaianya. kita sudah mencarinya kesana sini diinternet. Untuk menyelesaikan pertanyaan yang sulit tersebut, faq.co.id telah menyiapkan soal beserta caranya. Mulai dari kelas 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 juga tersedia secara gratis.

diharapkan dengan adanya jawaban soal ini dapat mempermudah kamu dalam belajar di rumah maupun disekolah saat diberikan tugas oleh bapak/ ibu guru. materi yang disediakan sangat lengkap mulai matematika, ipa, ips, penjaskes, kimia, fisika, ekonomi, dan materi pelajaran lainya. oke teman teman jangan berlama lagi mari simak pertanyaan dan penjelasan lengkapnya dibawah ini ya.

PERTANYAAN :

Induktor berinti udara dirangkai seri dengan lampu dan sumber tegangan sinusoidal sehingga medan magnet pada induktor berubah secara konstan.
 


 

Setelah lampu menyala, batang besi diselipkan dalam induktor sehingga meningkatkan medan magnet soienoid seperti ditunjukkan pada gambar. Bagaimana pengaruh perlakuan tersebut terhadap nyala lampu?

Table of Contents

Jawaban

 perlakuan tersebut akan membuat nyala lampu semakin terang.space 


Pembahasan

Induksi elektromagnetik adalah gejala timbulnya listrik pada suatu penghantar disebabkan karena pengaruh medan magnet yang berubah-ubah. Gaya gerak listrik yang timbul pada ujung-ujung penghantar akibat perubahan medan magnet disebut dengan gaya gerak listrik induksi. Ggl induksi yang timbul dirumuskan sebagai berikut.

table attributes columnalign right center left columnspacing 0px end attributes row epsilon equals cell negative N fraction numerator increment ϕ over denominator increment t end fraction end cell row blank equals cell negative N fraction numerator A increment B over denominator increment t end fraction end cell row epsilon equals cell negative L fraction numerator d I over denominator d t end fraction end cell end table   

dengan  epsilon = ggl induksi (V), A = luas (m2), B = medan magnet (T), L= induktansi diri (H), I = arus (A), dan t = waktu (s). Tanda negatif menunjukkan arah arus induksi,

Berdasarkan persamaan di atas, apabila medan magnet meningkat, maka ggl induksi yang timbul juga meningkat. Arus pada rangkaian juga akan semakin besar. Apabila arus pada rangkaian semakin besar, maka lampu akan menyala semakin terang.

Dengan demikian, perlakuan tersebut akan membuat nyala lampu semakin terang.space 


itulah kunci jawaban dan rangkuman mengenai pertanyaan dan pembahasan soal nya. semoga bermanfaat untuk adik dan teman teman semua. nantikan jawaban yang berkualitas lainya hanya di situs faq.co.id ini. Terimakasih semoga dapat nilai yang bagus dan dapat juara kelas ya.

>>>DISCLAIMER <<<

Orangtua dapat mengoreksi kembali jawaban diatas. kunci jawaban ini sebagai bahan referensi dan panduan belajar siswa di rumah. untuk itu siswa dapat memeriksanya kembali apabila ada kesalahan atau penulisan isi jawaban.

Tinggalkan komentar